Bacaan Dzikir Setelah Sholat yang Lengkap

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
23320-berdoa
Daftar Topik

Dzikir setelah sholat menjadi dzikir ampuh yang memiliki banyak sekali keutamaan. Hal tersebut dikarenakan bacaan dzikir yang dahsyat disertai dengan waktu yang baik setelah melakukan sholat. Namun terkadang banyak orang yang tidak mengerti bagaimana membaca dzikir yang lengkap setelah sholat. Sehingga terkadang sering melewatkan beberapa bagian hingga meninggalkannya. Berikut adalah dzikir yang bisa dibaca setelah sholat secara lengkap.

Dzikir Kalimat Syahadat Kepada Allah


Setelah seorang muslim, selesai melakukan salam. Maka dzikir yang bisa diucapkan pertama kali adalah membaca syahadat. Pembacaan syahadat ini merupakan bentuk dzikir dan pengakuan bahwa hanya Allah yang menjadi Sang Khalik dan Tuhan yang patut untuk disembah. Berikut ini bacaan yang dibaca setelah seorang muslim melakukan salam.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ

وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ

Dzikir tersebut selain mengucapkan kesaksian tentang kekuasaan Allah sebagai sang Pencipta. Juga memiliki makna doa. Doa untuk menghilangkan berbagai jenis kesusahan dan penderitaan.

Dzikir Bacaan Istighfar


Bacaan istigfar merupakan bacaan dzikir yang dibaca oleh setiap muslim. Bacaan ini merupakan bentuk upaya memohon pengampunan kepada Allah atas segala bentuk kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Berikut bacaan dzikir istigfar yang dibaca berulang sebanyak 3 kali pengulangan.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Dalam dzikir tersebut terkandung makna, bahwa hanya Allah Dzat pemberi ampunan. Oleh karena itu, setiap manusia hendaknya selalu memohon ampun agar mendapatkan pengampunan dan rahmat dari Allah.

Dzikir Pujian Kepada Allah


Dzikir setelah sholat selanjutnya adalah membaca pujian kepada Allah. Pembacaan pujian ini merupakan bentuk pengakuan terhadap kebesaran yang dimiliki oleh Allah. Bahwa hanya Allah yang memiliki sifat sempurna dan terbebas dari segala sifat yang tidak sempurna. Berikut merupakan bacaan dzikir pujian kepada Allah.

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Pada bacaan dzikir tersebut terkandung makna bahwa Allah memiliki kekuasaan yang tidak terbatas. Segala kebesaran dan keagungan hanya milik Allah. manusia sebagai manusia tidak memiliki daya dan upaya selain kehendak yang dimiliki oleh Allah. Dalam hal ini, manusia hanya mampu berusaha semaksimal mungkin.

Dzikir Pujian Kepada Allah 2


Banyak sekali dzikir yang bisa dibaca sebagai upaya pengakuan terhadap kebesaran yang dimiliki Allah. dengan membaca dzikir kepada Allah, maka hati akan selalu damai dan terhindar dari berbagai prasangka buruk. Selain prasangka buruk juga termasuk dalam penyakit hati lain. Seperti keadaan iri dan juga dengki. Berikut adalah bacaan dzikir pujian pada Allah selanjutnya,

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Dalam dzikir setelah sholat tersebut terdapat suatu doa yang amat dibutuhkan oleh setiap orang muslim. Doa tersebut adalah doa meminta kedamaian serta keberkahan. Karena hanya Allah yang maha damai dan dan maha memberikan keberkahan pada setiap hambanya yang Ia kehendaki.

Membaca Wirid Doa Memohon Pertolongan


Dzikir setelah sholat fardhu yang selanjutnya adalah memohon pertolongan dari Allah semata. Hanya Allah yang bisa memberikan pertolongan pada setiap hambanya yang mengalami kesusahan atau penderitaan. Bacaan wirid yang satu ini mengandung bacaan doa. Berikut adalah bacaannya,

اللهُمَّ أَعِنَّا عَلَى شُكْرِكَ، وَذِكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Dalam wirid tersebut seorang hamba memohon agar Allah memberikan pertolongan kepadanya. Oleh karena itu, setiap hamba harus tetap berusaha dan menggantungkan berbagai bentuk masalah hanya kepada Allah. Dengan demikian hamba tersebut akan selalu berada dalam lindungan serta pertolongan Allah.

Pembacaan Kalimat Tasbih, Tahmid, dan Takbir


Ketiga kalimat pendek tersebut memiliki makna yang luar biasa serta keutamaan. Pembacaan kalimat ini dilakukan masing-masing sebanyak 33 kali. 33 kali merupakan jumlah bacaan yang dianjurkan.

Dzikir setelah sholat yang pertama yaitu pembacaan kalimat tasbih. Kalimat tasbih merupakan bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan dzat yang maha suci dan memiliki kesucian dalam setiap firmannya. Hal ini merupakan pujian kepada Allah yang dilontarkan oleh hambanya.

Kemudian setelah itu, diikuti membaca kalimat tahmid. Kalimat ini juga sama dibaca sebanyak 33 kali. Pembacaan kalimat ini merupakan bentuk syukur yang dipanjatkan kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan. Pengucapan rasa syukur ini juga termasuk dalam bentuk dzikir setelah sholat.

Selanjutnya adalah membaca kalimat takbir. Kalimat takbir merupakan kalimat yang didalamnya mengandung makna mengagungkan kebesaran Allah. Allah memiliki kekuasaan yang tidak terbatas dan juga kebesaran yang tidak terbatas.

Dzikir Pujian Kepada Allah 3


Dzikir setelah sholat yang terakhir adalah pujian yang ditunjukkan kepada Allah. Segala sesuatu yang berada di bumi dan di langit merupakan bentuk kenampakan dari kekuasaan Allah. Dengan demikian hendaknya setiap orang selalu bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Pembacaan dzikir setelah sholat secara lengkap merupakan bentuk pujian kepada Allah dan kekuasaanya. Kemudian ditambah lagi dengan untaian doa yang dipanjatkan oleh setiap muslim kepada Allah.

Setiap dzikir memiliki makna doa tersendiri. Terdapat pula dzikir dengan keutamaan yang luar biasa apabila dibaca setiap waktu dengan jumlah tertentu. Jadi, memperbanyak dzikir merupakan salah satu cara yang digunakan setiap muslim untuk mendapatkan berkah dari Allah.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA