Apa itu AutoCAD? Berikut Ulasan Singkatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
autocad
Daftar Topik

Dalam dunia engineering AutoCAD sudah menjadi kebutuhan yang mutlak. Dengan AutoCAD seorang engineer bisa mengekpresikan dan menuangkan semua konsep dan perencanaannya. AutoCAD muncul setelah teknologi menggambar teknik secara manual dirasa sudah tidak efisien lagi. Dengan autoCAD kepresisian sebuah gambar perencanaan mencadi lebih akurat.

Keunggulan AutoCAD

Dengan AutoCAD pula seorang engineer biasa melakukan perhitungan berbagai macam kebutuhan sebuah perencanaan mulai dari desain secara umum dan utuh, melakukan estimasi waktu pengerjaan, menentukan volume pekerjaan, menentukan jenis material yang dibutuhkan, menentukan pelaksana lapangan, dan yang terpenting pihak pengguna jasa bisa melihat dengan sangat jelas tentang sebuah barang, benda atau pun proyek yang akan dia terimanya.

Perkembangan AutoCAD

AutoCAD sudah beberapa kali mengalami revisi/ upgrade, mulai dari AutoCAD, AutoCAD Release 10, AutoCAD R12, AutoCAD R14, AutoCAD LT, AutoCAD 2000, AutoCAD 2002, AutoCAD 2003, AutoCAD 2004, AutoCAD 2006, AutoCAD 2008,  AutoCAD 2010, dan AutoCAD 2011.

Semua versi release tersebut merupakan penyempurnaan dari release sebelumnya, sehingga seorang engineer akan sangat dimudahkan dalam melakukan perencanaan gambar teknik.

AutoCAD pun menyediakan juga untuk berbagai kepentingan teknik, ada AutoCAD Mechanical, AutoCAD Electrical, dan ArchiCAD. Sampai saat ini program AutoCAD masih unggul dibanding program-program lain untuk kebutuhan gambar teknik. Program Visio, Solid masih jauh memenuhi kebutuhan variasi dalam melakukan pekerjaan gambar teknik.

Kemudahan AutoCAD pun semakin terasa karena dengan AutoCAD kita bisa melihat dan melakukan sebuah gambar teknik secara 2D (dua dimensi) dan 3D (tiga Dimensi). Namun demikian, installasi AutoCAD kesebuah komputer memang memerlukan sedikit ketelitian karena jika installasi kurang sempurna maka kita akan terganggu dalam pemakaian nantinya.

Alasan Menggunakan AutoCAD

Seperti yang diketahui bersama bahwa AutoCAD merupakan salah satu program desain gambar dengan bantuan dari komputer yang sangat canggih. Secara bertahap tetapi pasti, AutoCAD telah mengalami otomatisasi gambar sebagai pengganti fungsi manual yang selama bebarapa waktu terakhir ini mendominasi pekerjaan di semua bidang.

Kompatibilitasnya yang cukup tinggi membuat gambar-gambar AutoCAD bisa diterima oleh sebagian besar program menggambar lainnya dan juga mampu dicetak dengan memakai hampir seluruh alat pencetak. AutoCAD mempunyai fasilitas yang cukup lengkap untuk menghasilkan gambar-gambar dua dimensi maupun tiga dimensi.

Berikut ini alasan-alasan memakai AutoCAD daripada memakai cara manual untuk membuat atau menghasilkan gambar.

1. Akurasi

Dengan memiliki tingkat presisi sampai 13 digit, AutoCAD mempunyai tingkat akurasi lebih jauh sempurna serta terjamin daripada dengan cara menggambar manual. Di dalam gambar manual, akurasi gambarnya ditentukan sekali oleh ketelitian mata dan juga kecermatan tangan yang mungkin sekali terjadi kesalahan.

2. Kepraktisan, Kemudahan, dan Kecepatan

Fasilitas penggambaran serta pengeditan yang makin mendekati sempurna membuat AutoCAD dapat menghasilkan jauh lebih cepat daripada menggunakan cara manual. Perintah Copy, Block, Array, dan lain sebagainya, memungkinkan seseorang membuat atau mengedit gambar secara massal dalam waktu singkat.

3. Kebersihan dan Kerapian

Dengan perintah pengeditan yang dipunyai AutoCAD, seseorang sangat dimungkinkan untuk merevisi serta memeriksa hasil gambar sebelum proses pencetakan. Dengan cara tersebut, akan dihasilkan gambar yang sangat bersih, sempurna, babas dari bekas-bekas pengeditan, bebas dari penghapusan, bebas dari keringat, dan bebas dari kertas lecek seperti yang banyak ditemukan pada gambar manual.

4. Ruang Kerja Tidak Terbatas

AutoCAD mempunyai ruang kerja yang sangat tidak terbatas. Koordinat paling tinggi yang bisa dimasukkan yaitu 1099 sehingga Kamu bisa membuat gambar sebesar dan sebanyak apa pun di dalam ruang yang sama. Selain itu, Kamu pun bisa mencetaknya terpisah dan bagian demi bagian atau sekaligus dengan skala yang akurat.

5. Fleksibilitas Skala

AutoCAD sangat memungkinkan sebuah gambar untuk dicetak berulang-ulang dengan skala yang tidak sama tanpa harus terlebih dahulu membuat ulang gambar tersebut. Hal ini tentunya tak bisa dilakukan pada gambar manual. Dengan pengaturan skala yang tepat ketika mencetak, seseorang pun bisa dengan bebas memilih satuan yang dipakai di dalam gambar seperti cm, meter, mm, inci, km, dan lain sebagainya.

6. Dokumentasi

Dengan sistem penyimpanan file, maka hasil gambar dijamin tersimpan secara permanen. Kamu bisa dengan sangat mudah serta cepat menduplikasikannya sekaligus merevisinya jika memang ada perubahan desain tanpa harus bersusah payah membuat lagi gambar dari awal. Dengan adanya media penyimpan floppy disk atau disebut CD, seseorang bisa membawa-bawa gambar dengan sangat mudah dan juga diedit di mana pun.

Langkah Efektif Menggunakan AutoCAD

Berikut ini pembahan tentang langkah-langkah efektif menggunakan AutoCAD.

1. Gunakan Template

Apakah setiap akan membuat file yang baru Kamu pasti atau selalu mendefinisikan styles (text, dimension, dan lain sebagainya), layer, linestyles, dan lain-lain? Bila ya, itu artinya waktu terbuang beberapa menit setiap membuat file yang baru. Seseorang bisa langsung mendapatkan semua hal itu bila memakai template. Jadi, aturlah template stKamur yang ingin di-load untuk QNEW dan simpanlah file-file template tesebut pada folder khusus atau tersendiri.

2. Gunakan Text Field

Bila mempunyai banyak teks yang harus diubah lebih dari sekali atau berkali-kali, teks field tentu akan bebitu membantu seperti saat Kamu harus mengubah nama file, tanggal cetak, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa didapat secara otomatis dengan text field. Bahkan, seseorang bisa menyimpan variabel tertentu di dalam template.

3. Gunakan Dynamic Blocks

Pada dasarnya, dynamic block memang sangat mengganggu stKamur perusahaan sekaligus juga membingungkan. Tapi, di sisi lain, diketahui juga bahwa dynamic block itu memiliki manfaat. Pakai dynamic blocks hanya untuk kebutuhan visual dan jangan gunakan untuk scheduling ataupun komponen stKamur.

4. Gunakan Annotation Scaling

Annotation Scaling merupakan salah satu fitur favorit di AutoCAD. Buatlah annotative styles bila sering bekerja dengan beberapa skala secara bersamaan. Dengan cara seperti itu, Kamu akan mampu menjaga teks serta anotasi masih tetap terbaca walaupun skalanya diubah-ubah.

5. Gunakan Layer States

Saat bekerja dengan AutoCAD, Kamu akan sering mengubah status layer, baik itu hanya sekadar on atau off, lineweight yang berbeda, linestyles, dan lain sebagainya. Dengan memakai layer states serta layer properties per-viewport, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Bahkan, Kamu bisa mempunyai satu drawing yang ditampilkan berbeda-beda.

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA