Apakah Penderita Parkinson Tetap Bisa Produktif?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf. Gejalanya ditandai dengan gangguan gerakan. Misalnya saja tangan gemetar meskipun sedang istirahat atau tidak melakukan aktivitas apapun. Penderita Parkinson kerap kesulitan mengontrol pergerakan dan mengalami kekakuan otot, khususnya motorik.

Seperti halnya dipaparkan dr. Herianto, SpS, Dokter Spesialis Syaraf Eka Hospital BSD, gangguan gerak motorik ditandai dengan gejala paling utama adalah gemetar (dalam istilah medis disebut tremor) saat istirahat, kesulitan saat bergerak atau kekakuan otot, dan kecepatan gerak menjadi terhambat sehingga pergerakan jadi terpatah-patah. Gejala Parkinson yang parah adalah hilangnya kemampuan untuk mempertahankan keseimbangan badan, seperti tidak bisa berdiri tegak, duduk membungkuk dan gampang terjatuh.

Menurut Herianto, terjadinya Parkinson lantaran sel-sel pada ganglia basalis di dalam syaraf otak mengalami kemunduran. Ini berakibat pada pembentukan dopamine berkurang dan hubungan dengan sel saraf dan otot lainnya jadi lebih sedikit.

Parkinson dibedakan menjadi dua kelompok besar, yakni parkinson disease dan parkinson neureseum. “Parkinson Disease diakibatkan kemunduran otak murni karena faktor usia dan genetik. Biasanya Parkinson terjadi pada umur di atas 60 tahun. Tapi bila dikarenakan adanya gen tertentu, Parkinson bisa terjadi pada usia lebih muda, sebut saja 40 tahun. Sedangkan Parkinson neureseum disebabkan tumor, stroke, gangguan aliran darah ke otak dan juga bisa karena keracunan zat atau obat-obatan tertentu,” terang Herianto.

Parkinson tidak bisa disembuhkan 100 persen. Tapi banyak upaya yang dapat dilakukan guna mengurangi dan menghambat terjadinya gemetar pada pasien. Herianto menuturkan, penderita Parkinson dapat ditangani dengan dua cara, yaitu dengan pemberian obat yang berguna untuk mengurangi gemetar sehingga pasien tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Dan bagi penderita yang sudah parah, perlunya dilakukan prosedur operasi tertentu guna mengurangi cetusan listrik berlebih di satu titik dalam otak.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA