Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya Serta Contohnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
alat-musik-petik
Daftar Topik

Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya – Bagi kamu yang hobi bermain atau mendengarkan musik, tentunya tidak asing dengan beragam alat musik. Di dunia ini, ada beragam jenis alat musik, mulai dari yang tradisional hingga modern. Alat musik juga bisa dibedakan berdasarkan bagaimana cara menghasilkan suaranya. Misal ditiup, dipetik, atau dipukul.

Kira-kira, apa saja ya jenis alat musik ini? Temukan jawaban lengkapnya di artikel Blog elevenia yang satu ini!

Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

1. Alat Musik Tiup

alat-musik-tiup-termasuk-jenis-alat-musik-berdasarkan-cara-memainkannya

Kategori pertama ada alat musik tiup. Alat musik tiup menghasilkan suara jika kolom udara di dalamnya digetarkan. Tinggi rendahnya nada dari alat musik jenis ini ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan sesuai dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen. Sementara, timbre alat musik tiup dipengaruhi bahan dasar dan konstruksinya. Contoh alat musik ini, yaitu suling dan terompet.

2. Alat Musik Pukul

alat-musik-pukul

Kemudian yang kedua adalah jenis alat musik pukul. Alat musik pukul menghasilkan suara jika dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul terbagi menjadi dua macam, yaitu bernada dan tidak bernada. Bahan-bahan dan bentuk instrumen akan menentukan suara yang dihasilkan. Contoh alat musik pukul, yaitu kolintang (bernada), drum (tidak bernada), dan bongo (tidak bernada).

Baca Juga: Daftar Jenis Alat Musik Ritmis

3. Alat Musik Gesek

alat-musik-gesek

Jenis alat musik ketiga adalah alat musik gesek. Alat musik gesek ini menghasilkan suara jika dawai digesek. Tinggi rendahnya nada pada alat musik gesek bergantung pada panjang pendeknya dawai. Contoh alat musik gesek yaitu biola dan juga kecapi.

4. Alat Musik Petik

alat-musik-petik

Selanjutnya ada alat musik petik. Sesuai dengan namanya, alat musik petik ini menghasilkan suara jika dawai dipetik. Tinggi rendahnya suara yang dihasilkan bergantung pada panjang pendeknya dawai. Contoh alat musik petik yaitu gitar.

5. Alat Musik Tekan

alat-musik-tekan-termasuk-jenis-alat-musik-berdasarkan-cara-memainkannya

Sebenarnya, jenis alat musik ini tidak termasuk kategori mana pun. Akan tetapi, cara memainkannya dengan cara ditekan, menjadi bagian dari sistem penghasil bunyi yang diinginkan. Alat musik tekan mempunyai tiga jenis, yaitu menekan untuk memukul, menekan untuk meniup, dan menekan untuk mengaktifkan sistem elektronik. Alat musik ini contohnya piano akustik (chordofon pukul), organ akustik (aerofon), accordion, dan alat musik elektronik yang memakai keyboard (papan kunci).

Itu dia tadi informasi seputar jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya yang wajib diketahui. Bagaimana, apa sekarang kamu makin tertarik dengan beragam alat musik atau dunia musik? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, ya.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP