Apa Saja Tarian Khas Jawa Barat?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Negara Indonesia memang sangat terkenal akan keanekaragaman suku, bahasa, dan budayanya. Setiap daerah memiliki keunikan dan kekhasan budaya yang berbeda-beda. Salah satu warisan budaya tradisional yang masih dipertahankan di setiap daerah adalah tarian tradisional. Termasuk tarian khas Jawa Barat yang hingga saat ini masih sering ditampilkan di berbagai acara dan juga perlombaan.

Ciri Khas Tarian Jawa Barat


Agar lebih mudah memahami tentang warisan budaya yang berharga ini, berikut ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai tarian dari Jawa Barat. Yang pertama yaitu hal yang membedakan tarian dari Jawa Barat dengan daerah lain. Tarian tradisional yang ada di berbagai daerah di Indonesia identik dengan penggunaan pakaian adat dari daerahnya masing-masing. Selain itu iringan musik untuk tarian tradisional berasal dari alat musik khas daerah tersebut pula.

Jadi, hal yang paling membedakan tarian tradisional khas Jawa Barat dengan tarian lain adalah dari pakaian atau kostum yang dikenakan. Kostum tarian Jawa Barat sangat khas dengan warna-warna yang cerah dan ditambahkan aksesoris tambahan khas Jawa Barat seperti Garuda mungku, sesuping, sampur, dan sebagainya. Tidak semua tarian di Jawa Barat memiliki pakaian atau kostum yang sama, setiap tarian juga masih memiliki perbedaan kostum yang unik dan menarik.

Selain pakaian atau kostum, pembeda tarian dari Jawa Barat dengan daerah lain adalah iringan musiknya. Sebagian besar tarian di Jawa Barat diiringi alat musik gamelan Jawa Barat. Berbeda dengan iringan musik gamelan di Jawa Tengah ataupun di Jawa Timur, iringan musik dari gamelan Jawa Barat memiliki melodi yang khas dan lebih energik.

Perbedaan utama dari tarian Jawa Barat dengan daerah lain adalah ragam gerak atau pakemnya. Tarian dari daerah Jawa Barat umumnya memiliki gerak tari yang energik dan lincah. Gerakan pada pangkal bahu dan juga pinggul pada penari perempuan juga sangat kuat pada tarian Jawa Barat. Khusus penari laki-laki biasanya mengambil beberapa koreografi atau gerakan dari pencak silat. Selain gerak tubuh yang lincah, tarian dari Jawa Barat juga terkenal akan gerak kaki yang rapat, cepat, dan ringan.

Ragam Tarian Jawa Barat


Penjelasan sebelumnya adalah ciri khas tarian khas Jawa Barat yang dapat dilihat secara umum. Tetapi jika dilihat lebih detail maka setiap jenis tari di Jawa Barat juga memiliki perbedaan satu sama lain. Agar lebih jelas memahaminya, berikut ini beberapa contoh dan deskripsi tarian dari Jawa Barat.

  • Tari Topeng

Tari topeng ini berasal dari kota Cirebon yang menurut cerita berasal dari kisah Sunan Gunung Jati sebagai penguasa Cirebon saat itu mendapat serangan dari Pangeran Welang. Properti utama dari tarian ini adalah topeng yang dikenakan oleh penari. Kabarnya ada 13 jenis topeng yang bisa digunakan untuk tarian ini menyesuaikan alur cerita yang diangkat. Ciri khas lain tari topeng ini adalah pada kostumnya mengenakan batik Cirebon yang bergaya Losari.

  • Tari Jaipong

Tari Jaipong terkenal akan gerak lenggak lenggok yang kuat dan juga hentak kaki yang tegas. Tarian yang satu ini merupakan tarian dari Jawa Barat yang sangat populer. Tarian ini sering dibawakan dalam acara resmi pemerintah daerah dan juga di dalam acara pernikahan. Tak hanya sebagai hiburan, tarian ini juga sering dijadikan perlombaan antar sekolah di daerah Jawa Barat.

  • Tari Merak

Tari Merak dari Jawa Barat ini pada awalnya terinspirasi oleh keindahan burung merak. Oleh karena itu, kostum yang dikenakan penari juga dibuat semirip mungkin dengan burung merak. Yaitu dengan sayap yang indah dan juga aksesoris mahkota berbentuk kepala burung merak. Baju yang dikenakan pun juga bercorak seperti burung merak dan senada dengan sayapnya.

  • Tari Wayang

Tak hanya kesenian wayang yang dibawakan oleh dalang, tetapi wayang yang dijadikan tarian pun juga ada di Jawa Barat. Nama tarian tersebut adalah tarian wayang dimana karakter yang dibawakan penari diambil dari cerita wayang golek yang sudah ada.

Jadi seperti itulah penjelasan beberapa tarian yang berasal dari Jawa Barat dan ciri khasnya. Masih ada banyak lagi jenis tarian khas Jawa Barat yang hingga kini masih sering ditampilkan dalam pertunjukan atau dalam acara penting lainnya. Dengan mengetahui seluk beluk, ciri khas, dan keindahan tarian tradisional di Indonesia khususnya dari Jawa Barat, diharapkan generasi muda mau menjaga kearifan budaya lokal tersebut.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA