Bahaya Minuman Bersoda yang Wajib Kamu Tahu dan Waspadai

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Minuman soda merupakan minuman yang sangat menyegarkan. Inilah mengapa minuman yang satu ini sangat diminati. Biasanya minuman ini akan pas untuk teman mengobrol atau bahkan teman nonton, baik itu di rumah maupun di bioskop. Meski sebagian orang sudah tahu dampak negatif dari terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda, tampaknya masih banyak yang kurang peduli akan hal ini. Untuk itu, di sini kami hanya ingin mengingatkan sejumlah dampak terlalu sering mengkonsumsi Minuman bersoda.

Dampak Tidak Baik dari Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Membahayakan Ginjal

Penitilan yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan dampak buruk minuman soda terhadap kesehatan ginjal. Penelitian ini dilakukan pada 3256 orang yang rutin mengkonsumsi soda minimal 2 kali setiap harinya. Hasil dari penelitian ini adalah, sebanyak 30% dari mereka mengalami kerusakan ginjal dan juga ada yang mengalami penurunan fungsi ginjal.

Para ahli pun memaparkan, hal ini bisa terjadi akibat dari kandungan dalam minuman soda yang sangat buruk bagi tubuh, yaitu pemanis buatan, pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat.

Meningkatkan Risiko Penyakit Diabetes

Seperti diketahui, penyakit diabetes sangat dilarang untuk mengkonsumsi gula bagaimana pun bentuknya. Hal ini karena hormone insulin yang terdapat dalam tubuhnya tidak cukup, atau bahkan tidak sanggup menggubah zat gula tersebut menjadi gula otot atau glikogen. Kondisi ini akan berakibat pada meningkatkan glukosa atau gula darah yang tentu saja membahayakan.

Kamu juga harus ingat, bahwa faktanya diabetes merupakan penyakit yang dapat memicu penyakit lainnya, misalnya saja stroke dan jantung. Penyakit yang disebabkan oleh minuman bersoda ini sangat mengerikan bukan? Ingat, penyakit diabetes ini tak hanya dapat ditimbulkan karena fatkor keturunan, tapi juga orang yang tidak memiliki keturunan diabetes pun bisa mengalaminya.

Meningkatkan Risiko Obesitas

Minuman bersoda sangat kaya akan kalori. Nah, kalori yang berasal dari minuman bersoda ini akan meningkatkan risiko obtesitas. Tak hanya untuk orang dewasa, hal ini pun berlaku pada anak-anak. Di Amerika Serikat sendiri tingkat obesitas yang terjadi pada anak-anak sangatlah tinggi. Salah satu penyebab yang mengakibatkan hal ini adalah minuman bersoda. Anak di Amerika Serikat memang terkenal mengkonsumsi yang kuat, mereka mengkonsumsi soda layaknya mengkonsumsi air putih. Setelah makan, biasanya mereka akan meminum air soda. Hasilnya, obesitaslah yang menghampiri mereka.

Kamu harus ingat, bahwa obesitas merupakan pemicu dari munculnya beragam penyakit lain. Misalnya saja, stroke, diabtes, kerusakan jantung koroner dan juga berbagai penyakit lainnya.

Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh

Minuman bersoda mengandung asam fosfat. Suatu penelitian menyebutkan bahwa asam fosfat dapat disebabkan oleh kerapuhan tulang. Hal ini disebabkan karena asam fosfat dapat melarutkan kalsium yang terdapat di dalam tulang, akibatnya tulang akan lebih mudah rapuh dan keropos.

Hal ini pun pernah diteliti oleh Universitas Harvard. Mereka mengamati seorang atlet remaja yang mengkonsumsi soda dan yang tidak. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa atlet remaja yang mengkonsumsi soda mengalami patah tulang sebanyak 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan atlet yang tidak pernah mengkonsumsi minuman bersoda.

Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas

Suatu penelitian yang sudah dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan kandungan minuman bersoda dipercaya merupakan salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Mereka mengalami peningkatan risiko kanker pancreas. Penelitian ini melibatkan 60524 responden yang mengkonsumsi minuman bersoda selama kurang lebih 14 tahun. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan 87% dari mereka mengalami risiko kanker prankreas, hal ini bisa dilihat dari gejala-gejalanya.

Meningkatkan Kerusakan Pada Gigi

Suatu penelitian yang melibatkan 3200 responden menunjukkan bahwa mereka mengalami kerusakan gigi akibat dari terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda. Hal ini tentu saja sangat mungkin karena dalam minuman bersoda terkandung zat gula yang cukup tinggi. Tak hanya sampai di situ, asam fosfat pun turut andil dalam kerusakan gigi.

Meningkatkan Ketergantungan Kafein

Kamu harus tahu bahwa minuman bersoda mengandung kafein. Zat yang satu ini memang sejak dulu sering kali disebut zat yang mampu membuat orang yang mengkonsumsinya ketergantungan. Meski ada manfaat kafein yang baik untuk tubuh, namun ternyata efek negatif dari kafein ini lebih banyak. Misalnya, membuat insomnia, jantung berdebar, tekanan darah rendah dan lainnya.

Itulah sejumlah bahaya atau dampak negatif dari minuman bersoda. Ada baiknya kamu segera mengganti minuman bersoda yang ada di lemari es kamu dengan minuman lain yang memiliki manfaat yang lebih baik bagi kesehatan. misalnya saja, susu kedelai, susu sapi, air putih, teh hitam, teh hijau, jus buah-buahan, atau pun yogurt. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari resiko penyakit di atas. (

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA