Android VS Iphone: User Interface Mana yang Lebih Bagus?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Android VS Iphone: User Interface Mana yang Lebih Bagus?
Daftar Topik

Android VS Iphone: User Interface Mana yang Lebih Bagus?

Persaingan ponsel pintar semakin hari semakin ketat. Hampir setiap tahun, terdapat banyak brand yang meluncurkan varian baru ponsel pintar mereka dengan iming-iming fitur yang lebih canggih daripada varian sebelumnya. Tapi tidak hanya brand, sistem operasi sebenarnya juga selalu bersaing ketat untuk menarik perhatian pelanggan.

Ya, Android dan iOS atau Iphone. Banyak orang yang terkadang bingung, apa sih perbedaan dari dua sistem operasi tersebut? Mana yang paling terbaik di antara keduanya? Android dan iOS kerap kali di sandingkan dan dibandingkan, namun hasilnya selalu terbelah menjadi dua.

Android sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google, sementara iOS dikembangkan oleh Apple. Android, yang berbasis Linux dan sebagian open source, lebih seperti PC atau komputer daripada iOS, karena antarmuka dan fitur dasarnya umumnya lebih dapat disesuaikan dari atas ke bawah.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kamu saja yang memilih mana yang lebih kamu sukai. Jadi, di poin-poin mana saja perbedaan antara Android dan Iphone ini? Yuk kita simak sama-sama.

Kegunaan pada aktivitas sehari-hari dan aplikasi

Dalam sisi kegunaan, Iphone terkesan bekerja lebih intuitif daripada smartphone berbasis Android. Ini karena sistem operasi iOS didesain selaras dengan Iphone. Sedangkan di sisi lain, Android didesain sedemikian rupa agar bisa kompatibel di banyak brand yang mengusung teknologi Android.

Setiap fungsi dalam Iphone memiliki kesan mudah digunakan, dan terbilang simpel serta praktis. Apalagi dengan kontrol pada touch screen yang intuitif makin menambah kesan ringan dan interaktif.  Iphone juga handal pada operating system dan juga aplikasi-aplikasinya.

Namun jika kita lihat pada sisi aplikasi, Android mungkin bisa dibilang unggul dari iOS karena keterbukaannya pada developer. Android mengusung aplikasi dari Google Play, yang saat ini memiliki 600.000 aplikasi. Namun, beberapa perangkat Android, seperti Kindle Fire, menggunakan toko aplikasi terpisah.

Banyak aplikasi yang awalnya hanya di iOS sekarang tersedia untuk Android, termasuk Instagram dan Pinterest. Itu dikarenakan Google app store lebih terbuka daripada Apple app store. Aplikasi eksklusif lainnya juga tersedia secara cuma-cuma, seperti Adobe Flash Player dan BitTorrent. Android juga menanamkan aplikasi-aplikasi bawaan berbasis Google, seperti Youtube, Gmail dan Google docs.

Sedangkan Apple app store saat ini menawarkan 500.000 aplikasi, dan 250.000 di antaranya tersedia khusus untuk iPad. Sebagian besar pengembang lebih suka mengembangkan game untuk iOS sebelum mereka mengembangkan di Android. Sejak update terbaru, aplikasi Youtube menjadi tidak tersedia di iOS, namun iOS masih menawarkan beberapa aplikasi eksklusif lainnya.

Android VS Iphone: User Interface Mana yang Lebih Bagus?

Baca Juga: 7 APLIKASI EDIT FOTO TERBAIK YANG BISA DIJADIKAN PILIHAN

User Interface

Tahu user interface? Itu lho, layar utama yang kamu lihat pada ponsel pintar kamu ketika kamu baru saja menyalakannya. Itu disebut User interface, dan di antara Android dan iOS terdapat perbedaan yang lumayan signifikan.

Memang, iOS dan Android menggunakan antar muka sentuh yang memiliki banyak kesamaan seperti menggeser, mengetuk dan pinch-and-zoom. Layar awal iOS hanya berisi deret ikon aplikasi, sedangkan Android menggunakan widget, yang menampilkan pembaruan otomatis informasi seperti tanggal dan cuaca.

Perbedaan secara fisik dan estetika bisa dilihat apabila kamu memperhatikan lebih jeli.

  1. Tombol

Tombol Android biasanya monokromatik, dengan kecenderungan menggunakan ikonografi bila memungkinkan. Tombol standar iOS adalah teks monokromatik biasa tanpa latar belakang atau batas. Ketika iOS menggunakan batas tombol, mereka cenderung cukup sederhana.

  1. Bar Aksi dari Bar Navigasi

Bar navigasi di iOS biasanya hanya tombol Back yang terhubung ke layar sebelumnya. Di Android, bar navigasi biasanya memiliki beberapa tombol tindakan.

  1. Split screen

Iphone tidak mendukung adanya split screen. Split screen adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk bekerja dalam dua atau lebih aplikasi sekaligus dalam satu layar. Sudah banyak ponsel berbasis Android yang mengadopsi teknologi ini, bahkan yang harganya murah sekalipun.

Ada yang bilang lebih baik membeli iPhone daripada Android, ada juga yang bilang lebih baik membeli Android daripada iPhone. Wajar jika kamu mendapati perbedaan pendapat seperti di atas Sebenarnya terserah kamu mau beli yang mana, karena kamulah yang akan menggunakan perangkat tersebut, bukan mereka.

Di dunia ini selalu saja ada kompetisi, dan itu tidak terkecuali di dunia perangkat praktis ponsel pintar. Tidak hanya dari brand, namun juga dari sistem operasi seperti Android dan iOS. Apapun yang kamu pilih, pastikan itu bertahan lama dan cocok untuk membantu aktivitas kamu sehari-hari.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA