Bagaimana Kriteria Rumah Sehat Itu?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8 Tips Menata Interior Supaya Rumah Lebih Sehat Dan Nyaman Cantik Tempo.co
Daftar Topik

Memiliki keluarga yang selalu sehat adalah sebuah anugerah. Dan rumah yang sehat juga menjadi faktor penentu dalam memberikan keluarga yang sehat. Maka dari itu Anda harus mengetahui apa saja kriteria rumah sehat tersebut.

Sebetulnya Jika dilihat dari jenisnya maka rumah sehat bisa dilihat dari ukuran, kemudian ventilasi, sumber airnya, kemudian toilet, pembuangan sampah bahkan sampai lingkungan yang ada di sekitar. Dan untuk Anda yang masih belum paham mengenai kriteria dari rumah sehat, maka Anda bisa mengikuti ulasan di bawah ini.

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman

Kriteria Rumah Sehat Secara Umum

1. Kriteria rumah sehat Memiliki Kondisi Yang Kering

12 inspirasi taman rumah minimalis di lahan kecil

Untuk kriteria pertama dari rumah yang sehat adalah rumah selalu dikondisikan dengan membangun sistem bangunan yang memang di konstruksi dengan lingkungan di dalam ruangan yang terkontrol. Dengan pembangunan seperti inilah secara otomatis bisa menjaga sistem dari saluran air, mencegah sistem saluran pembuangan agar tidak terjadi kebocoran.

Tentu saja ketika kondisi rumah yang selalu lembab, akan menimbulkan banyak sekali bakteri atau kuman yang berkembang biak. Sebab tempat yang lembab adalah area yang sangat disukai bakteri maupun kuman sehingga dalam perkembangbiakannya pun tergolong cukup cepat.

2. Kondisi Rumah Selalu Bersih

Ini Dia Tips Rumah Selalu Tertata Bersih, Rapi, dan Luas

Perlu Anda ketahui jika sistem bangunan yang dimiliki juga bisa memungkinkan rumah selalu terbebas dari kotoran, asap dan juga debu. Sedangkan untuk rumah-rumah yang terdekat di Jalan raya tentu saja cara penanganannya pun akan jauh berbeda dengan rumah-rumah yang berada di kompleks persawahan.

Itulah mengapa, membersihkan rumah secara rutin harus dilakukan agar setiap bakteri dan kuman yang menempel pada lantai ataupun karpet bisa segera dihilangkan. Alangkah lebih baik untuk membersihkan debu atau kotoran dilakukan setiap hari, Sedangkan untuk mengepel dilakukan sebanyak 3 kali dalam 1 minggu.

3. Memiliki Keamanan yang Baik

8 Tips Menata Interior Supaya Rumah Lebih Sehat dan Nyaman - Cantik Tempo.co

Dalam pembangunan rumah hendaknya dilakukan dengan membangun bentuk, fungsi serta peralatan yang nyaman bagi para penghuninya. Selain itu, untuk konsep ergonomis pada setiap piranti juga harus dipikirkan dengan matang dan detail. Hal ini dikarenakan jika dilihat keamanan memang menjadi faktor yang sangat penting. Akar persamaan dari kecelakaan di dalam ataupun di sekitar rumah, setiap datar pembangunan harus diteliti.

Bukan hanya itu saja, pemilihan dan bahan-bahan bangunan pun juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda memilih bahan yang tidak berkualitas dan mudah rusak, sebab bisa saja terjadi kecelakaan yang akan membahayakan anggota keluarga kapanpun.

Baca Juga: Tips Mendesain Rumah Sederhana yang Nyaman

4. Kriteria Rumah Sehat yang Terbebas Dari Kontaminasi

Mengurangi Polusi Udara di Dalam Rumah - Alodokter

Untuk kriteria rumah sehat berikutnya ialah terlepas dari adanya kontaminasi. Untuk itulah Anda bisa memakai cat rumah beserta foto-foto bawaan yang aman, yang pastinya tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan. Saat ini pun sudah banyak sekali cat dinding yang didesain dengan keamanan yang sangat tinggi, sehingga anak-anak pun akan terbebas dari adanya zat kimia yang ada di dalam cat dinding.

Kemudian Anda juga harus menghindari pemakaian dari formaldehida ataupun gas serta cairan yang juga dikenal sebagai formalin. Langkah ini menjadi awal untuk melindungi keluarga anda dari kontaminasi zat yang berbahaya.

5. Rumah Harus Mempunyai Ventilasi

12 Alasan Pentingnya Ventilasi di Rumah

Pada setiap rumah di wajibkan untuk diberikan ventilasi, bahkan pada setiap ruangan juga harus diberikan ventilasi berupa jendela. Dengan adanya ventilasi ini tentunya akan memperlancar pertukaran udara yang ada di dalam ruangan dan membuat ruangan selalu memiliki udara segar. Tentu saja rumah yang sehat memiliki standar mempunyai ventilasi pada setiap ruangannya.

6. Terbebas Dari Hewan Pengganggu

Ini 7 Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga Yang Harus Diperhatikan | Enervon

Untuk hewan pengganggu yang sering terlihat di dalam rumah adalah kecoak, cicak dan juga tikus. Dan akan selalu mencari makanan di dalam rumah. Sehingga Anda juga harus lebih berhati-hati dan benar-benar ekstra untuk bisa membasmi para hewan pengganggu tersebut.

Untuk bisa menghilangkan hewan pengganggu maka anda dapat memakai pembasmi serangga, atau bisa juga menggunakan racun yang diletakkan pada makanan. Dan makanan yang telah letakkan pada setiap sudut rumah agar bisa dimakan oleh para hewan tersebut. Secara otomatis hewan akan mati dengan sendirinya.

7. Rumah Selalu Berada Dalam Kondisi Terawat

Rumah terawat di menteng

Rumah yang sehat tentunya seluruh elemen yang dimiliki selalu terawat dengan baik. Para penghuni rumah juga harus mengatur jadwal khusus guna saling berbagi tugas dalam merawat rumah.

Pada beberapa ahli memberikan pernyataan jika para penghuni rumah bisa di lihat apakah mendapatkan banyak penyakit tertentu selama kurun waktu 1 bulan, kemudian 2 bulan, 3 bulan bahkan sampai satu tahun.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadikan anggota keluarga Anda selalu sehat maka kriteria rumah sehat di atas harus Anda pahami. Langkah inilah yang akan menjadikan rumah selalu bersih dan terawat dan anggota keluarga pun bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Beberapa Inspirasi Desain Rumah untuk Daerah Beriklim Tropis

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA