Bacaan Doa Sesudah Sholat

0

Setelah sholat fardhu dianjurkan untuk berdoa dan berdzikir kepada Allah SW. Dzikir atau doa sesudah sholat merupakan hal yang selalu dilakukan oleh setiap umat muslim. Dalam kitab Al-Adzkar disebutkan bahwa Imam Nawawi mengatakan bahwa ulama sudah bersepakat (ijma’) terkait dengan kesunnahan berdoa dan berdzikir sesudah sholat fardhu.

Kitab Al-Adzkar sendiri merupakan sebuah kitab yang menjadi salah satu rujukan dan merupakan buku induk yang membahas tentang doa serta dzikir populer di dunia Islam. Kesudahan dzikir sesudah salat dalam kitab tersebut juga telah ditopang oleh banyak hadits-hadits shahih dengan berbagai macam bacaan.

Nah, di bawah ini adalah rangkaian bacaan dzikir dan sholat sesudah sholat fardhu.

1. Membaca Istighfar

Sebelum membaca doa sesudah salat, makanan yg dianjurkan untuk membaca istighfar terlebih dahulu sebanyak 3 kali.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

2. Dilanjutkan dengan membaca bacaan di bawah ini:

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

3. Selanjutnya berdoa untuk memohon perlindungan dari siksa neraka yang dibaca sebanyak 3x

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

4. Membaca kalimat di bawah untuk memuji Allah SWT

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

5. Membaca Surat Al-Fatihah dan ayat kursi (QS. Al-Baqarah : 225)


أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

6. Kemudian Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil masing-masing 33x

Membaca tasbih sebanyak 33 kali

سُبْحَانَ اللهِ

Membaca Tahmid sebanyak 33 kali

الْحَمْدُلِلهِ

Membaca Takbir sebanyak 33 kali

اللهُ اَكْبَرُ

Membaca Tahlil sebanyak 33 kali

لَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ

7. Kemudian lanjut dengan membaca doa

Bacaan doa sesudah sholat adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

رَبَّنَا ضَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْ حَمْنَا لَنَكُوْ نَنَّ مِنَ الْخَا سِرِ يْنَ

رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِ يْنَ مِنْ قَبْلِنَا

رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَا قَتَا لَنَا بِهِ, وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَ نَا فَا نْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَا فِرِيْنَ

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْ بَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَ يْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُ نْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا غْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ أَلْأَ حْيَآءِمِنْهُمْ وَاْلأَ مْوَاتِ, اِنَّكَ عَلَى قُلِّ ثَيْءٍقَدِيْرِ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

اللهم اغفر لنا ذنوبناوكفرعنا سيئاتنا وتوفنا مَعَ الْأَ بْرَارِ

سُبْحَانَ رَبِّكِ رَبِّ الْعِزَةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْ سَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Keutamaan Doa Sesudah Sholat


Doa sesudah sholat bukan hanya dianjurkan, akan tetapi di dalamnya juga mengandung keutamaan yang sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa keutamannya yang sangat bermanfaat.

  • Menambah Kekhusyukan Doa

Melalui sholat dengan baik yaitu dengan khidmat dan tidak tergesa-gesa. Nah, hal tersebut bisa dilakukan dengan rutin melaksanakan dzikir setelah shalat serta dzikir pagi dan petang. Dengan demikian Anda bisa mempunya jeda waktu untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 41 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kalian semua dengan menyebut nama Allah dengan dzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kalian semua kepadaNya pagi dan juga petang”.

  • Bagian dari Rangkaian Shalat

Berdoa dan berdzikir sesudah sholat juga merupakan bagian dari rangkaian sholat. Jadi jika Anda setelah sholat terburu-buru dan tidak diakhiri dengan berdzikir, maka kesempurnaan sholat belum terlaksana. Sebagaimana dalam surat An-nisa ayat 103 yang artinya “Maka jika kamu sudah selesai sholat, ingatlah Allah saat berdiri, duduk dan juga berbaring”.

  • Pahala Mulia


Berdzikir dan doa setelah sholat juga merupakan sebuah kemuliaan di sisi Allah dan akan mendapatkan pahala untuk dirinya sendiri.  Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam surat Al-Ahzab ayat 35 yang artinya “Laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang banyak berdzikir kepada Allah, maka Allah telah menyediakan ampunan serta pahala yang besar”.

  • Jalan Masuk Surga

Rasulullah Saw bersabda “Barangsiapa yang berdzikir siang dengan penuh keyakinan, kemudian dia mati sebelum masuk waktu sore, maka dia termasuk orang yang menghuni surga. Dan barangsiapa yang membaca dzikir pada malam hari dengan yakin, kemudian dia mati sebelum masuk waktu subuh, maka dia termasuk orang yang menghuni surga”. (HR Bukhari).

Nah, dalam hadits tersebut tentu sudah sangat jelas bukan bahwa dzikir merupakan suatu hal yang sangat baik dikerjakan. Ringan diucapkan dan pahalanya sangat besar sehingga mencegah dari adzab neraka.

  • Amalan Paling Baik di Hadapan Allah

Rasulullah Saw pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad “Maukah kuberitahu amalan apa yang paling baik, yang tertinggi derajatnya, yang terbersih di sisi Allah dan bahkan jauh lebih baik dari emas dan perak? Kemudian para sahabat menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban “Iya, wahai Rasulullah”. Kemudian Rasulullah Saw menjawabnya “Berdzikir”.

Nah, jelas sekali bukan bahwa berdzikir merupakan suatu amalan yang sangat disukai oleh Allah dan bahkan menjadi amalan terbaik di hadapanNya. Dzikir setelah sholat yang dilakukan oleh seorang hamba merupakan sebuah bukti bahwa ia bersungguh-sungguh dalam menjalankan sholatnya.

  • Diampuni Dosa

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Musim bahwa Rasulullah Saw bersabda “Barangsiapa yang berdzikir dengan membaca subhanallah sebanyak 33 kali setelah selesai sholat wajib, dan membaca Alhamdulillah 33 kali serta Allahuakbar 33 kali dan untuk menyempurnakannya. Maka sebanyak buih di lautan dosa-dosanya akan diampuni”.

Urusan ampunan dari dosa-dosa hambanya merupakan urusan Allah dan hanyalah Dia yang mengetahuinya. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kita sebagai hambaNya mencoba untuk melakukan hal-hal yang baik sehingga bisa terampuni dosa kita.

Nah, sudahkah Anda menjalankan dzikir dan doa sesudah sholat? Jika belum, maka mulai sekarang mari berdoa sesudah sholat agar hati menjadi lebih tenang dengan mengingat Allah. Apalagi keutamaan dzikir dan sholat setelah sholat sangat banyak.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil