Bacaan Tasyahud Akhir beserta Artinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Bacaan tasyahud akhir merupakan bacaan yang harus dibaca ketika tasyahud akhir. Tasyahud akhir sendiri merupakan salah satu rukun yang harus dilaksanakan ketika shalat. Apabila dalam melaksanakan shalat tidak menjalankan tasyahud akhir maka shalatnya menjadi tidak sah. Untuk itu sangat penting melakukan tasyahud akhir ketika melaksanakan sholat.

Dalam melaksanakan tasyahud akhir, ada beberapa bacaan yang harus dibaca seperti bacaan tahiyat akhir dan bacaan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Bahkan setelah tasyahud akhir juga dianjurkan untuk membaca do’a. Ada beberapa do’a yang dianjurkan dibaca sesuai dalam Shahih Bukhari dan Muslim.

Rukun Shalat


Dalam shalat, ada hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menjalankannya yaitu rukun shalat. Rukun shalat merupakan hal terpenting dalam membentuk hakikat shalat. Jika beberapa rukun shalat tidak dilaksanakan, maka shalat kita bisa menjadi tidak sah. Untuk menghindari hal tersebut maka kita harus mengetahui apa saja rukun dalam shalat.

Menurut Imam Abu Suja’ dalam Matan al-Ghayah wa Taqrib, rukun shalat ada 18. Secara berurutan yaitu niat, berdiri bagi yang mampu, takbiratul ihram, membaca surat al-Fatihah, ruku’, thuma’ninah, bangun dari ruku’ dan i’tidal, thuma’ninah, sujud, thuma’ninah, duduk diantara dua sujud, thuma’ninah, duduk untuk tasyahud akhir, membaca bacaan tasyahud akhir, membaca shalawat nabi, salam pertama, niat keluar dari shalat, dan tertib. Tertib disini memiliki makna rukun shalat harus dilaksanakan secara berurutan.

Bacaan Tasyahud Akhir


Setiap bacaan shalat yang kita baca pasti memiliki makna yang dapat kita fahami. Salah satunya yaitu bacaan ketika tasyahud akhir. Untuk mengetahui bacaan yang kita baca pada saat tasyahud akhir, berikut bacaan beserta artinya.

Bacaan Tasyahud Akhir

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

“Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam (keselamatan) semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. “Ya Allah! Limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad”. “Ya Allah! Limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad”. “Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji dan Maha Mulia.” (HR Muslim dan HR Bukhari)

Do’a Setelah Tasyahud Akhir


Terdapat do’a yang disunnah untuk dibaca setelah tasyahud akhir. Berikut beberapa do’a yang dianjurkan untuk dibaca.

Do’a yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

أَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur, siksa api neraka, fitnah kehidupan dan kematian, serta berlindung dari fitnah dajjal.” Dengan membaca do’a tersebut maka kita akan dilindungi oleh Allah SWT dari empat perkara yaitu siksa kubur, siksa jahannam, fitnah kehidupan dan kematian, dan yang terakhir fitnah dajjal.”

Do’a berdasarkan riwayat Al-Bukhari

اللَّهمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا كَبِيْرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan di sisi-Mu dan kasihanilah aku sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dengan membaca do’a tersebut maka kita akan mendapat beberapa keistimewaan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam beberapa hadist. Berikut keistimewaan yang didapatkan apabila membaca do’a setelah tasyahud akhir :

  1. Selalu mendapat petunjuk
  2. Mendapat ampunan dari Allah SWT
  3. Dapat mengubah Qadha
  4. Do’a yang terijabah
  5. Melaksanakan sunnah Rasul
  6. Dijauhkan dari murka Allah
  7. Jauh dari perbuatan zalim
  8. Dijauhkan dari neraka jahanam
  9. Dihindarkan dari siksa kubur dan kiamat

Membaca bacaan tasyahud akhir dengan memahami artinya pastinya akan lebih bermakna bagi kita. Hal ini dikarenakan kita akan mendapatkan pemahaman mengenai apa yang kita baca. Apalagi bacaan ini merupakan bacaan yang dibaca ketika sholat. Dengan pemahaman kita mengenai bacaan tersebut, maka dapat membuat kita lebih khusyuk dalam menjalankan shalat.

BACA JUGA!

Inilah Hal-Hal Yang Membatalkan Wudhu dan Wajib Diketahui

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA