Alat Musik Jawa Barat yang Wajib Diketahui

0
18920 Reba Grid Id
Source: Grid id

Dari sekian banyak provinsi yang ada di Indonesia, Jawa Barat sangat terkenal dengan berbagai macam kebudayaan yang dimiliki. Seperti halnya adanya tari jaipong, wayang golek, rampak gendang dan lain sebagainya. Semua kebudayaan yang terdapat pada setiap daerah tentu saja tidak terlepas dari iringan musik.

Itulah kenapa di Jawa Barat terdapat alat musik tradisional yang sangat beragam. Mulai dari angklung, calung, kendang dan lain sebagainya. Nah, untuk menambah wawasan baru mengenai alat musik tradisional dari salah satu provinsi yang ada di Indonesia, baca ulasan ini hingga selesai. Karena akan dibahas mengenai 10 alat musik Jawa Barat yang wajib Anda tahu.

10 Alat Musik Khas dari Jawa Barat

1. Rebab


18920 Reba Grid Id
Source: Grid id

Sejak abad ke-9 masehi alat musik tradisional rebab yang berasal dari jawa barat ini sudah dikenal. Awal mula adanya rebab di jawa barat ini dibawa oleh para pedagang timur tengah. Awalnya alat musik tradisional ini terbuat dari bahan dasar tembaga dan memiliki tiga buah senar atau dawai, seiring berjalannya waktu, alat musik ini bahan dasar yang digunakan berubah yaitu kayu dan berbentuk seperti busur panah. Sebab termasuk jenis alat musik yang digesek dan cara memainkannya seperti memainkan biola.

2. Suling


18920 Suling Pinterest
Source: Pinterest

Suling adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat dan pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang satu ini. Yang mana suling merupakan alat musik tradisional yang ditiup, karena terbuat dari bahan dasar pembuatan suling yaitu kayu atau bambu. Untuk mengatur nada dan membentuk sebuah musik yang indah, suling memiliki beberapa lubang. Jumlah lubang setiap suling berbeda-beda. Bahkan, ada yang berjumlah 4 hingga 8 lubang tergantung dari kebutuhan lagu.

3. Karinding


18920 Karinding
Source:

Alat musik tradisional dari Jawa Barat yang selanjutnya yaitu Karinding, yang mana alat musik ini tergolong unik. Karena cara memainkannya dengan meletakkan di bibir dan menepuk pada bagian pemukulnya. pada umumnya alat musik tradisional ini terbuat dari pelepah pohon aren dan bambu. Yang mana karinding yang terbuat dari pohon aren digunakan oleh laki-laki dan yang dari bambu digunakan oleh perempuan.

4. Calung


18920 Calung Wikipedia
Source: Wikipedia

Calung memiliki bentuk yang hampir sama dengan alat musik angklung. Namun, bahan yang digunakan untuk membuat alat musik tradisional ini yaitu bambu jenis awi wulung atau bambu hitam. Bahkan, ada juga beberapa orang yang membuat calung dari bambu ater.

5. Angklung


18920 Angklung Nesabamedia
Source: Nesabamedia

Sepertinya Anda sudah tidak asing lagi dengan alat musik angklung, yang mana alat musik ini memiliki nada ganda dan multitonal. Cara membunyikan alat musik angklung ini dengan menggoyangkan. Nantinya akan terjadi benturan badan antara bambu yang satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan suatu bunyi. Angklung termasuk alat musik idiofon atau suara yang berasal dari getaran keseluruhan alat musik.

6. Tarawangsa


18920 Tarawangsa Coldeja
Source: Coldje

Alat musik Jawa Barat yang selanjutnya yaitu Tarawangsa, memiliki bentuk yang hampir mirip dengan biola, yang mana alat musik ini hanya memiliki 2 dawai atau senar. Namun, perlu diketahui dari kedua dawai yang ada, hanya satu yang bisa dibunyikan dengan cara digesek, sedangkan satunya lagi hanya bisa dipetik dengan jari telunjuk tangan kiri. Biasanya alat musik ini digunakan untuk mengiringi alat musik lainnya seperti kecapi.

7. Kecapi


18920 Kecapi Riugo7
Source: riugo

Pada tembang Sunda, kecapi memiliki peranan yang sangat penting, yang mana alat musik ini bisa dimainkan menjadi dua bagian untuk mengiringi musik tradisional sunda. Setiap jenis kecapi memiliki peranan tersendiri, seperti halnya kecapi induk yang berperan untuk menentukan tempo dan memulai music, sedangkan kecapi anak berperan untuk mengiringi musik dengan frekuensi yang tinggi.

8. Arumba


18920 Arumba Nesabamedia
Source: Nesabamedia

Arumba merupakan salah satu alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Hingga akhirnya alat musik ini berkembang menjadi jenis musik tersendiri. Alat musik tradisional arumba ini terbuat dari bambu pilihan seperti tali, Wulung dan awi temen, sehingga tidak sembarangan menggunakan bambu.

9. Jenglong


18920 Jenglong Initu
Source: Initu

Alat musik jawa barat selanjutnya yang harus anda ketahui yaitu Jenglong. Yang mana alat musik tradisional ini memang sangat asing. Peran dari jenglong yaitu sebagai alat musik untuk membuat suara dasar atau kerangka lagu. Alat musik ini cara memainkannya dipukul menggunakan pemukul khusus, yang mana pemukul alat musik ini ditutup dengan bahan wol atau benang.

10. Celempung


18920 Celempung Coldeja
Source: Coldeja

Celempung adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari kulit bambu. Sedangkan untuk menghasilkan suara, alat musik ini memanfaatkan resonansi yang ada dalam ruas batang bambu. Ada dua senar pada alat musik ini yang disetel dengan nada tersendiri. Seperti halnya nada pelog dan nada slendro.

Alat musik tradisional setiap provinsi memang banyak sekali. Bahkan, di Jawa Barat sebenarnya masih banyak alat musik. Yang jelas dengan adanya 10 alat musik tradisional Jawa Barat ini bisa menambah wawasan kita.

BACA JUGA!

Alat Musik Sumatera Utara yang Perlu Kamu Ketahui