Bagian-bagian Gitar dan Fungsinya

0
71020 String Gitar

Kebanyakan orang yang ingin mempelajari tentang musik, tentu akan mempelajari salah satu alat musik tertentu. Dan yang banyak dijadikan pilihan adalah alat musik gitar, namun sebelum itu Anda perlu tahu bagian bagian gitar. Karena memang setiap bagiannya memiliki fungsi tertentu yang berbeda. Jika Anda bisa mengerti bagian bagiannya dengan baik, maka akan semakin mudah dalam memainkannya.

Bagian Gitar dengan Fungsi Masing-Masing

1. Kepala (Headstock)


71020 Kepala GitarPada bagian headstock memang tersedia dalam berbagai model, sedangkan fungsinya adalah untuk tempat logo merk atau pembuat gitar, dudukan nut, dan juga tempat untuk memasang tuner. Untuk gitar akustik, kepalanya ada di paling atas dan terbuat dari kayu terdapat nut dan tuner.

2. Nut


71020 Nut GitarBantalan kecil yang merupakan tempat untuk menyangga senar gitar dinamakan nut. Dengan adanya ini bisa membuat senar mengeluarkan bunyi yang nyaring ketika dipetik.

3. Tuner


71020 Tuner Gitar JurnalAppsBagian ini terletak di headstock dan fungsinya adalah untuk menjaga suara atau nada gitar. Sehingga tidak mengalami perubahan ketika dimainkan, selain itu tuner juga berfungsi untuk menyetem gitar.

4. Fret


71020 Fret Gitar Hamer Fan ClubBagian bagian gitar yang selanjutnya adalah fret, ini tidak terdapat pada tubuh gitar tetapi merupakan aksesoris. Biasanya fret terbuat dari bahan metal atau stainless steel. Fungsi aksesoris fret adalah untuk menentukan nada yang keluar dari senar gitar.

5. Leher (Neck)


71020 Leher (Neck) GitarSetelah bagian atas gitar, Anda perlu tahu juga bagian leher gitar yang memiliki peran penting. Biasanya orang memegang leher atau neck gitar dengan menggunakan tangan kiri.  Terdapat rod atau besi panjang pada leher gitar, fungsinya adalah untuk menjaga leher gitar agar tidak melengkung.

6. Penghubung


71020 Penghubung GitarSeperti namanya, part gitar yang satu ini fungsinya adalah untuk menghubungkan. Apa yang dihubungkan oleh penghubung? Bagian-bagian gitar yang dihubungkan adalah leher atau neck dengan badan atau body guitar. Penghubung ini berupa kayu solid yang kuat, sehingga tidak mudah pecah.

7. Badan (Body)


71020 Badan (Body) GitarBagian badan atau body memang memiliki beragam bentuk dan model, ini tergantung dengan pembuat gitarnya. Tentu saja badan ini diibaratkan seperti part inti gitar. Dimana memang berbagai bagian lain tertanam pada part body ini mulai dari bridge, tone control, dan banyak lagi.

8. Bridge


71020 Bridge GitarDalam mengencangkan senar gitar tentu perlu pengait supaya bisa kencang. Pengait senar gitar yang berada di badan atau body ini disebut dengan bridge. Biasanya part gitar yang satu ini terbuat dari plastik biasa, tulang, ataupun metal stainless steel tergantung dengan tipe dan harga gitar.

9. Soundboard


71020 Soundboard GitarPart yang satu ini memang sangat penting dalam menentukan kenyaringan suara gitar, terlebih lagi untuk gitar akustik. Karena soundboard adalah bagian menggembung seperti tabung yang didalamnya terdapat ruang untuk meresonansi suara yang dihasilkan senar. Sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih nyaring dan keras. Tanpa adanya soundboard maka bunyi senar gitar tidak bisa nyaring, kecuali untuk jenis gitar listrik.

10. Lubang Suara


71020 Lubang Suara GitarApabila hanya ada soundboard tanpa ada lubang memang bunyi senar tidak akan beresonansi sehingga suaranya tidak jadi nyaring. Makanya untuk akses masuknya suara senar ke soundboard, perlu ada lubang suara. Sehingga bunyi yang dihasilkan oleh senar akan masuk ke soundboard dengan melewati lubang ini. Baru setelah itulah bunyi baru resonansi di soundboard sehingga menjadi nyaring.

11. Senar (String)


71020 String GitarSenar adalah bagian krusial pada gitar, karena ini merupakan sumber suaranya. Untuk jenis senar memang ada banyak dan dengan hasil suara yang berbeda setiap jenisnya. Pada gitar akustik ada enam buah senar dengan nada berbeda-beda pada setiap senarnya. Nada yang dihasilkan oleh senar-senar gitar akustik masing-masing ada E, A, D, G, B, E yang menjadi standard tuning.

12. Saddle


71020 Saddle GitarJika pada bagian kepala gitar terdapat nut yang menjadi bantalan senar dan menjaga suaranya tetap nyaring. Di part badan atau body juga terdapat bantalan yang sama dengan fungsi yang sama pula yaitu saddle. Letak bantalan saddle ini ada di bridge.

13. Fingerboard atau Fretboard


71020 Fingerboard Atau Fretboard GitarSeperti namanya, fingerboard ada fretboard adalah tempat untuk menekan senar dan memasang fret. Tentu saja hal ini dilakukan untuk membuat gitar bisa menghasilkan bunyi dengan nada tertentu. Letak fingerboard atau fretboard ini ada di neck atau leher gitar. Sedangkan nada yang dihasilkan akan beragam, tergantung dimana dan senar apa yang Anda tekan. Untuk hal ini Anda bisa mempelajari mengenai kunci gitar supaya bisa memainkannya.

Mengenali dan memahami bagian-bagian gitar beserta fungsinya memang tidaklah sulit. Karena memang gitar adalah alat musik yang simpel dan tidak ribet, bahkan cara memainkannya tergolong mudah. Banyak juga orang yang mengatakan bahwa alat musik yang paling mudah dan paling dasar adalah gitar.

BACA JUGA!

Gitar Akustik Yamaha Terbaik yang Rekomended

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: