Apa Saja Perbedaan Antara CV Dan Resume?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Perbedaan-CV-dan-Resume-1[1]
Daftar Topik

Curriculum Vitae (CV) dan Resume adalah istilah yang seringkali muncul saat topik seputar dunia pekerjaan di angkat. Sebab dua hal tersebut merupakan senjata yang wajib disiapkan ketika kita akan melamar suatu pekerjaan. Sayangnya, masih banyak dari pencari kerja yang kerung paham apa bedanya CV dan resume. Sebelum mengetahui perbedaan di antara keduanya, alangkah baiknya kita mengetahui dulu pengertian dari CV dan resume, seperti di bawah ini:

Curriculum Vitae atau yang biasa disingkat CV merupakan sebuah dokumen yang akan mendeskripsikan secara rinci terkait dengan pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan sampai pencapaian dalam pengalaman profesi maupun bidang akademik. Umumnya CV ditulis dengan format kronologis. Informasi dalam CV berisi tentang data terbaru kamu yang berkaitan dnegan riwayat pekerjaan. Modifikasi yang dibutuhkan dapat ditulis di dalam surat lamaran. CV bisa terdiri dari dua lembar, tiga lembar atau lebih. Namun diusahakan tidak menulis CV terlalu panjang karena hanya akan membuat penerima lamaran bosan.

Resume sebenarnya termasuk ke dalam CV, hanya saja dengan format yang lebih lengkap. Dokumen yang satu ini merangkum pengalaman professional kamu. Untuk itu tidak heran jika isinya lebih menekankan pada pencapaian kamu. Dalam resume pun terdapat informasi tentang tujuan karier yang ingin kamu capai. Resume ini bersifat lebih fleksibel ketimbang CV, sebab setiap bagian dari resume dapat diatur sendiri oleh pelama untuk menekankan pada pencapaian tertentu. Data dalam resume pun tidak harus ditulis secara kronologis, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa format resume dapat diubah sesuai dengan kebutuhan lowongan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Dari pengertiannya pun, kamu sudah bisa menyimpulkan perbedaan antara CV dan resume bukan. Namun ternyata, keduanya tak hanya memiliki perbedaan, tapi juga persamaan. Dalam CV maupun resume, kamu harus tetap mencamtumkan sejumlah informasi pribadi seperti nama, email, no. hp, sampai alamat rumah. Kamu juga harus mencantumkan pengalaman kerja, keahlian dan riwayat pendidikan. Di samping itu, kamu tidak perlu menambahkan foto, alasan berhenti kerja, riwayat gaji dan surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. Sebab, rekomendasi dari perusahaan harus dilampirkan secara terpisah dan hukumnya tidak wajib jika perusahaan yang akan kamu lamar tidak mewajibkannya.

Lalu, mana yang lebih baik? CV atau resume?

Keduanya sama-sama baik. Kamu bisa membuat sesuai dengan permintaan perusahaan. Atau, bila perusahaan membebaskan, maka kamulah yang menentukan akan menggunakan resume atau CV. Jika kamu suka yang lebih ringkat, tidak ada salahnya menggunakan resume.

Namun apabila kamu masih bingung akan menggunakan yang mana, mungkin informasi lebih detail terkait dengan perbedaan antara CV dan resume ini akan membantu.

Perbedaan CV dan Resume

Panjang Dokumen

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, resume merupakan dokumen yang berisikan satu halaman ringkas. Sementara CV merupakan catatan berupa rincian yang berkaitan dengan riwayat karier seseorang.

Tujuan Dokumen

Resume berfungsi sebagai iklan cepat dan lebih terarah karena di dalamnya memberikan informasi soal siapa individu di dalam resume tersebut dan kenapa individu tersebut merupakan orang yang paling cocok untuk pekerjaan tersebut. Sedangkan untuk CV dibuat untuk memberikan gambaran yang berkaitan dengan kronologis mendalam soal kehidupan karier seseorang.

Tata Letak Dokumen

Sedangkan untuk CV hanya akan berubah seiring dengan pencapaian kamu. Sementara pembuatan resume akan sangat disesuaikan dengan pekerjaannya. Dokumen ini ditulis khusus untuk memenuhi persyaratan dari sebuah lowongan pekerjaan.

Itulah tiga perbedaan mendasar dari CV dan resume. Semoga berbedaan tersebut dapat memberikan gambaran lebih kepada kamu supaya bisa memilih mana yang tepat untuk digunakan sebagai pelengkap dokumen melamar kerja.

Apakah kamu sudah menentukan mana di antara CV dan resume yang akan kamu pilih. Sebelum mulai membuat kamu harus tahu dulu tips dalam membuat CV dan resume.

Tips Membuat Resume

Dikarenakan resume dibuat untuk menekankan pada suatu pencapaian kerja dan alasan mengapa kamu pantas di posisi tersebut, maka bahasa yang kamu gunakan harus sederhana dan mudah dipahami oleh penerima. Bagi kamu yang masih fresh graduate, kamu bisa memasukkan sejumlah kegiatan ekstrakulikuler yang pernah kamu ikuti di sekolah. Kamu pun bisa menambahkan pekerjaan sukarela atau pun magang. Ingat, kamu harus menyusun resumemu semenarik mungkin namun jangan berlebihan, karena perekrut biasanya hanya melihat sebuah resume rata-rata 6 detik saja.

Tips Membuat CV

Untuk CV sendiri, kamu harus mencantumkan informasi yang relevan dengan bidang pekerjaan yang akan kamu lamar. Yang pasti, informasi terkait dengan identitas diri merupakan hal yang paling penting. Kamu juga harus menambahkan riwayat pendidikan dan juga riwayat pekerjaan. Usahakan, CV jangan terlalu panjang hingga berlembar-lembar karena hanya akan membuat perekrut bosan. Seperti di resume, bila kamu belum memiliki pengalaman kerja maka bisa mencamtumkan sejumlah informasi tentang organisasi yang pernah kamu ikuti, ekstrakulikuler sampai kegiatan sukarelawan dan magang yang pernah kamu lakukan.

Itulah sejumlah informasi terkait dengan perbedaan CV dan resume. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah pengetahuan kamu. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA