Apa itu Chinaware? Chinaware Adalah?

5,058 Chinaware Photos Free & Royalty Free Stock Photos From Dreamstime

Bagi orang yang bekerja dalam bidang kuliner atau pengembang restoran, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah chinaware. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh restoran adalah kelengkapan dari sarana dan prasarana. Bisa dibilang peralatan makan. Chinaware adalah salah satu hal yang masuk dalam sarana tersebut. maka dari itu, para pengembang harus mengerti terkait dengan chinaware tersebut sebelum memulai untuk menjakankan bisnis.

5,058 Chinaware Photos - Free & Royalty-Free Stock Photos from Dreamstime

Sebenarnya terkait penggunaan chinaware ini akan bergantung pada jenis restoran. Apabila restoran yang dibangun memiliki jenis tradisional maka biasanya jenis chinaware yang digunakan akan berbeda. Oleh karena itu, tergantung dari setiap restoran. Agar lebih mengetahui, berikut ini merupakan beberapa hal terkait dengan chinaware yang harus Anda ketahui.

Apa Itu Chinaware?

Meskipun istilah chinaware merupakan istilah yang sudah umum untuk digunakan. Namun, masih saja banyak yang tidak mengerti atau bisa dibilang asing. Sebenarnya chinaware adalah penyebutan untuk setiap barang pecah belah. Barang pecah belah yang tergolong dalam chinaware, meliputi berbagai bahan. Mulai dari bahan tembikar, porselen, dan keramik.

Fungsi dari adanya chinaware merupakan bentuk kelengkapan dari sistem pengoperasian suatu restoran. Setiap chinaware memiliki tekstur yang berbeda untuk setiap bahan pembuatannya. Jadi, jika bahan pembuatnya bagus maka akan menghasilkan perabot restoran yang bagus pula.

Klasifikasi dari Chinaware

Chinaware bukan hanya sbutan untuk satu barang saja. Tetapi merupakan sebutan untuk segala jensi barang yang berkaitan dengan peralatan dalam sistem pengoperasian restoran. Namun, chinaware bukan hanya digunakan untuk restoran saja. Pada keperluan makan di rumah jika menggunakan chinaware. Berikut ini merupakan beberapa klasifikasi dari chinaware yang harus Anda ketahui.

1. Chinaware berupa platter

Chinaware

Dilihat dari namanya platter, maka sudah pasti chinaware yang ini lebih berhubungan piring. Platter ini terdiri dari berbagai jenis, bentuk, dan ukuran. Pembagian ukuran dari platter ini dikategorikan menjadi tiga jenis. Ukuran kecil, sedang, hingga besar. Sedangkan jika berkaitan dengan bentuk, maka juga terdapat 3 bentuk platter. Mulai dari bentuk lonjong, bulat hingga persegi panjang.

2. Chinaware berupa Plates

BAB II KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS. 1. Pengetahuan Peralatan Penyajian Makanan. Penyajian makanan merupakan suatu cara untuk menyuguhkan makanan - PDF Free Download

Penyebutan plates ini juga berkaitan dengan jenis piring lagi. dalam chinaware terdapat sebutan platter, ada pula plates. Dalam plates ini terdapat lebih banyak varian piring. Setiap piring diklasifikasikan berdasarkan penggunaanya. Piring yang digunakan untuk tempa penyajian hidangan utama, menggunakan dinner plate karena memiliki ukuran yang besar dan lebar. Piring yang ada disekitar Anda dan biasa digunakan untuk menyajikan sup diberi nama Soup Plate. Kemudian untuk hidangan penutupnya biasanya diberikan dalam piring yang memiliki diameter sekitar 18 cm. piring tersebut dinamakan dessert plate.

Setiap hidangan yang disajikan memiliki nama piring tersendiri. sehingga Anda tidak bisa menyajikan hidangan dengan piring yang asal-asalan. Misalkan saja roti dan mentega menggunakan piring B & B plate. Kemudian hidangan ikan menggunakan fish plate, sarapan atau makan pagi menggunakan breakfast plate dan piring yang memiliki ukuran besar untuk dinner diberi nama show plate.

3. Chinaware berupa Cups

Calamityware Mugs: Things Could Be Worse

Cups merupakan jenis chinaware berupa mangkuk namun memiliki bentuk menyerupai cangkir. Untuk cups sendiri terdapat berbagai jenis pembagian kembali. terdapat soup cup untuk sup, tea cup untuk teeh, coffe cup untuk kopi, breakfast cup untuk penyajian kopi sarapan, demitasse cup untuk penyajian kopi kental, dan ada pula egg dush untuk penyajian telur yang direbus.

Baca Juga: 10 Makanan Khas China yang Sangat Terkenal

4. Chinaware berupa Saucer

Chinaware Ceramic saucer, Antiques, Vintage Collectibles on Carousell

Chinaware berupa saucer merupakan sebutan untuk tatakan cups yang digunakan. Setiap saucer memiliki ragam ukuran yang berbeda. Dapat disesuaikan dengan ccups yang digunakan. Namun, sebagian besar tatakan memiliki ukuran sekitar 14 cm. sedangkan yang paling kecil memiliki ukuran diameter 11 cm.

5. Chinaware berupa Pots

History of Chinese Porcelain In America and Europe

Pots merupakan sebutan untuk pocci. Setiap pocci memiliki bentuk yang berbeda. Misalkan untuk menyajikan minuman berupa teh panas, maka bisa menggunakan pocci yang memiliki bentuk membulat. Sedangkan untuk menyajikan minuman berupa kopi panas, maka bisa menggunakan pocci yang memiliki bentuk meninggi dan lurus.

6. Chinaware berupa Jugs

Classic chinaware in Edinburgh

Jugs merupakan sebutan untuk chinaware yang menyajikan ragam hidangan seperti susu dan krim. Juga bisa menyajikan air putih.

7. Chinaware Berupa Bowl

East and West: Chinese Export Porcelain | Essay | The Metropolitan Museum of Art | Heilbrunn Timeline of Art History

Chinaware yang satu ini memiliki bentuk seperti mangkuk. Bentuk tersebut berguna untuk menampung hidangan yang cair.

Chinaware adalah barang-barang pecah belah yang berguna untuk proses menyajikan makanan dan minuman. Keberadaan dari chinaware merupakan hal yang sangat penting bagi orang yang hendak melakukan pengembangan bisnis restoran. Karena salah satu penunjang dari sarana pra sarana restoran adalah chinaware tersebut.

Tetapi, untuk menggunakan barang-barang yang termasuk dalam kategori chinaware, bukan hanya bisa dilakukan di restoran. Di rumah pastinya juga sangat dibutuhkan untuk menyajikan berbagai hidangan yang memiliki tempat berbeda.