Apakah Kita Butuh Minuman Elektrolit?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Apakah Kita Butuh Minuman Elektrolit
Daftar Topik

Ketika kita berolahraga, kita akan kehilangan cairan tubuh dan harus diganti sesegera mungkin karena hampir 80% dari tubuh manusia terdiri dari cairan dan merupakan elemen penting pembentuk sel tubuh. Yang sering dijumpai adalah kita mengganti cairan tubuh ini menggunakan minuman elektrolit. Sebenarnya, apa sih fungsi elektrolit bagi tubuh kita?

Apa Itu Elektrolit?

Elektrolit adalah ion yang membawa muatan listrik yang bergerak keluar masuk sel. Elektrolit ini berfungsi sebagai penjaga tekanan osmotik tubuh, pengatur distribusi cairan ke kompartemen badan air (body’s fluidcompartement), penjaga pH tubuh, sebagai elemen penting dalam proses reaksioksidasi dan reduksi, dan ikut berperan dalam setiap proses metabolisme.

Ada beberapa jenis elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar tubuh kita dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya. Diantaranya adalah Kalium, Kalsium, Klorida dan Magnesium. Elektrolit-elektrolit ini sangat berperan sangat penting terutama untuk otak kita, menghantarkan impuls syaraf, baik untuk otot, dan untuk pembuatan jaringan baru.

Cara Kerja Elektrolit

Salah satu cara kerja elektrolit sesederhana mungkin adalah dimulai dari otak kita yang mengirimkan sinyal melalui neuron ke bagian-bagian tubuh, seperti ke otot. Misalkan otot bisep anda atau otot paha anda. Dan agar anda dapat bergerak dengan baik, tubuh anda butuh salah satu dari elektrolit yaitu ion kalsium. Ion kalsium tersebut mengalir ke dalam serat otot, sehingga otot dapat berkontraksi dengan baik.

Cara elektrolit bekerja sebenarnya lebih rumit daripada itu. Cara kerja elektrolit itu melibatkan potensial aksi, kemudian neurotransmitter, asetilkolin, dan sebagainya sampai otot tersebut bisa bergerak.

Apa yang Akan Terjadi Apabila Kadar Elektrolit di dalam Tubuh Kita Tidak Cukup?

Ketika kekurangan kadar elektrolit, maka organ-organ tubuh kita tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Misal, otak anda memerintahkan anda untuk bergerak, untuk mengangkat suatu benda, tetapi karena kadar elektrolit kalsium anda tidak cukup, maka otot anda akan mengalami kelemahan sehingga tidak bisa mengangkat benda tersebut dengan baik.

Dibandingkan dengan meminum air ‘kosong’, jauh lebih baik meminum air yang mengandung elektrolit. Itulah alasan mengapa mereka yang habis berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat jauh lebih membutuhkan minuman elektrolit. Karena pada saat mereka mengeluarkan banyak keringat, elektrolit pun ikut keluar dari dalam tubuh mereka.

Jenis-Jenis Elektrolit

Ada beberapa elektrolit dengan fungsinya masing-masing:

1. Kalium

Kekurangan kalium bisa terjadi akibat sering mengkonsumsi alkohol atau sering muntah, apalagi minum alkohol lalu muntah. Hal ini juga secara bersamaan dapat mengurangi jumlah kalium di dalam tubuh anda. Lalu, apa yang terjadi jika kadar kalium di dalam tubuh rendah?

Pada kasus yang parah, dapat terjadi cardiac arrest atau hilangnya fungsi jantung. Pada kasus yang tidak parah, yaitu denyut jantung berdetak lebih cepat dan tidak beraturan.

2. Natrium

Kadar natrium adalah garam dan kekurangan natrium bisa terjadi akibat dehidrasi. Pernahkah anda melihat orang yang upacara bendera, lalu tiba-tiba jatuh pingsan? Hal itu disebabkan oleh kekurangan kadar natrium. Dan jika kekurangan, maka kita akan kehilangan energi, mengalami kram otot, bahkan hingga koma.

3. Kalsium

Kalsium berperan dalam kontraksi otot, sebagai unsur pembekuan darah atau blood clotting, dan sebagai unsur kepadatan tulang.

4. Klorida

Elektrolit klorida biasanya bergantung dengan natrium dan membantu untuk mengangkut air masuk dan keluar dari sel tubuh.

5. Magnesium

Magnesium digunakan sebagai unsur pembuat enzim.

Apakah Kita Perlu Minuman Elektrolit?

Apabila anda setelah beraktivitas, berkeringat, atau berolahraga, maka minuman berelektrolit ini sangat membantu anda. Dan sebenarnya di Indonesia sangat banyak minuman elektrolit yang secara alami bisa anda dapatkan. Apakah itu?

AIR KELAPA

Dibandingkan dengan minuman dalam kemasan yang berwarna warni tadi yang kelihatannya bagus, tetapi anda pun harus memperhatikan kadar gulanya. Dan dibandingkan dengan minuman kemasan, air kelapa dapat memenuhi semua kebutuhan elektrolit kita. Jadi, bagi anda yang mencari minuman elektrolit alami, silahkan konsumsi air kelapa.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA