Bahaya Bunga Kitolod Bagi Kesehatan

0
3920 Kitolod IDea Online Grid
Source: iDea Online Grid

Bahaya Bunga Kitolod Bagi Kesehatan – Bunga kitolod merupakan suatu bunga yang sangat dipercaya dengan khasiat untuk menyembuhkan sakit mata.  Bunga kitolod ini merupakan jenis tanaman obat yang memiliki tangkai bunga begitu panjang dan juga mahkota berwarna putih bersih serta bentuknya menyerupai bintang.  Bunga kitolod juga biasa disebut  dengan bunga bintang lima dan kembang jangar. Sudah banyak orang–orang yang memanfaatkan bunga ini sebagai obat dari sakit mata.

Namun, dibalik khasiatnya yang mampu menyembuhkan sakit mata ternyata terdapat bahaya bunga kitolod bagi kesehatan. Nah, mungkin sebelum anda menggunakan bunga kitolod ini, maka sangat penting apa yang akan menjadi efek samping jika menggunakannya. Jika anda  masih belum tahu apa bahaya bunga kitolod, Berikut kami akan bagikan informasi tentang bahaya bunga kitolod bagi kesehatan tubuh.

Bahaya dari Bunga Kitolod Bagi Kesehatan Tubuh


3920 Kitolod IDea Online Grid
Source: iDea Online Grid

Bunga kitolod yang dipercaya sebagai obat untuk sakit mata ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan. Yang dimana dalam bunga kitolod ini terdapat getah yang didalamnya terkandung racun, dan itulah yang harus dihindari karena akan sangat membahayakan kesehatan. Lantas, apa saja bahaya dari bunga kitolod ini?

Dapat menyebabkan iritasi pada mata hingga bisa mengalami kebutaan. Hal ini dapat terjadi jika dalam menggunakan bunga kitolod ini dilakukan secara terus-menerus dimana tidak terkontrol sekalipun. Selain itu, yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi yaitu dalam menggunakan obat ini sangatlah berlebihan. Dan apabila iritasi yang dialami itu sangatlah parah maka akan menimbulkan adanya nanah pada mata. Dan saat terdapat nanah tersebut masih terus diteteskan bunga ini ke mata maka akan mengakibatkan kebutaan.

Selain penggunaan yang berlebihan yang menyebabkan iritasi pada mata hingga mengalami kebutaan itu juga bisa disebabkan karena tanaman bunga kitolod yang digunakan tidak bersih, dan juga karena memang dari kondisi mata itu sendiri, dimana mata tidak mau menerima zat- zat kimia yang terkandung dalam bunga kitolod ini. Yang perlu anda ketahui yaitu dalam bunga kitolod ini terdapat zat- zat kimia yang memang sangat bahaya jika digunakan secara berlebihan.

Cara untuk Menghindari dari Bahaya Bunga Kitolod


3920 Bunga Kitolod Klinik Mata Nusantara
Source: Klinik Mata Nusantara

Agar terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh bunga kitolod ini, sebenarnya terdapat caranya yang bisa anda gunakan dengan mudah. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama silahkan anda pilih bunga kitolod yang kondisinya masih sangat segar, tidak layu serta apabila memungkinkan gunakan bunga yang baru saja merekah.
  • Selanjutnya, anda bisa memisahkan antara bunga dengan pangkalnya yaitu dengan menggunakan cara dicabut secara perlahan.
  • Kemudian, anda siapkan air bersih baik itu dingin atau hangat sebanyak satu gelas. Dan ingat airnya harus sebelumnya sudah direbus.
  • Kemudian bunga kitolod tadi rendam dengan menggunakan air tersebut dengan jangka waktu antara 5 hingga 15 menit.
  • Selanjutnya, setelah bunga tersebut direndam maka anda bisa menggunakan bunganya tersebut untuk obat tetes mata. Jadi, untuk tata cara meneteskan obat mata dengan bunga kitolod ini yaitu cukup kamu teteskan ke salah satu mata dengan sekali tetes saja. Kemudian tutup mata anda lalu kedipkan secara berulang-ulang supaya mata dapat menyerap khasiat dari bunga kitolod ini.
  • Di tahap meneteskan ke mata ini, mungkin akan terjadi sedikit efek samping yang hanya akan terjadi beberapa saat saja yaitu mata akan terlihat agak merah, perih serta bisa juga mengeluarkan air mata sesekali saja.
  • Dan ketika rasa perih pada mata sudah benar- benar hilang, anda bisa meneteskan ke mata yang satunya.

Supaya bahaya dari bunga kitolod ini tidak terjadi pada anda, maka harus betul- betul memperhatikan dosis pemakaiannya. Jangan sampai anda menggunakan  air bekas rendaman bunga kitolod ini untuk meneteskan ke mata yang sakit secara terus menerus.  Apabila dalam menggunakan obat tetes dari rendaman bunga kitolod anda mempunyai tujuan untuk menyembuhkan mata rabun, mata minus, dan mata katarak atau penyakit mata yang lainnya, maka gunakanlah obat tetes dari rendaman bunga kitolod ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Dan apabila tujuan anda hanyalah untuk membersihkan mata, merawat penglihatan  serta membuang kotoran maka anda bisa menggunakan obat tetes mata yang satu ini sebanyak 1 hingga 2 kali dalam satu bulan.  Dan apabila saat pertama kalinya anda menggunakan obat tetes mata dari rendaman bunga kitolod ini sudah terjadi iritasi, maka alangkah lebih baik jangan diteruskan penggunaannya.

Nah itulah sedikit informasi tentang bahaya bunga kitolod bagi kesehatan yang bisa kami bagikan. Bagaimana, sudah mengerti bukan? Sebenarnya sama seperti obat tetes mata yang lainnya, yaitu sama-sama mempunyai efek samping yang itu bisa membahayakan untuk kesehatan mata. Namun, karena bunga kitolod ini merupakan obat herbal maka banyak orang yang berpikir jika menggunakan obat ini tidak akan menimbulkan efek samping.

BACA JUGA!

7 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh