Apa itu E-filing Pajak? Ini Dia Penjelasannya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
3820 Efilinggg
Daftar Topik

Bagi beberapa orang awam pasti belum mengenal e-filing pajak. E-filing yang juga disebut sebagai lapor pajak online merupakan sebuah penyampaian dari surat pemberitahuan yang dilakukan dengan cara online. Dimana ini memang ditetapkan oleh direktorat jenderal pajak dan sudah masuk ke dalam peraturan pajak pada nomor PER-03/2015. Tentu saja dengan diberlakukannya e-filing ini menjadikan antrian panjang yang ada di Kantor Pelayanan offline semakin berkurang, yang pasti dapat menghemat waktu sehingga tidak perlu lagi menunda pekerjaan lain hanya untuk melakukan pembayaran pajak.

Tak dapat dipungkiri Jika a-filling ini menjadi salah satu proses yang cukup diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan hanya dengan membuka website dari direktorat jenderal pajak Anda bisa melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah.

1. Jenis Pajak E-filing


3820 Pajak E FilingUntuk Anda ketahui jika jenis pajak e-filing ada dua. Dan berikut ini adalah penjelasannya:

  • Pajak badan, yang satu ini merupakan proses dari penyampaian surat pemberitahuan atau SPT yang nantinya akan memudahkan badan usaha pada saat akan melaporkan pajak mereka secara online dengan menggunakan aplikasi e-filing pajak tersebut, sehingga tidak perlu lagi mengantri di kantor tax.
  • Pajak pribadi, memang tidak jauh berbeda dengan e-filing pajak badan di mana pribadi ini juga memiliki tujuan agar bisa memudahkan para individu yang melakukan kewajiban untuk melaporkan pajak mereka.

2. Kegunaan Memakai E-filing Pajak


3820 EfilingSebetulnya dengan diberlakukannya e-filing pajak ini tentu memberikan banyak sekali manfaat bagi orang yang wajib pajak serta dalam proses penyampaian SPT tersebut, apa saja kegunaannya? Langsung saja simak dibawah ini:

Untuk yang pertama, layanan online ini akan memudahkan proses perekaman dari seluruh data SPT yang akan masuk ke dalam basis data DJP. Apabila sebelumnya jika menggunakan cara konvensional akan membutuhkan banyak waktu, maka dengan pelaporan pajak secara online ini waktu pun tidak akan terbuang sia-sia.

Untuk yang kedua, mampu mengurangi intensitas pertemuan langsung dari orang wajib pajak dengan para petugas pajak. Bahkan seorang yang melakukan wajib pajak sudah tidak perlu lagi berkewajiban datang ke KPP, dengan hal ini Anda sudah tidak perlu lagi ngantri panjang serta merasakan kemacetan ketika datang ke kantor perpajakan.

Untuk yang ketiga, tujuan diberlakukannya secara online ini untuk bisa mengurangi antrian panjang bagi orang-orang yang melakukan wajib pajak di kantor perpajakan.

Untuk yang ke-4, tentu saja dengan adanya e-filing ini dapat meminimalisir volume berkas fisik atau atas kertas dokumen perpajakan. Dengan penggunaan sistem online ini Tentunya kertas atau dokumen yang penting tidak perlu lagi berbentuk kertas namun telah tersimpan pada komputer.

3. Kelebihan yang Dimiliki oleh Aplikasi Pajak Online


3820 EfilingggPerlu Anda ketahui fitur yang dimiliki oleh e-filing pajak online adalah gratis, yang mana setiap orang yang melakukan wajib pajak pribadi maupun badan bisa memakai fitur e-filing ini secara cuma-cuma tanpa khawatir adanya biaya.

Yang kedua, ketika Anda melakukan perhitungan, penyetoran bahkan sampai pelaporan pajak hanya perlu memakai satu aplikasi saja. Dan semua hal tersebut telah terintegrasi, sehingga tidak akan terjadi kesalahan pada pembayaran wajib pajak. Dengan menggunakan e-filing pajak ini maka apa pun bisa dilaporkan dengan cepat.

Berikutnya ketika Anda melaksanakan pengelolaan pajak untuk sebuah perusahaan yang memiliki skala besar. maka aplikasi e-filing pajak ini menyediakan sebuah fitur yang bernama multi pengguna atau multi perusahaan, dengan adanya fitur ini akses Anda pun akan semakin mudah.

Kemudian, seluruh BPE atau NTTE nantinya secara otomatis akan tersimpan secara online dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga Anda pun tidak perlu cemas apabila bukti dari laporan yang anda lakukan hilang atau rusak. Dikarenakan BPE yang nantinya diterbitkan oleh tax online ini secara otomatis akan tersimpan dengan aman.

Pada aplikasi pajak online terdapat fitur import data. Jadi ketika Anda menggunakan File csv entah itu dari online pajak ataupun software e-spt maka Anda bisa dengan mudah melakukan perpindahan file tersebut dari aplikasi bisnis Anda yang sudah bermitra dengan pajak online.  Jadi tidak perlu lagi berulang kali melakukan pemasukan data. Dengan adanya sistem online ini kepastian dari tanggal lapor pun terlihat jelas sehingga tidak terjadi kesalahan dalam tanggal yang Anda klik.

Nah, demikianlah sekilas pengertian dari e-filing pajak online, di mana dengan e-filing ini tentunya akan memudahkan anda melakukan wajib pajak sehingga sudah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak melakukan wajib pajak karena sudah terdapat aplikasi ini. Pastikan Anda menjadi warga negara yang baik untuk bisa melaporkan pajak Anda kepada kantor perpajakan.

BACA JUGA!

Cara Mudah Cek NPWP Online dengan Cepat

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA