Apakah yang Akan Terjadi Bila Seseorang Terinfeksi Virus?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Apakah-yang-Akan-Terjadi-Bila-Seseorang-Terinfeksi-Virus[1]
Daftar Topik

Tahukah Anda apa itu penyakit HIV ? HIV adalah Human Immunodeficiency Virus sejenis penyakit yang sangat berbahaya dan sangat mematikan. Human Immunodeficiency Virus atau HIV ini adalah penyakit yang terjadi akibat terserang virus. Virus ini menyerang system imun seseorang. Awal kali seseorang mengalami penyakit ini, sangat sulit membedakan gejalanya hal ini karena gejala awal dari penyakit ini tidak jauh beda dengan penyakit pada umumnya. Umumnya penderita HIV ini mengalami keterlambatan penanganan karena gejalanya yang biasa dianggap terkena penyakit lainnya.

Umumnya, jika seseorang positif mengalami HIV positif terinveksi virusnya maka dalam jangka waktu satu sampai dua bulan 40 % hingga 90 % ia hanya akan mengalami flu seperti biasa. Padahal sebenarnya flu ini merupakan sindrom retroviral akut atau Acute Retroviral Syndrome atau ARS. Biasanya gejala penyakit HIV ini pada seseorang tidak muncul sampai bertahun – tahun lamanya bahkan sampai 1 masa setelah virus tersebut menginfeksi. Wajar saja, kerap kali kasus HIV ini mengalami keterlambatan dalam pengobatan. Agar tidak sampai hal tersebut terjadi, melakukan check up secara rutin sangatlah penting. Khususnya untuk pelaku seks tanpa menggunakan kondom atau melakukan hubungan intim dengan orang yang berbeda – beda atau orang yang menggunakan narkotika lewat jarum suntik.

Tanda–tanda Terserang Virus HIV

Bagi Anda pelaku seks tanpa menggunakan kondom atau melakukan hubungan intim dengan orang yang berbeda–beda atau orang yang menggunakan narkotika lewat jarum suntik. Anda wajib tahu apa saja tanda–tanda seseorang terserang virus mematikan HIV.

  • Tubuh akan terserang demam dan rasa kelelahan yang sangat dahsyat (payah). Pada saat terserang demam ini, virus mulai mengalami pergerakan menuju ke aliran darah dalam tubuh dan mulai melakukan perkembangan sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada system imun seseorang.
  • Sangat lelah, adanya respon dari peradangan ini membuat tubuh menjadi lesu, lemah dan letih. Bahkan pada saat Anda hanya melakukan aktivitas yang cukup ringan namun yang akan Anda rasakan adalah kelelahan yang amat sangat lelah layaknya melakukan aktivitas yang berat.
  • Sakit pada tenggorokan dan kepala. Biasanya yang paling umum dijumpai adalah seseorang akan mengalami sariawan di mulutnya dan juga di bagian alat vitalnya, baik laki – laki ataupun perempuan.
  • Mengalami diare, mual dan muntah, sekitar 30% hingga 60% orang yang terkena virus HIV akan mengalami diare, mual dan muntah. Gejala ini muncul akibat adanya efek samping dari obat yang di konsumsi sebelumnya.
  • Berat badan seseorang akan mengalami penurunan yang tidak terkira atau secara drastic, berat badan mengalami penurunan adalah hal yang biasa, namun dalam waktu singkat berat badan mampu turun secara drastic inilah yang patut dicurigai. Penurunan berat badan ini diakibatkan oleh system imun dalam tubuh yang sudah mulai mengalami kerusakan atau menurun.
  • Pada malam hari tubuh akan mengeluarkan keringat. 50% pasien yang terserang HIV akan berkeringat parah pada malam hari. Keringat yang terjadi ini bukan karena berolahraga, melainkan efek dari infeksi virus.
  • Terserang batuk kering yang tak berujung. Umumnya seseorang banyak yang menganggap awal gejala terserang virus HIV ini seperti halnya flu biasa apalagi disertai batuk. Akan tetapi, apabila batuk tak kunjung usai maka suatu tanda awal infeksi pada tubuh orang tersebut mulai menyebar. Bahkan obat terbaik untuk batuk pun tidak akan bisa menyembuhkan jenis batuk ini.
  • Perubahan pada warna kuku dan wujud kuku. Kuku jari akan mengalami penebalan menjadi terpisah dengan kulit warnanya menjadi hitam dan kecoklatan. Hal ini disebabkan adanya infeksi jamur yang menyerang.
  • Kerapkali merasa mati rasa atau kesemutan, apabila hal ini sudah seringkali dirasakan maka bisa dipastikan bahwa ia telah terinfeksi virus dalam skala kronis. Hal ini biasanya ditemukan pada tangan dan kaki.

Tidak Bisa Berkonsentrasi

Seseorang yang sudah positif terjangkit virus HIV ini aka sulit menentukan focus, atau melakukan konsentrasi pada satu hal yang akan dikerjakan. Umumnya ia akan menjadi seperti orang yang sedikit bingung atau linglung.

Nah, itulah beberapa tanda – tanda seseorang yang terserang virus HIV. Sangat sulit memang membedakan gejala awalnya dengan flu pada umumnya, meskipun begitu Anda masih bisa mengantisipasinya yakni dengan menghindari hal – hal yang bisa menjadi pemicu tersebarnya virus HIV tersebut. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP