Apa Itu APBD? Fungsi dan Jenis APBD

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
151020 APBD Kompas
Daftar Topik

Setiap negara memiliki yang namanya anggaran belanja. Anggaran belanja harus dibuat secocok mungkin dan juga sebaik mungkin. Karena hal tersebut berkaitan dengan kelangsungan negara selama satu tahun. Begitu pula dengan setiap daerah, setiap daerah juga memiliki anggaran sendiri yang dinamakan dengan APBD. Apa itu APBD? Mengingat setiap daerah pasti memiliki APBD sendiri. Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan APBD

Fungsi dari APBD

151020 APBD Kompas
Source: Kompas

Setiap daerah memiliki pembicaraan terkait dengan APBD. Pengetahuan tentang apa out APBD? sangat lah penting untuk masyarakat. Karena dengan demikian, masyarakat akan mengerti bahwa setiap anggaran yang ada dalam daerah memiliki garis pengaturannya sendiri.

Selain hal tersebut, masyarakat bisa tahu bahwa setiap pemerintah daerah pasti memberlakukan APBD yang telah disesuaikan dengan potensi daerah yang dikelolanya.  Berikut ini merupakan fungsi dari APBD.

1. APBD memiliki fungsi otoritas

Otoritas memiliki makna sebagai pedoman. APBD merupakan anggaran yang telah ditetapkan pemerintah melalui proses yang panjang hingga mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak. Setelah suatu APBD disetujui, maka secara langsung APBD menjadi pedoman dalam setiap pembelanjaan daerah.

Apabila terdapat suatu daerah yang hendak melakukan belanja untuk daerah, maka harus selalu disesuaikan dengan APBD. Bahkan APBD juga dijadikan pedoman untuk perbelanjaan yang dilakukan di negara.

2. APBD memiliki fungsi perencanaan

Setiap APBD memiliki fungsi sebagai perencanaan. APBD sendiri disusun melalui berbagai perencanaan. Jadi, setelah penyusunan dari APBD ini telah selesai, maka APBD biasa dijadikan pedoman untuk melakukan perencanaan.

3. APBD memiliki fungsi pengawasan

Adanya APBD bukan hanya digunakan sebagai pengontrol terhadap penggunaan kewenangan dalam perbelanjaan daerah. Tetapi, APBD mampu digunakan untuk mengawasi tentang wewenang yang dilakukan pemerintah daerah. Sehingga dengan adanya APBD ini, perekonomian antar daerah memiliki peningkatan. Apabila terjadi peningkatan, maka sudah pasti akan membantu meningkatnya perekonomian suatu negara.

4. APBD memiliki fungsi alokasi

Setiap pendanaan yang telah disusun dengan matang melalui APBD memiliki yang namanya fungsi alokasi. Fungsi alokasi disini lebih kepada tahap pembangunan ekonomi daerah. Setiap APBD nantinya memiliki alokasi tersendiri. hal tersebut mampu membantu sistem perekonomian daerah menjadi rata.

5. APBD memiliki fungsi distribusi

APBD harus memiliki fungsi dan tujuan penyusunan yang jelas. Akan sangat kesulitan, jika APBD disusun seenaknya saja tanpa memperhatikan kepentingan dan juga tujuan. Oleh karena itu, apabila APBD telah disahkan, maka harus melalui pendistribusian secara adil dan merata pada setiap bagian daerah. Dengan demikian tidak akan terdapat daerah yang merasa diperlakukan tidak adil atau malah tertinggal.

6. APBD memiliki fungsi stabilitas

Suatu sistem perekonomian yang disusun dalam suatu daerah harus memiliki beberapa hal yang mampu digunakan sebagai penyeimbang. APBD memiliki fungsi stabilitas yang bisa digunakan sebagai penyeimbang dalam perekonomian suatu daerah. Tanpa adanya APBD, maka daerah tidak akan mampu mengelola perekonomian yang merata. Sehingga menimbulkan kesenjangan sosial antara daerah yang terjadi.

Jenis-Jenis dari APBD

151020 APBD Pengadaan
Source: Pengadaan

Anggaran daerah tidak hanya memiliki satu jenis saja. Namun, memiliki banyak jenis yang digunakan untuk berbagai kebutuhan berbeda dan memiliki sistem kelola yang tidak sama. Berikut ini merupakan jenis-jenis dari APBD.

1. Jenis APBD yang bersumber dari PAD

PAD sendiri merupakan pendapatan asli daerah. PAD ini turut menjadi sumber dari APBD. yang termasuk ke dalam bagian pendapatan asli daerah adalah pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan yang ada pada daerah, kemudian masih terdapat banyak lagi PAD yang sah digunakan sebagai sumber pendapatan.

2. Jenis APBD yang bersumber dari dana perimbangan

Yang harus diketahui bahwa dana perimbangan juga bisa menjadi sumber dari APBD. setelah Anda tahu apa itu APBD? maka harus tahu pula apa saja yang menjadi sumber pendapatan dari APBD tersebut. Terdapat banyak macam dana yang termasuk ke dalam dana perimbangan. Dana yang menjadi bagi hasil baik berupa pajak atau pun tidak pajak, ada pula dana yang menjadi alokasi umum dan juga dan untuk alokasi khusus.

Bagi warga masyarakat yang baik harus juga mengetahui apa itu dana APBD? hal tersebut nantinya akan memberikan wawasan yang lebih terkait dengan sumber dana daerah yang diperoleh oleh daerah. Mulai dari dana pajak hingga bukan pajak. APBD memiliki sistem pengelolaan yang tertata. Hal tersebut dikarenakan APBD memiliki fungsi yang sangat besar untuk daerah dan berpengaruh pula pada negara.

Apabila di setiap daerah memiliki peningkatan ekonomi yang tinggi, maka tentunya hal tersebut juga akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi suatu negara. Oleh karena itu, penyusunan dari APBD sangat penting dan harus dilakukan dengan cermat. Apabila terdapat sedikit saja kekeliruan, maka akan mengganggu kestabilan ekonomi negara yang akan berdampak buruk pada negara.

BACA JUGA!

Pengertian dan Fungsi Rasio Keuangan

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA