Arti Bunga Marigold dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Kebun Bunga Marigold
Daftar Topik

Arti bunga marigoldKamu salah satu pecinta bunga bukan? Kalau iya, tentu kamu sudah tidak asing bukan dengan bunga marigold? Bunga marigold atau yang dikenal juga dengan nama bunga gemitir atau bunga gumitir, adalah salah satu bunga khas yang ada di pulau Bali. Bunga dengan warna kuning cerah ini banyak digunakan sebagai sebuah tanaman hias. Seringkali bunga ini juga digunakan untuk acara pesta pernikahan.

Disamping  keindahan bunganya yang mampu mempesona banyak orang, ternyata bunga ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga marigold dapat kamu konsumsi atau kamu olah dengan berbagai cara untuk bisa mendapatkan manfaatnya, tergantung dengan kebutuhan kamu. 

Ciri-Ciri Bunga Marigold

arti bunga marigold 2

Beberapa ciri umum dari bunga marigold adalah warnanya yang kuning atau orange, dengan bentukan bunga yang terlihat gemuk. Bunga ini terlihat sedikit membulat, dan dilengkapi dengan beberapa kelopak yang dapat terlihat saling tumpang tindih atau bertumpukan. 

Selain itu, ada juga bunga marigold ini yang ditemukan berwarna putih. Daun-daun dan batang dari bunga ini diketahui juga tumbuh membentuk seperti semak, dengan ketinggian tumbuhan yang bisa mencapai kurang lebih 90 cm.

Filosofi Bunga Marigold

arti bunga marigold 1

Bunga marigold diketahui memiliki beberapa filosofi dalam kehidupan, diantaranya adalah:

  1. Kreativitas dan dorongan untuk bisa sukses
  2. Keinginan untuk suatu kekayaan
  3. Persembahan yang suci untuk pada dewa 
  4. Mengingat serta merayakan orang mati
  5. Kekejaman dan kedinginan akibat dari kecemburuan
  6. Memenangkan sebuah kasih sayang seseorang dengan melalui suatu kerja keras
  7. Keputusasaan dan kesedihan karena kehilangan cinta
  8. Keindahan dan kehangatan dari matahari terbit

Arti dan Makna Bunga Marigold

Tanaman bunga marigold terbagi dalam dua kategori utama, jika kita lihat berdasarkan dari nama ilmiahnya. Kelompok pertama yakni termasuk dalam anggota keluarga tagetes, sedangkan yang satu lagi tergolong dalam kelompok keluarga calendula.

Bunga Marigold sendiri memiliki arti kekayaan, keindahan, kehangatan dan kemasyhuran yang dilambangkan dengan warna kuning cerah. Di samping itu, bunga marigold dapat juga dimaknai sebagai jam kecil yang memiliki arti waktu yang terbatas.

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Matahari yang Jarang Diketahui

Jenis Bunga Marigold

  • Baileya Multiradiata

Bunga ini memiliki warna kuning yang mencolok yang tahan lama dan sangat cerah. Selain itu dilengkapi dengan batang yang hampir terlihat tidak memiliki daun. Di atas dedaunannya terlihat ada warna abu-abu hijau. Bunga marigold yang satu ini diketahui dapat berubah warna seiring dengan berjalannya usia.

  • Marigold Pom Pom

Bunga marigold ini dapat menghasilkan banyak sekali bunga dengan bentuk pom pom, dalam sebuah warna orange, apricot, dan kuning. Bunga jenis ini dapat berkembang biak dengan sangat baik pada suhu dingin. Namun, sayangnya bunga jenis ini tidak bisa tahan lama dalam cuaca panas.

  • Tagetes Cottage Merah

Bunga ini memiliki warna merah terang dengan 5 kelopak dan sebuah warna emas pada bagian tengah. Selain itu, pada bunga ini juga terdapat warna kuning pada bagian pinggir kelopaknya. Bunga marigold ini mempunyai kelopak berbentuk seperti sekop dengan suatu ujung persegi. Lalu, dedaunan pada bunga ini cukup lebat, dan warnanya adalah hijau gelap. Warna tersebut akan tetap utuh sepanjang masa pertumbuhan bunga.

  • Calendula Officinalis

Jenis bunga marigold yang terakhir ini memiliki bentuk dengan semi ganda dalam berbagai warna, contohnya warna merah tua dan kuning, krem, atau ada juga yang warnanya oranye dengan dedaunannya berwarna hijau.  

Manfaat Bunga Marigold

  • Melawan Radikal Bebas

Adanya kandungan antioksidan dalam bunga marigold, dipercaya efektif untuk mencegah masuknya radikal bebas. Apalagi, bunga ini juga diketahui memiliki sifat anti-karsinogenik atau anti kanker.

  • Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Kelopak bunga marigold ternyata dapat kamu gunakan untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Kamu bisa menyeduh kelopak bunga tersebut seperti membuat teh. Kelopak bunga ini diyakini bisa membersihkan racun yang masuk ke dalam tubuh, terutama racun yang berada dalam hati serta kantung empedu. 

  • Mengobati Demam dan Sakit Tenggorokan

Siapa sangka, bunga marigold juga bisa mengatasi masalah demam dan sakit tenggorokan. Kamu bisa mengobati sakit tenggorokan atau radang dengan cara berkumur menggunakan air bunga marigold. Lakukan hal ini dengan rutin sebanyak 3 kali sehari.

  • Melembabkan Kulit

Kulit lembab adalah idaman banyak wanita. Kamu bisa melembabkan kulit dengan menggunakan bunga marigold. Jadikan bunga ini bertekstur seperti minyak, lalu oleskan minyak tersebut setiap hari pada wajah. Dengan demikian kamu akan mendapatkan wajah yang lembab serta kenyal.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Bunga marigold juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti penderita gastritis, tukak lambung, atau kanker perut. Konsumsilah teh bunga marigold secara rutin untuk mengatasi masalah pencernaan yang kamu alami. Teh ini diyakini dapat menjadi alternatif pengobatan dari semua penyakit tersebut.

Nah, itulah arti bunga marigold dan juga manfaatnya untuk kesehatan. Buat kamu para pecinta bunga, jangan lupa ya untuk menanam bunga ini di rumah kamu. 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP