10 Aplikasi Benchmark PC Terbaik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
MSI Afterburner
Daftar Topik

Aplikasi benchmark pc. Apa kamu baru saja meng-upgrade komponen komputer kamu seperti CPU, GPU, RAM atau memory? Setelah melakukan upgrade, apa kamu sudah memeriksa skor benchmark nya? Untuk mengetahui performa komputer kamu setelah diupgrade, kamu butuh sebuah software benchmark untuk tahu kemampuan komputer kamu. Software benchmark ini bukan lah sesuatu yang baru, sudah banyak sekali yang telah menggunakannya, terutama para konten creator rakit pc yang ada di Youtube. Mereka akan menggunakan score benchmark untuk mengukur seberapa tangguh komputer yang telah di rakit.

Terdapat banyak sekali tipe benchmark yang bisa kamu lihat dan coba untuk PC, seperti detail PC secara umum, Benchmark CPU, dan Benchmark GPU atau VGA. Artikel ini akan membahas mengenai beberapa software terbaik untuk benchmark PC yang sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Benchmark Performa Umum Keseluruhan

Software pertama akan dijelaskan merupakan software yang diperlukan untuk mengetahui segala informasi mengenai PC yang kamu rakit atau beli. Saat melakukan rakit atau beli sebuah PC, kamu memerlukan beberapa informasi seperti tentang suhu CPU, info Motherboard, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan software benchmark yang bisa melihat keseluruhan komponen PC, antara lain:

1. HWMonitor

Software yang satu ini tidak hanya bisa mengetahui komponen apa saja yang komputer kamu gunakan, akan tetapi juga bisa melihat dan memonitor suhu temperatur pada hardware yang ada. Mengecek suhu komponen komputer merupakan hal yang penting diketahui, karena jika komputer kamu memiliki panas yang tidak wajar, maka komputer akan mati atau rusak. 

2. Speccy

speccy

Software yang satu ini akan mengetahui informasi keseluruhan perangkat keras atau hardware yang kamu gunakan pada komputer kamu. Kamu juga bisa mengetahui lebih rinci dengan klik pada menu yang sudah disediakan. 

3. CPU-Z

CPU-Z

CPU-Z juga akan bisa memberikan semua informasi spesifikasi perangkat keras yang ada pada komputer kamu. Kamu juga bisa mendaparkan informasi mengenai spesifikasi rinci untuk Motherboard, RAM, VGA, dan lain sebagainya. Untuk benchmarking, kamu tinggal pilih tab menu bernama Bench dan kemudian klik Start.

4. Fraps

Fraps

Software Fraps ini merupakan alat pembanding FPS yang sering  digunakan para gamer. Para gamer bisa dengan mudah menggunakan software ini untuk menampilkan FPS saat bermain game atau untuk meguji performa komputer saat sedang bermain game. Fraps juga merupakan software yang sering digunakan oleh para konten creator di Youtube untuk mengetahui kemampuan komputer kamu berdasarkan FPS yang didapatkan. 

5. SiSoftware Sandra Lite

SiSoftware Sandra Lite

Software yang satu ini merupakan yang terlengkap dibandingkan software benchmark yang lainnya. Pada software ini, kamu bisa menentukan secara rinci benchmark komputer kamu untuk keperluan seperti apa, karena sebenarnya terdapat banyak pilihan benchmark yakni benchmark untuk Mining, Render Grafis, Gaming dan lain-lain. Pada SiSOftware Sandra Lite ini juga bisa mengukur bandwidth komputer jaringan kamu. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan score benchmarkCPU danVGA kamu secara online, agar kamu bisa mengetahui perbedaannya. 

Benchmark CPU

Benchmark CPU digunaakan tidak hanya untuk mengukur skor benchmark pada prosesor atau CPU saja, tapi juga bisa untuk membandingkan CPU lain. Yang perlu kamu ketahui adalah tidak semua skor sama persis antara software benchmarking satu dengan yang lainnya. Semua tergantung dari faktor lain seperti motherboard, suhu, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah software benchmark yang terbaik yang telah dipilih berdasarkan kualitasnya, adalah:

1. CineBench

Cinebench

CineBench merupakan software yang digunakan untuk mengukur score benchmark CPU processor dengan cara render 3d. Dengan menggunakan software buatan Maxon ini, kamu bisa menegetahui skor CPU kamu dan melihat peringkat prosesor yang lainnya di dalam software CineBench ini. Namun sebenarnya, software ini lebih cocok digunakan untuk mengetes performa prosesor dan stress test prosesir, karena cara kerjanya memberikan beban yang berat terhadap prsesor. 

2. RealBench

Realbench

Software yang satu ini merupakan sofrware lain untuk benchmarking CPU. RealBench dibuat oleh ROG, dan menggunakan banyak metode untuk tes kemampuan CPU yang salah satunya adalah render video dan multitasking. 

Benchmark GPU / VGA

Untuk Benchmark GPU atau VGA sebenarnya hampir mirip seperti CPU, skor akan diperoleh dari kemampuan kecepatan clock, suhu dan lain sebaginya. Software yang sering digunakan untuk benchmasrking GPU atau VGA adalah seperti:

1. Suite Unigine

Suite Unigine

Software yang selanjutnya ini merupakan software benchmarking untuk kartu grafis yang  paling baik. Suite Unigine ini menguji dengan maksimal untuk memdapatkan hasil yang maksimum. 

2. MSI Afterburner

MSI Afterburner

MSI Afterburner ini digunakan untuk melakukan overclock dan memonitor software di dalam satu program. Sofware ini tidak hanya untuk VGA MSI saja, namun MSI Afterburner ini bisa juga untuk benchmarking VGA yang kamu pakai. MSI Afterburner akan melacak grafis, suhu, penggunaaan RAM, hingga penggunaan CPU. Kelebihan dari software ini adalah kamu atau pengguna bisa menyimpan pengaturan overclocknya, jadi, saat komputer kamu nyalakan dan software ini aktif, maka pengaturan overclock akan tersetting secara otomatis seperti yang sudah disimpan sebelumnya. 

3. Suite FutureMark

Suite FutureMark

Suite FutureMark merupakan software benchmark yang paling sering digunakan oleh para konten creator Youtube untuk menguji VGA kartu grafis yang mereka miliki. Kamu juga bisa menggunakannya dengan demo gratis steam atau bisa juga dengan langsung membelinya. 

Itulah 10 aplikasi benchmark pc yang bisa digunakan. Kamu bisa memilih diantara aplikasi benchmark pc di atas, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan komputer kamu. Selamat mencoba ya!

Baca juga:

Inilah Penyebab Headset Tidak Terdeteksi di Laptop Beserta Solusinya

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP