Awas Keliru! Inilah Perbedaan Antara Manajer dan Pemimpin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
leadership-vs-management-780x405-768x399[1]
Daftar Topik

Pembahasan mengenai perbedaan antara pemimpin dan manajer memanglah tidak akan ada habisnya. Salah satu penyebabnya adalah peran tersebut tidak bisa dilakukan tanpa adanya keberadaan peran lain. Karena, seorang pemimpin yang tidak dapat mengelola tentu saja akan gagal dalam kepemimpinannya. Sementara itu, seorang manajer yang tidak dapat memimpin juga akan gagal dalam setiap aktivitas yang dilakukannya. Akan tetapi, pada dasarnya seorang pemimpin dan manajer merupakan dua buah konsep yang sangat berbeda dan tentu saja ada beberapa hal yang membedakannya.

Leader atau pemimpin merupakan seorang pimpinan yang memiliki sifat-sifat kepemimpinan personality atau authority. Ia akan sangat disegani dan berwibawa terhadap semua bawahan atau pengikutnya karena kemampuan dan kecakapannya serta didukung dengan tingkah lakunya yang baik. Pemimpin atau leader dapat memimpin suatu organisasi, baik itu formal maupun informal dan menjadi panutan bagi para bawahan atau para pengikutnya. Biasanya tipe kepemimpinan yang dianut para pemimpin adalah partisipatif leader dan falsafah kepemimpinannya adalah pimpinan untuk bawahan.

Sementara itu, manajer merupakan seorang pemimpin yang dalam praktiknya hanya berdasarkan kekuasaan atau authority secara formal saja. Bawahan atau staff akan menerima perintah dari manajer agar tidak dikenakan sanksi oleh manajer tersebut. Biasanya, manajer hanya memimpin organisasi formal saja dengan tipe kepemimpinan autocratis dan falsafah kepempimpinannya adalah bawahan adalah untuk pemimpin.

Perbedaan Manajer dan Pemimpin

Manajer

  • Mengelola
  • Dapat di cetak
  • Memelihara
  • Memfokuskan pada sistem dan struktur
  • Mengandalkan kontrol
  • Berorientasi jangka pendek
  • Bertanya bagaimana dan kapan
  • Berorientasi pada hasil
  • Meniru
  • Menerima status quo
  • Seperti tentara yang siap selalu diperintah
  • Melakukan dengan benar

Pemimpin

  • Berinovasi
  • Tidak dapat di cetak
  • Mengembangkan
  • Memfokuskan pada orang-orang (bawahan)
  • Menumbuhkan kepercayaan
  • Memiliki perspektif jangka panjang
  • Bertanya apa dan mengapa
  • Berorientasi pada peluang-peluang masa depan
  • Menciptakan
  • Menentang status quo
  • Adalah dirinya sendiri
  • Melakukan hal yang benar

Jika dilihat secara mendalam, perbedaan manajer dan pemimpin dapat kita lihat pada tiga hal yang selalu berkaitan dengan kedua hal tersebut yaitu sumber kekuasaan yang mereka peroleh, bawahan dan lingkungan tempat mereka bekerja.

Apabila kita melihatnya dari segi kekuasaan yang di mereka peroleh, maka seorang manajer akan dipilih melalui jalur yang lebih formal seperti dipilih oleh direktur atau bahkan komisaris dengan dasar yuridis yaitu adanya surat keputusan atau surat pengangkatan secara resmi. Sementara itu, pemimpin kekuasaan yang mereka miliki berdasarkan kontrak sosial dengan anggota atau bawahan yang mereka pimpin.

Berhubungan dengan bawahan, seorang manajer memiliki bawahan yang disebut sebagai staff yang menduduki jabatan formal dalam struktur hierarki dari suatu organisasi. Staff tersebut akan menuruti setiap perintah yang berasal dari manajer mereka agar tidak dikenakan hukuman olehnya. Sedangkan, pemimpin atau leader memiliki bawahan yang sering kita kenal sebagai pengikut. Pengikut akan memenuhi setiap perintah dari pimpinan mereka atas dasar kewibawaan yang dimiliki pimpinan terhadap pengikutnya karena kecakapan dan kemampuan serta tingkah lakunya yang baik.

Sedangkan jika kita lihat dari segi lingkungan tempat mereka bekerja, manajer biasanya hanya dapat memimpin lingkungan kerja organisasi formal dan memberikan pertanggungjawabannya pada atasannya. Sementara itu, pemimpin atau leader dapat memimpin suatu organisasi baik itu organisasi pada lingkungan kerja formal maupun informal dan mereka akan bertanggung jawab pada anak buahnya.

Berdasarkan hal yang telah dipaparkan di atas, kita dapat memahami bahwa pimpinan berfungsi sebagai dasar untuk mengerahkan dan menggerakkan semua bawahan yang mereka pimpin pada arah dan tujuan yang sama. Sedangkan, seorang manajer memiliki fungsi yang berkaitan dengan manajemen yaitu mengenai kegiatan seputar perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan control dalam setiap kegiatannya. Dalam menjalankan tugasnya, seorang manajer lebih sering menggunakan wewenang dan kekuasaan secara structural yang memiliki kekuatan yang mengikat dan dapat melakukan paksaan atau hukuman terhadap bawahannya. Sementara itu, seorang pemimpin akan lebih menekankan pengaruh atau karisma yang dia miliki untuk mempengaruhi bawahannya agar mengikuti arahannya. Dalam menjalankan tugasnya, pemimpin akan menstimulasi, memfasilitasi, dan senantiasa berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang membutuhkan bawahannya, tanpa adanya hadiah, paksaan maupun hukuman.

Di samping itu, pada dasarnya manajer dan pemimpin merupakan salah satu sumber daya pokok yang sentral dari setiap aktivitas yang terjadi dalam suatu organisasi yang mereka pimpin. Bagaimana kreativitas dan dinamika yang dimiliki oleh manajer dan pemimpin dalam menjalankan wewenangnya akan sangat berpengaruh pada pencapaian yang mereka dapatkan. Salah satu hal yang harus ditekankan adalah bahwa tidak selamanya seorang manajer itu buruk dan pemimpin itu baik. Tentunya diperlukan kombinasi yang tepat di antara keduanya untuk memenuhi kebutuhan organisasi pada berbagai tingkat jabatan yang berbeda-beda. Sehingga, organisasi yang mereka jalani dapat mencapai tujuannya secara efisien dan efektif.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan manajer dan pimpinan yang perlu kamu tahu agar tidak keliru. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP