Apa itu Chipset dan Apa Fungsinya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Apa-Itu-Chipset[1]
Daftar Topik

Kebanyakan pengguna smartphone hanya mengetahui kelebihan yang ada pada ponselnya tanpa tahu akan beberapa mesinnya. Salah satu hal penting pada perangkat ponsel adalah suatu benda kecil yang disebut dengan chipset.

Sebenarnya chipset ini juga disematkan pada komputer akan tetapi dalam hal ini chipset memiliki fungsi yang berbeda. Pada komputer, chipset memiliki fungsi yang rumit dibandingkan chipset pada ponsel. Sementara itu pada ponsel, chipset memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan sistem.

Pengertian Chipset


Pada perangkat ponsel, chipset merupakan suatu sistem yang terdiri dari sekumpulan microchip. Chipset dalam hal ini juga disebut dengan istilah System on a Chip yang terdiri dari berbagai komponen pendukung pada ponsel.

Selain itu, jika diibaratkan dengan organ tubuh maka chipset ini dapat disertakan dengan otak manusia. Dalam hal ini, chipset dapat mengelola segala macam komponen yang terdapat pada smartphone.

Fungsi Chipset Ponsel


Setelah mengetahui apa itu chipset maka hal yang diketahui selanjutnya adalah mengenai fungsi chipset pada ponsel. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa chipset merupakan otak dari ponsel yang mampu mengintegrasikan komponen di dalamnya.

Berdasarkan hal tersebut, chipset memiliki segala komponen yang dibutuhkan oleh smartphone yang disatukan menjadi sebuah chip tunggal. Peran chipset pada ponsel dalam hal ini adalah sebagai penyedia seluruh komponen pada ponsel. Mulai dari Central Processing Unit atau CPU, camera controller, multimedia, network connectivity, hingga Graphic Processing Unit.

Jenis-jenis Chipset Ponsel


Apa Itu Chipset Dan Apa FungsinyaBanyaknya produk smartphone yang beredar di masyarakat juga memberikan spesifikasi berdasarkan masing-masing ponsel. Dalam hal ini, merk dari ponsel memiliki jenis yang berbeda-beda pada chipsetnya. Adapun jenis-jenis chipset ponsel yang ada dipasaran yaitu dapat dibagi pada beberapa paragraf dibawah ini.

1. Mediatek


Chipset jenis ini merupakan jenis yang pertama kali hadir di pasaran. Karena sudah berpengalaman maka banyak vendor yang telah menggunakan chipset ini. Chipset ini juga dianggap terjangkau harganya.

Meskipun demikian, kemampuan dari chipset ini masih dapat diandalkan. Adapun yang menggunakan chipset ini juga terdiri dari perusahaan kecil hingga perusahaan terkenal.

2. Snapdragon


Chipset ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Tidak sedikit smartphone kelas atas yang telah mengandalkan chipset ini. Produk keluaran Qualcomm ini memiliki keunggulan dari berbagai bidang. Mulai dari konsumsi daya, konektivitas, grafis, hingga performanya.

3. Exynos


Merupakan prod


uk chipset ponsel yang berada di bawah naungan perusahaan Samsung. Berdasarkan hal ini, Exynos telah dikembangkan sendiri oleh perusahaan dengan jajaran ponsel yang sudah mendunia tersebut. Oleh karena itu, chipset ini juga telah disematkan pada seluruh produk Samsung mulai dari smartphone hingga produk tabletnya.

4. Nvidia Tegra


Produk chipset ini juga merupakan salah satu produk yang telah dipercaya akan kualitasnya. Hal ini dikarenakan chipset Nvidia Tegra adalah hasil keluaran dari perusahaan yang sudah terkenal akan jajaran kartu grafis PC-nya. Produk ini juga sudah mampu untuk diandalkan pada kebutuhan game pada smartphone dan juga tablet.

5. OMAP


Merupakan singkatan dari Open Media Application Platform yaitu salah satu produk dari Texas Instrument. Saat ini chipset OMAP sendiri telah mengalami perkembangan hingga pada versi 5.

Dari keluaran terbaru tersebut, mereka mengaku bahwa produk versi 5 merupakan chipset dengan kecepatan melebihi produk keluaran sebelumnya. Adapun ponsel yang biasa menggunakan chipset ini adalah Blackberry Q10, Motorola Droid, LG Optimus, dan masih banyak lagi.

6. PXA


Chipset ini merupakan produk yang dikeluarkan oleh Marvell dengan versi 8 sebagai versi terbarunya. Dalam hal ini smartphone yang pernah menggunakan chipset ini terdiri dari Motorola Moto, Samsung Galaxy Tab, serta ponsel lawas HTC Advantage X7510. Adapun saat ini sudah jarang smartphone yang menggunakan chipset PXA.

7. Apple Chipset


Berdasarkan penyebutannya sudah dapat diketahui bahwa chipset ini hanya digunakan pada produk Apple saja. Berdasarkan hal ini, Apple Chipset sudah ada sejak pertama kali generasi iPhone dirilis.

Namun tidak hanya digunakan pada produk smartphonenya saja, chipset ini juga disematkan pada produk Apple lainnya seperti iPod, Apple Watch, Apple TV, dan juga iPadnya. Adapun produk terbaru dari Apple Chipset yaitu A9 dengan ARMv8-A.

Nah, itulah pengetahuan seputar chipset ponsel mulai dari apa itu chipset, fungsi, hingga jenis-jenisnya. Dengan adanya pengetahuan diatas setidaknya kamu sedikit paham mengenai salah satu komponen elektronik yang penting pada smartphone kamu.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP