Fungsi Arrester yang Wajib Kamu Ketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
3. Arrester
Daftar Topik

Arrester. Bagi para pemilik rumah, tentunya sudah tidak asing dengan instalasi listrik di rumah yang menjamin ketersediaan aliran listrik untuk berbagai perangkat elektronik rumahan seperti lampu, AC, hingga alat masak seperti penanak nasi ataupun blender. Instalasi listrik ini menjadi salah satu bagian rumah yang memerlukan perhatian khusus karena perannya yang begitu penting. Jika ada kerusakan pada instalasi listrik ini, hampir semua kegiatan anggota keluarga di rumah pasti akan terganggu, mulai dari kegerahan karena pendingin ruangan yang mati hingga tidak dapat mengakses internet dari Wi-Fi rumah yang routernya butuh tersambung dengan aliran listrik. 

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada instalasi listrik rumah adalah adanya lonjakan tegangan. Lonjakan tegangan ini bisa terjadi karena beragam faktor, mulai dari sambaran petir, permasalahan pada pembangkit yang menyebabkan over voltage, adanya korsleting atau hubung singkat, hingga lonjakan tegangan listrik yang diakibatkan terjadinya switching atau bisa disebut juga dengan penyalaan. Adanya lonjakan tegangan ini berakibat sangat fatal pada aneka ragam peralatan listrik serta alat-alat elektronik yang kita gunakan di rumah. Hal ini dikarenakan peralatan listrik dan alat-alat elektronik tersebut sangat sensitif terhadap aliran listrik, sehingga bila terjadi lonjakan tegangan secara tiba-tiba maka hal ini dapat merusak peralatan listrik dan alat-alat elektronik tersebut. 

Apa itu Arrester

1. Instalasi listrik

Oleh sebab itu, untuk mencegah adanya kerusakan pada peralatan listrik dan aneka alat elektronik yang kita miliki di rumah, maka dibutuhkan suatu alat yang khusus dapat mencegah terjadinya lonjakan tegangan. Alat ini bernama surge arrester, atau yang lebih sering disebut dengan arrester saja. Arrester ini berfungsi untuk melindungi baik instalasi listrik, peralatan listrik, ataupun alat elektronik ketika terjadi lonjakan tegangan atau kelebihan tegangan/over voltage. Arrester mampu mengalirkan lonjakan tegangan listrik menuju ke bumi, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada beragam peralatan listrik ataupun alat elektronik. 

Arrester dapat digunakan dengan cara memasangnya pada sumber listrik utama. Ini merupakan hal yang wajib dilakukan, agar mampu berfungsi optimal dalam memfilter aliran listrik yang dialirkan ke berbagai peralatan listrik di rumah untuk perlindungan dan pencegahan terjadinya kerusakan. Arrester ini baru akan bekerja ketika terjadi tegangan mengalir yang tiba-tiba melonjak hingga besar tegangannya melebihi ambang batas toleransi dari sebuah tegangan normal. Bila tegangan di instalasi listrik masih berada di nilai normal, maka benda ini tentu tidak akan bekerja. Saat terjadi lonjakan tegangan, maka secara otomatis arrester akan bekerja untuk mengalirkan kelebihan tegangan tersebut menuju pentanahan atau bumi (arde). Agar dapat berfungsi secara optimal dan baik maka kamu perlu memastikan bahwa bagian grounding atau arde sudah terpasang dengan benar, dan ukuran tahanannya kurang dari 2 ohm. 

Manfaat Arrester

Ketika arrester ini bekerja mengalirkan kelebihan tegangan listrik menuju bumi, maka terjadi lonjakan arus yang sangat besar. Peristiwa ini kurang lebih sama halnya dengan adanya kejadian kebocoran arus listrik yang menuju bumi. Lonjakan arus yang terjadi akibat kelebihan tegangan yang dialirkan ke bumi memicu pengaman arus lebih yang dipasang sebelum memasan arrester, menjadi bekerja untuk memutus aliran dari listrik utama.

Ilustrasi_listrik

Jadi, ketika suatu instalasi listrik sudah dipasangi alat arrester ini, saat terjadi lonjakan tegangan listrik maka secara otomatis alat pengaman arus yang dipasang akan bekerja secara aktif untuk memutus arus listrik secara langsung dari sumber utama. Sehingga, lonjakan tegangan listrik atau kelebihan tegangan ini tidak akan sampai mengalir ke beragam peralatan listrik ataupun alat-alat elektronik rumah tangga, karena arrester melakukan fungsi pencegahan dengan mendeteksi lonjakan tegangan listrik ini dan mengalirkannya ke bumi. 

Yang harus diperhatikan saat memasang Arrester

Bagi kamu yang tertarik untuk memasang ini di rumah, terdapat beragam jenis, model, serta ukuran dari arrester atau surge arrester yang tentunya harus disesuaikan dengan fungsi, ukuran, serta pemasangannya. Mengingat betapa pentingnya perannya ini dalam mencegah terjadinya kerusakan pada aneka peralatan listrik dan juga alat-alat elektronik rumah tangga, maka sangat disarankan untuk memasangnya pada instalasi listrik di rumah. Jika kamu memutuskan untuk membeli sebuah arrester, maka ada banyak hal yang wajib diperhatikan.

3. Arrester

Pertama, tentunya kamu harus menyesuaikan jenis atau model arrester yang digunakan agar kompatibel ketika dipasang di instalasi listrik rumah. Untuk memastikan hal ini, kamu dapat menanyakannya pada ahli listrik yang kamu kenal. Saat membeli arrester, pastikan kamu membeli jenis atau model yang tepat dengan mengonfirmasinya pada petugas toko yang biasanya dibekali dengan pengetahuan terkait produk. Jika tak sempat pergi ke toko dan memutuskan untuk membeli secara online di marketplace, maka pastikan kamu memilih marketplace dan penjual yang terpercaya. Cermati deskripsi produk agar tak salah membeli jenis arrester, dan jangan melewatkan untuk membaca review dari pelanggan agar tidak terkecoh.

Kedua, pastikan membelinya yang benar-benar berkualitas baik alih-alih sekedar memiliki harga yang lebih murah. Hal ini karena terkait dengan kualitas yang baik tentu akan lebih awet serta berfungsi secara maksimal, sehingga kamu tak perlu boros mengeluarkan budget lebih untuk membelinya berkali-kali. Terutama jika kamu memiliki alat elektronik yang bernilai mahal seperti misalnya komputer, pendingin ruangan, timbangan listrik digital, ataupun memiliki peliharaan bernilai tinggi seperti ikan-ikan mahal yang filter udara di airnya harus selalu menyala dengan aliran listrik stabil, maka jangan berpikir dua kali untuk memasang arrester yang berkualitas baik. 

Baca juga:

6 Steker Listrik yang Bagus dan Awet

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA