Arti Bacaan Masya Allah dan Subhanallah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
23320-subhanallah
Daftar Topik

Selama ini ternyata kita sudah salah menggunakan kalimat masya Allah dan subhanallah. Kedua kalimat tersebut memang sangat sering diucapkan oleh kebanyakan orang muslim. Akan tetapi terkadang suka salah tempat pengucapan kedua kalimat tersebut dan tak jarang tertukar.

Nah, jadi sebenarnya pengucapan yang benar antara subhanallah dan Masya Allah serta artinya? Berikut akan dijelaskan secara lengkap.

Kapan Mengucapkan Masya Allah?


Masya Allah jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu “apa yang dikehendaki Allah maka akan terjadi”. Namun kalimat Masya Allah sendiri dapat diterjemahkan menjadi 2 terjemahan yaitu “inilah yang Allah inginkan” dan atas “apa yang Allah kehendaki, maka akan terjadi”. Dengan demikian, jika kita melihat hal-hal yang menakjubkan mereka kita mengucapkan Masya Allah yang berarti kita sadar dan juga menetapkan bahwasannya hal yang menakjubkan itu terjadi hanya karena kuasa Allah.

Kapan Mengucapkan Subhanallah?


Pengucapan kalimat subhanallah yang ada beberapa keadaan melakukan seperti:

  • Saat keheranan pada suatu sikap

Keheranan dalam hal ini yaitu bukan heran pada fisik ataupun harta dan lain sebagainya yang dimiliki oleh seseorang. Akan tetapi keheranan yang dimaksud yaitu heran pada suatu sikap. Misalnya seperti terlalu aneh, terlalu bodoh, terlalu kaku dan seterusnya.

Misalnya kasus yang terjadi di bawah ini:

pada kasus pertama bahwa Abu hurairoh pernah bertemu dengan Rasulullah SAW dengan kondisinya masih junub. Kemudian Abu Hurairah pun pamit pergi untuk mandi. Selanjutnya setelah Abu Hurairah kembali, lalu Rasulullah SAW bertanya kepadanya mengapa engkau tadi pergi. Lalu Abu Hurairah menjawab “saya junub dan saya tidak suka jika duduk bersama engkau saat keadaan tidak suci”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda:

سُبْحَانَ اللَّهِ إِنَّ الْمُسْلِمَ لاَ يَنْجُسُ

Subhanallah sesungguhnya seorang muslim itu tidaklah najis (HR Bukhari 279)

Kemudian dalam kasus kedua yaitu ada seorang wanita datang kepada Rasulullah dan menanyakan bagaimana caranya untuk membersihkan bekas haid sesudah selesai suci. Kemudian Rasulullah SAW menyarankan “ambillah kapas dan berilah minyak wangi di atasnya lalu bersihkan”.

Wanita tersebut katanya kembali “Lalu bagaimana caranya untuk membersihkannya?” kemudian Rasulullah merasa malu untuk menjawabnya secara detail dan membuat beliau hanya mengatakan:

سُبْحَانَ اللَّهِ تَطَهَّرِى بِهَا

Subhanallah ya tinggal bersihkan saja menggunakan kapas tersebut

Kemudian Aisyah pun paham dengan yang dimaksud Rasulullah SAW dan Aisyah langsung menarik wanita tersebut untuk mengajarinya membersihkan darah setelah haid (HR Bukhari 314 dan Muslim 774)

Selanjutnya kasus ketiga yaitu Aisyah pernah ditanya oleh seseorang “Apakah Rasulullah SAW pernah melihat Allah SWT?” kemudian Aisyah langsung berkata

سُبْحَانَ اللَّهِ لَقَدْ قَفَّ شَعْرِى لِمَا قُلْت

Subhanallah, bulu romaku merinding ketika mendengar mu mengucapkan itu (HR Muslim 459)

Lalu an-nawawi mengatakan

أن سبحان الله في هذا الموضع وأمثاله يراد بها التعجب وكذا لااله إلا الله ومعنى التعجب هنا كيف يخفى مثل هذا الظاهر الذي لايحتاج الإنسان في فهمه إلى فكر وفي هذا جواز التسبيح عند التعجب من الشيء واستعظامه

Bahwasanya ucapan subhanallah saat kondisi semacam itu maksudnya yaitu suatu keheranan dari seseorang kepada orang lain. Demikian juga ketika mengucapkan kalimat lailahaillallah. jadi makna dari barang yang di sini yaitu bagaimana mungkin sesuatu yang sudah jelas tapi ia tidak mengetahuinya. Padahal seorang harusnya bisa paham tanpa harus memikirkan Nya dengan serius. Kemudian dalam hadits ini ada dalil yang membolehkan membaca tasbih saat terheran-heran pada sesuatu ataupun mendoa menganggap penting suatu kasus tertentu. (Syarh Shahih Muslim, 4/14)

  • Keheranan saat ada sesuatu besar yang terjadi

Mengucapkan subhanallah yang selanjutnya yaitu ketika keheranan saat ada sesuatu besar yang tengah terjadi. Misalnya ketika melihat kejadian yang sangat luar biasa. Rasulullah SAW sering tersentak bangun dari tidur malamnya yang dikarenakan heran ketika melihat sesuatu besar yang terjadi yaitu ada yang turun dari langit.

Dari Ummu Salamah ra bahwa suatu malam pernah Rasulullah SAW terbangun dari tidur malamnya

سُبْحَانَ اللَّهِ مَاذَا أُنْزِلَ اللَّيْلَةَ مِنَ الْفِتَنِ

“Subhanallah betapa banyaknya fitnah yang telah turun malam hari ini”. (HR Bukhari 115)

Terangkan dalam kasus lain juga beliau pernah terheran-heran saat melihat sebuah ancaman besar yang datang dari langit terutama bagi orang-orang yang memiliki hutang.

Dari Muhammad bin Jahsy ra “suatu ketika Rasulullah SAW pernah melihat ke arah langit dan bersabda

سُبْحَانَ اللَّهِ مَاذَا نُزِّلَ مِنَ التَّشْدِيدِ

“Subhanallah, sungguh beratnya ancaman yang sedang diturunkan….”

Setelah itu keesokan harinya saya menanyakan hal tersebut kepada Rasulullah SAW “ya Rasulullah, ancaman berat apa yang sedang diturunkan?

Rasulullah SAW menjawab,

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَوْ أَنَّ رَجُلاً قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ أُحْيِىَ ثُمَّ قُتِلَ ثُمَّ أُحْيِىَ ثُمَّ قُتِلَ وَعَلَيْهِ دَيْنٌ مَا دَخَلَ الْجَنَّةَ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ دَيْنُهُ

“Demi Allah yang jiwa ragaku ada di tanganNya. Andai saja ada seseorang yang mati terbunuh di jalan Allah, Kemudian dia dihidupkan lagi dan terbunuh lagi di jalan Allah, lalu dia dihidupkan lagi lalu terbunuh kembali d jalan Allah sedangkan ia masih punya hutang, maka ia tidak akan bisa masuk surga hingga hutang-hutangnya dilunasi.” (HR Nasa’i 4701 dan Ahmad 22493)

Kemudian Ali Qari berkata Rasulullah SAW mengucapkan kalimat subhanallah itu dikarenakan takjub atau heran saat melihat suatu peristiwa yang besar turun dari langit.

Nah, jadi itulah yang wajib kita ketahui dalam pengguna kalimat Masya Allah dengan subhanallah beserta artinya. Semoga  bisa diambil manfaat dan pelajarannya.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP