5 Aplikasi Text to Speech Terbaik untuk Android

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
talk free
Daftar Topik

Aplikasi text to speech terbaik. Di era modern ini, kamu tidak perlu lagi beralasan tidak punya waktu untuk membaca buku yang kamu suka atau berita yang sedang hangat. Bahkan kamu bisa menyerap informasi di atas kapan saja dan dimana saja, ketika kamu sedang menyetir, naik angkutan umum, mengerjakan pekerjaan rumah, kapanpun dan dimanapun. Wawasanmu akan tetap luas dan tidak perlu lagi ketinggalan informasi karena kamu bisa membaca dengan aplikasi text-to-speech. Waduh, apa tuh aplikasi text-to-speech? Aplikasi ini cocok banget buat kamu yang multitasking. Kalau kamu belum tahu apa sih itu aplikasi text-to-speech, yuk, simak informasi di bawah ini.

Apa itu Aplikasi Text-to-Speech?

Aplikasi text-to-speech merupakan aplikasi yang memungkinkan untuk mengubah teks bacaan menjadi suara. Jadi, kalau kamu lagi ingin baca buku atau berita terhangat tapi juga sibuk kerja, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membaca buku dan berita. Kamu tidak perlu meluangkan waktu, lalu berdiam diri untuk membaca suatu teks. Dengan aplikasi ini, kamu tetap bisa memperoleh informasi hanya dengan mendengarkan karena aplikasi ini memungkinkan untuk mengubah suatu teks menjadi audio yang dapat kamu dengarkan sembari kamu mengerjakan hal lain.

Fitur text-to-speech sebenarnya sudah dipakai sejak tahun 1990 untuk komputer desktop. Seiring berjalannya waktu dan teknologi berkembang serta semakin canggih, fitur ini ditambahkan ke dalam perangkat elektronik yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Ada berbagai teknologi yang telah dilengkapi dengan fitur text-to-speech, contohnya jam tangan, kalender, termometer, navigasi GPS, bahkan buku yang dapat mengeluarkan suara seolah-olah sedang berbicara. Canggih, bukan? Dan fitur ini bisa jadi solusi buat kamu yang suka multitasking. Mau tahu apa saja sih aplikasi text-to-speech yang terbaik untuk android? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Aplikasi Terbaik Text-to-Speech untuk Android

Ada banyak sekali aplikasi text-to-speech yang dapat kamu unduh di Play Store. Berikut kamu bisa memilih aplikasi text-to-speech terbaik untuk diunduh.

  • Google Text-to-Speech
    1. Google TTS

    Google Text-to-Speech merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC. Aplikasi ini dapat membaca teks di layar ponselmu dengan keras. Fitur ini dapat digunakan di berbagai aplikasi, seperti Google Play Book, Google Terjemahan, Aplikasi aksesibilitas dan TalkBack serta aplikasi lainnya dari Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengunduh, kemudian buka Setelan > Bahasa & Masukan > Keluaran Text-to-speech.
    Pilih Mesin Google Text-to-speech sebagai mesin pilihan. Jangan lupa juga untuk cek update terbaru aplikasi ini supaya aplikasi yang kamu gunakan menjadi semakin baik. Dalam versi terbaru Google Text-to-Speech, sekarang kamu bisa membaca untuk teks berbahasa Estonia, Rumania, dan Slovakia serta ada berbagai penyempurnaan lainnya pada suara.

  • @Voice Aloud Reader (TTS Reader)
    2. Voice Aloud Reader

    @Voice Aloud Reader (TTS Reader) adalah aplikasi text-to-speech lain yang bisa kamu unduh. Aplikasi ini dikembangkan oleh Hyperionics Technology. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membaca dengan suara keras berbagai halaman web, artikel berita, email yang panjang, e-book dengan tipe file TXT, PDF, DOC,  DOCX, RTF, OpenOffice documents, EPUB, MOBI, PRC, AZW, FB2, dan masih banyak lagi.
    Kamu bisa membaca on-screen atau mendengarkan teks ketika matamu merasa lelah atau kamu sibuk dengan kegiatan lain.
    Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, seperti menyimpan artikel untuk didengarkan nanti, membaca e-book dengan format asli, dapat membaca keras teks vertikal berbahasa Mandarin dan Jepang atau menggantinya dengan teks vertikal, dan masih banyak lagi.

  • Narrator’s Voice
    3. Narrator's Voice

    Aplikasi yang satu ini begitu unik karena kamu bisa mengubah suaranya menjadi suara narator yang kamu inginkan. Narrator’s Voice adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Escolha Technologia. Aplikasi ini dapat berbicara dengan berbagai suara dan bahasa, serta mengubah teks ke suara dengan mudah. Cara memakainya, kamu mengucapkan atau mengetikkan pesan, lalu kamu bisa pilih sendiri bahasa, suara, dan efek spesial supaya suaranya meyakinkan dan enak didengar. Audio yang sudah kamu edit bisa juga kamu bagikan sesuka hatimu.
    Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi ini adalah fitur video yang memungkinkan narator menjelaskan atau mengomentari tayangan yang ditampilkan pada layar. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin menambahkan audio ke video YouTube. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk tayangan foto, slide, proyek e-learning, atau proyek lain yang membutuhkan komentar atau penjelasan. Kamu bisa menyimpan audio dalam format MP3 atau video MP4 dan membagikannya di media sosial.

  • Talk FREE – Text to Voice – Read aloud
    talk free

    Aplikasi Talk Free adalah aplikasi text-to-speech yang dikembangkan oleh Abast Multimedia. Aplikasi ini memungkinkan untuk ponselmu menyuarakan apa yang kamu ketik. Aplikasi ini juga memungkinkanmu berbicara dengan berbagai bahasa. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyimak ketika ponselmu membacakan berita. Kamu bisa mendengarkan halaman web dengan memindahkannya ke dalam aplikasi ini. Ada juga fitur play, pause, dan stop serta kamu bisa mengekspor audio dalam format WAV. Kamu bisa mengganti bahasa sesuai dengan bahasa yang kamu mau di aplikasi ini.

  • T2S: Text to Voice – Read Aloud
    5. T2S

    Dengan aplikasi yang dikembangkal oleh HE SOFT ini, ponselmu bisa membaca dengan keras teks dan halaman web serta mengkonversi teks menjadi file audio. Adapun fitur-fitur dalam aplikasi ini, misalnya kamu dapat membuka file dalam format ePub atau PDF dan ponselmu akan membacakannya secara keras. Ponselmu juga dapat membacakan dengan keras apa yang kamu ketik. 

Itulah 5 aplikasi text to speech terbaik yang dapat kamu gunakan agar ponselmu bisa membaca keras suatu teks. Sekarang, kamu bisa membaca apapun, kapanpun, dan dimanapun. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca juga:

Inilah Penyebab Headset Tidak Terdeteksi di Laptop Beserta Solusinya

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP