Bacaan Setelah Sholat Fardhu Lengkap

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
30320-berdoa
Daftar Topik

Salah satu kewajiban utama bagi setiap muslim adalah melaksanakan sholat fardhu. Sholat merupakan amalan yang akan dihisab untuk pertama kalinya setelah manusia meninggal. Apabila amalan sholatnya baik maka segala amalan yang lain sudah tentu baik. Selain itu, bacaan setelah sholat turut memberikan banyak pertolongan kelak manusia di akhirat.

Bacaan tersebut merupakan wirid dan doa yang selalu dibacakan oleh setiap muslim. Berikut ini merupakan bacaan setelah sholat yang selalu dibaca oleh setiap muslim.

Pembacaan Istigfar


Bacaan dimulai dengan membaca istigfar terlebih dahulu. Pembacaan istigfar ini dilakukan sebanyak 3 kali. Istigfar merupakan bacaan yang ditujukan untuk meminta pengampunan kepada Allah atas segala dosa. Bacaan setelah sholat ini bisa dibaca kapan saja. Karena memiliki makna meminta pengampunan. Berikut bacaannya,

                                            3x    أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْه

Pembacaan Kalimat Tauhid


Kalimat tauhid merupakan kalimat yang berisi tentang mengagungkan Allah. Pembacaan kalimat ini merupakan bacaan yang penting untuk dibaca setelah sholat fardhu. Hal ini termasuk kedalam pujian yang ditujukan kepada Allah. Allah merupakan Dzat yang terbebasa dari segala sifat yang tidak baik. Berikut bacaanya.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Dalam bacaan setelah sholat fardhu berikut, menunjukkan bahwa hanya Allah yang memiliki keagungan mutlah. Bacaaan tersebut sering digunakan sebagai dzikir oleh sebagian orang muslim. Hal tersebut merupakan bentuk kecintaaan seorang makhluk kepada sang penciptanya.

Pembacaan Doa yang Ditunjukkan untuk Keselamatan


Setiap manusia pasti menginginkan keselamatan dalam hidupnya. Keselamatan dapat dalam berbagai hal. Keselamatan hidup didunia, juga keselamatan dalam hidup di akhirat. keselamatan meliputi, jiwa, keluarga harta dan benda. Setelah sholat merupakan waktu yang mustajab untuk memnjatkan doa. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut. Berikut bacaan doa keselamatan.

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Makna dari doa tersebut adalah meyakini bahwa hanya Allah yang mampu memberikan keselamatan. Oleh karena itu, senantiasa memohon keselamatan kepada Allah merupakan bentuk berlindung pada Allah dan bergantung pada segala ketentuan Allah.

Pembacaan Surat Al-Fatihah


Surat Al-Fatihah merupakan surat pertama yang ada dalam Al-Quran. Surat ini merupakan ibu atau induk AL-Quran. Seluruh isi dalam Al-Quran semuanya terkandung dalam surat ini. Jadi, surat Al-Fatihan akan memberikan banyak keutamaan terlebih dibaca setelah Sholat. Membaca surat Al-Fatihah sebagai bacaan setelah sholat merupakan salah satu bacaaan setelah sholat yang penting untuk dibaca. Berikut merupakan bacaan Al-Fatihah disertai dengan artinya,

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Kandungan surat Al-Fatihan merupakan bentuk keyakinan dan meyakini bahwa hanyak Allah yang patut untuk disembah sebagai Tuhan semesta Alam. Hanya Allah yang memiliki sifat kesempurnaan dan terbebas dari segala bentuk sifat ketidak sempurnaan. Sebagai makhluk hendaknya selalu bergantung pada Allah. Karena hanya Allah Tuhan penguasa yang memiliki rencana terbaik dari setiap perencanaan oleh manusia.

Pembacaan Ayat Kursi Setelah Shalat


Ayat kursi merupakan bacaan setelah shalat yang memiliki keutamaan luar biasa setelah surat Al-Fatihah. Ayat kursi mengandung makna kekuasaan dan kebesaran Allah. Pembacaan ayat ini termasuk dalam mengakui bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan diseluruh alam semesta ini. Ayat kursi merupakan bacaan setelah sholat yang penting untuk dibaca.

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Pembacaan Kalimat Tasbih, Tahmid dan Takbir


Ketika kalimat tersebut merupakan bacaan dengan keistimewaan yang luar biasa. Pembacaan kalimat ini masing-masing dibacakan sebanyak 33 kali. Ketiga kalimat ini termasuk ke dalam wirid. Bahkan banyak orang muslim yang membacanya meski tidak berada pada keadaan setelah menunaikan sholat. Berikut merupakan bacaan dari ketiganya.

33x سُبْحَانَ اللَّهِ

33 x الْحَمْدُ لِلَّهِ

33 x اللَّهُ أَكْبَر

Pembacaan Bacaan Hauqolah


Bacaan ini pasti dibaca setelah orang tersebut menyelesaikan membaca tasbih, tahmid dan takbir. Bacaan ini juga termasuk bentuk wirid, dan mengandung ayat Al-Quran. Apabila dibaca setelah solat, maka akan memberikan keutamaan yang luar biasa. Berikut bacaanya,

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Bacaan tersebut mengandung beragam pujian dan doa yang dipanjatkan kepada Allah. Pembacaan kalimat ini cukup dilakukan satu kali saja.

Pembacaan Doa


Setelah dzikir dan wirid selesai dilakukan maka hal yang terakhir adalah pembacaan doa. Pada pembacaan doa ini, setiap orang umumnya diberi kebebasan untuk memanjatkan berbagai doa. Setiap orang memiliki keinginan dan masalah yang berbeda. Oleh karena itu, doa yang dipanjatkan umumnya juga berbeda.

Rangakaian dzikir dan wirid serta doa yang dibaca setelah sholat merupakan kebiasaan yang dimaksudkan untuk menggapai ridho Allah. Alasan manusia hidup adalah mendapatkan keberkahan dan ridho dari Allah. Dengan demikian bacaan setelah sholat dimaksudkan untuk tujuan tersebut.

Rangkaian dzikir dan doa setelah sholat tersebut memiliki tata urutan yang tepat. Namun, banyak ulama yang berselisih pendapat. Jadi, asalkan bacaan tersebut memiliki makan dan arti yang baik, bisa digunakan sebagai bacaan atau wirid setelah sholat. Kemudian bacaan tersebut bukan hanya dikhususkan untuk setelah sholat saja, jika Anda ingin menggunakannya sebagai dzikir harian, maka bisa saja dan diperbolehkan.

BACA JUGA!

Panduan dan Doa Setelah Shalat Dhuha

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

Bacaan Doa Sesudah Sholat

Setelah sholat fardhu dianjurkan untuk berdoa dan berdzikir kepada Allah SW. Dzikir atau doa sesudah