Apa Itu Pengertian Gagasan Utama? Ini Dia Penjelasannya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Pada umumnya, setiap artikel apapun di dalamnya akan ada satu topik atau juga pokok pembicaraan. Nantinya pokok pembicaraan tersebut akan dibahas secara lebih mendalam dan lebih luas. Kemudian pembahasan paket tersebut akan dimulai dari subtopik satu ke trofik lainnya secara bertahap sampai pada akhirnya akan menjadi sebuah topik utuh.

Sebuah topik terdiri dari beberapa subtopik yang akan dibahas dalam serangkaian beberapa paragraf. Lalu apakah Anda tahu paragraf itu apa sih? Paragraf adalah satuan ide atau gagasan yang jika dirangkai dengan ide atau gagasan yang lainnya akan terbentuk sebuah karya tulis lengkap. Nah, sedangkan di dalam sebuah paragraf itu sendiri terdapat beberapa kandungan seperti gagasan utama, gagasan pendukung atau penjelas, kalimat utama serta kalimat penjelas.

Pengertian Gagasan Utama


Gagasan utama atau pokok pikiran atau ide pokok di dalam sebuah kalimat utama punya ciri-ciri yang paling umum di antara kalimat yang lainnya. Sedangkan kalimat yang lainnya yakni sebuah kalimat penjelas yang mana sifat dari kalimat tersebut hanya untuk menerangkan maksud yang terdapat dalam gagasan utama.

Pengertian gagasan utama adalah sebuah pernyataan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan atau sering disebut juga dengan gagasan pokok. Jadi dengan bahasa lain bahwa gagasan utama adalah sebuah gagasan yang menjadi dasar dari pengembangan suatu paragraf.

Gagasan utama ini biasanya terletak di kalimat utama yang berada diawal dan akhir paragraf. Akan tetapi ada juga gagasan utama yang ada di dalam sebuah paragraf yang terletak di awal serta akhir sekaligus. Gagasan utama atau pokok pikiran atau ide pokok merupakan inti dari pembahasan di dalam sebuah pernyataan suatu kalimat. Selain itu gagasan utama ini juga bisa diartikan suatu hal yang ingin disampaikan sang penulis. Sedangkan untuk kalimat yang memuat gagasan utama itu disebut kalimat topik atau juga kalimat utama.

Gagasan utama yang terletak di awal kalimat disebut dengan deduktif, gagasan utama yang ada di akhir kalimat disebut induktif serta gagasan utama yang ada di awal dan akhir kalimat disebut dengan deduktif-induktif. Selain itu ada juga gagasan utama yang berada di tengah paragraf dan termasuk ke dalam jenis paragraf deskripsi.

Ciri – Ciri Gagasan Utama


Sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui ciri-ciri dari gagasan utama suatu paragraf agar lebih memudahkan kita dalam menemukan gagasan utama tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri dari gagasan utama:

  • Terkandung topik permasalahan yang bisa dijabarkan dengan lebih lanjut
  • Pada umumnya berupa sebuah kalimat yang lengkap dan mampu berdiri sendiri
  • Memiliki arti yang jelas tanpa harus dihubungkan dengan kalimat yang lainnya
  • Dibentuk tanpa menggunakan kata sambung atau transisi
  • Di dalam paragraf induktif, maka kalimat utama akan ditandai dengan kata-kata kunci seperti oleh karena itu, dengan demikian, sebagai kesimpulan, Oleh sebab itu, yang penting dan jadi

Tips Menentukan Gagasan Utama


Untuk bisa menentukan gagasan utama dalam sebuah teks dengan lebih mudah, maka Anda harus tahu tips berikut ini.

1. Baca dengan Cermat

Tips yang pertama adalah menentukan gagasan utama di dalam sebuah teks apa itu Anda sebaiknya membaca kalimat demi kalimat pada paragraf tersebut. Bacalah dengan cermat dan jangan lupa untuk memahami apa yang ingin disampaikan atau dibicarakan pada teks tersebut.

Selanjutnya apabila keseluruhan teks sudah Anda baca, maka Anda jawab pertanyaan berikut ini “teks tersebut sedang membahas apa? Nah, dari jawaban itulah yang kemudian akan menjadi sebuah topik utama.

2. Temukan Kalimat Utama dalam Paragraf

Tips yang selanjutnya di dalam menentukan gagasan utama yakni Anda harus bisa menemukan kalimat utamanya yang ada di tiap-tiap paragraf. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa kalimat utama merupakan kalimat yang sifatnya umum dan di dalamnya terkandung gagasan utama.

Nah, sedangkan kalimat penjelas itu merupakan sebuah kalimat khusus yang di dalamnya akan mendukung kalimat utamanya. Maka dari itu untuk bisa menemukan sebuah kalimat utama, maka Anda harus bisa melihat kalimat utama yang mana telah didukung oleh kalimat penjelasan lainnya.

Maka dari itu Anda harus membaca teks tersebut secara cermat sehingga Anda bisa menentukan kalimat utama manakah yang ada di dalam setiap paragraf. Supaya Anda bisa menemukan kalimat utama dengan lebih mudah, maka Anda harus tahu ciri-ciri kalimat utama di dalam sebuah paragraf.

Apabila di setiap paragraf sudah Anda temukan kalimat utamanya, maka selanjutnya Anda hanya tinggal mencari inti dari kalimat tersebut. Caranya yaitu dengan mengambil objek dan juga predikatnya saja lalu simpulkan gagasan utamanya.

Semoga artikel ini bisa memberi manfaat kepada Anda dalam memahami gagasan utama. Dengan demikian Anda bisa lebih mudah dalam menemukan gagasan utama di dalam sebuah paragraf.

BACA JUGA!

Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis di Microsoft Word Dengan Mudah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA