Apa Sih Perbedaan Ram Dan Vram Itu?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Apa Sih Perbedaan Ram Dan Vram Itu?
Daftar Topik

Apa Sih Perbedaan Ram Dan Vram Itu?

Komputer merupakan salah satu perkembangan teknologi yang sangat berperan penting pada masa kini. Bahkan komputer menjadi hal yang dibutuhkan hampir pada semua bidang. Terlebih setelah hadirnya laptop yang merupakan personal computer (PC) yang dapat dibawa kemana-mana.

Untuk dapat membentuk sebuah personal computer dibutuhkan adanya serangkaian perangkat penunjang agar komputer dapat dijalankan. Dalam hal ini terdapat dua komponen yang berperan penting pada sebuah komputer. Kedua komponen tersebut adalah RAM dan VRAM yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang bahkan setiap hari menggunakannya.

Baca juga: Pecinta Gadget, Inilah Perbedaan RAM dan ROM

Secara umum, perbedaan dari kedua komponen tersebut adalah terletak pada cakupan device-nya. Dimana RAM termasuk ke dalam device CPU sedangkan VRAM terletak pada device GPU pada komputer. Agar dapat mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan RAM dan VRAM, kamu dapat memahaminya melalui beberapa ulasan di bawah ini.

Dari Segi Pengertian Dan FungsiĀ 


Sebelum mengetahui perbedaannya secara lebih detail tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari masing-masing komponen. Perbedaan dari pengertian masing-masing komponen tersebut terdapat pada penjelasan sebagai berikut ini.

1. RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang berarti sebuah memori digital. Memori yang dimaksud dalam hal ini adalah yang memiliki kemampuan dalam membaca file atau data secara acak. Berdasarkan pengertian tersebut, RAM memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan seluruh data yang digunakan pada komputer. Bentuk data-data tersebut dapat berupa software, game, hingga aplikasi yang digunakan.

2. VRAM

Sementara itu VRAM atau Video Random Access Memory juga merupakan sebuah memori digital. Akan tetapi hal yang membedakan adalah dari segi kemampuannya. Berdasarkan hal tersebut, memori berupa VRAM hanya mampu membaca data berupa gambar atau video yang sedang ditampilkan pada layar komputer.

Dalam hal ini, VRAM memiliki fungsi sebagai penyimpanan seluruh data yang berbentuk gambar, video, maupun beragam file yang berhubungan dengan visual pada layar komputer.

Dari Segi Lokasi Penyimpanan


Karena objek penyimpanan pada RAM dan VRAM berbeda, maka lokasi penyimpanan dari kedua komponen juga berbeda dimana dapat dipahami pada paragraf berikut ini.

1. RAM

Pada komputer, lokasi penyimpanan dari RAM adalah terletak pada slot yang dipasang pada suatu tempat tertentu di CPU komputer. Namun terdapat beberapa produk yang meletakkan RAM di motherboard komputer. Hal ini dikarenakan motherboard menjadi perangkat pusat pada komputer. Sementara itu, RAM juga memiliki fungsi penting dalam menjalankan sistem pada komputer beserta segala perangkat lunak didalamnya.

2. VRAM

Berbeda lagi dengan lokasi penyimpanan dari VRAM, dalam hal ini VRAM diletakkan pada device yang disebut dengan VGA Card. VGA atau Video Graphic Array ini memiliki fungsi yang berhubungan dengan VRAM.

Fungsi tersebut adalah mengatur agar grafik maupun visual yang terdapat pada komputer dapat berjalan. Sementara itu, VGA Card ini kemudian dipasang pada Graphic Processing Unit (GPU) yaitu salah satu perangkat keras dalam serangkaian komputer.

Dari Segi Ukuran Dan Satuan Memori


Hal yang membedakan antara RAM dan VRAM selanjutnya adalah mengenai ukuran serta satuan memori. Perbedaan tersebut dapat dilihat secara signifikan yang lebih lengkapnya ada pada penjelasan di bawah ini.

1. RAM

Ukuran yang ada pada RAM yaitu menyerupai kepingan hitam berbentuk persegi panjang. Dalam hal ini, jumlah kepingan hitam tersebut akan bergantung pada kapasitas RAM yang tersedia pada komputer. Misalkan saja jika suatu komputer memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB maka jumlah kepingan yang dipasang pada komputer adalah sebanyak dua buah.

Sementara itu, satuan yang digunakan untuk menyebutkan jumlah kapasitas ruang yang dimiliki oleh RAM ini adalah satuan byte. Apabila ukuran byte semakin besar maka sistem beserta perangkat lunak dalam komputer akan berjalan semakin lancar. Oleh karena itu, ukuran dari RAM ini sangat besar hingga mencapai satuan Gyga Byte (GB).

2. VRAM

Ukuran yang dimiliki oleh penyimpanan VRAM memiliki bentuk yang lebih kecil mengingat cakupannya yang hanya berupa grafis dan video. Namun bentuk yang ada pada VRAM juga sama dengan RAM yaitu seperti kepingan hitam.

Selain itu, jumlah dari kepingan yang terpasang tersebut hanya satu buah saja tidak bergantung pada kapasitasnya. Adapun satuan yang digunakan pada penyimpanan VRAM ini berbeda dengan RAM, yaitu dalam bentuk bit pada pixel. Dalam hal ini, semakin besar nilai bit maka kualitas dari visual yang ditampilkan juga akan semakin bagus dan lebih detail.

Nah, itulah pengetahuan seputar perbedaan RAM dan VRAM yang mudah untuk dipahami. Setelah mengetahui perbedaan tersebut setidaknya kamu paham mengenai beberapa komponen pada peralatan elektronik yang kamu jumpai setiap hari.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA