Mau Belajar Menjahit? Siapkan 14 Alat Jahit Ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
alat-jahit
Daftar Topik

Alat Jahit – Menjahit merupakan hobi yang banyak diminati wanita, khususnya para pecinta mode. Selain membantu menghemat biaya, menjahit juga dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi seseorang. Dalam menjahit, ada beberapa alat yang harus disiapkann loh.  Alat-alat ini juga sangat membantu pemula dalam menyelesaikan jahitannya.

Kira-kira alat apa saja yang harus disiapkan? Apa saja ya fungsinya? Temukan jawabannya di artikel Blog elevenia yang satu ini. Simak informasinya sampai habis, ya.

Alat Jahit yang Wajib Disiapkan Pemula

Adapun alat jahit dasar yang harus disiapkan dalam menjahit tentunya benang dan jarum. Beberapa alat di bawah ini juga membantu saat mendesain pakaian. Ini dia daftar lengkapnya.

1. Jarum

jarum

Dalam menjahit, jarum adalah bintang utamanya. Dengan jarum, kita dapat dengan mudah menjahit benang sesuai dengan keinginan. Salah satu hal yang diperhatikan dalam memilih jarum ialah ukuran dan jenisnya. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kok.

Umumnya ada 2 jenis jarum jahit yang beredar. Yaitu jarum jahit tangan dan juga jarum jahit mesin. Jarum jahit tangan digunakan untuk menjahit tangan. Biasanya ukuranya lebih kecil dan ramping. Sedangkan jarum jahit mesin punya ukuran yang agak lebih besar. Menariknya, jenis jarum ini juga punya ukuran yang beragam. Ukuran ini juga bisa disesuaikan dengan jenis kain yang ingin dijahit.

2. Benang

benang

Ada jarum, tentu ada benang. Selain punya ratusan warna, benang jahit ini juga terdiri dari beberapa jenis berdasarkan ukuran dan juga seratnya. Untuk menjahit tangan atau menjahit dengan mesin, kamu bisa memilih benang jahit biasa. Untuk mengobras, biasanya ukuran kemasan benang lebih besar dan tebal untuk menghemat biaya.

Lain lagi ceritanya kalau kamu mencoba untuk menyulam. Umumnya benang yang digunakan punya kemasan khusus dan dijual per ikat. Ada juga benang wol yang berserat tebal dan cocok untuk dibuat berbagai kerajinan.

3. Pendedel

pendedel

Jika jahitanmu salah, tak perlu khawatir. Alat satu ini bisa menyelamatkanmu. Pendedel biasa digunakan untuk melepaskan atau membetulkan jahitan yang salah. Namun bukan cuma itu saja fungsinya.

Alat ini juga sangat membantumu saat kamu ingin merombak pakaian, loh. Satu hal yang perlu diingat saat memakainya. Pastikan matamu jeli agar tidak salah dalam melepas jahitan, ya. Dalam hal ini, kesabaran juga sangat diperlukan.

4. Kertas Karbon

kertas-karbon

Untuk pemula, biasanya kertas karbon sangat diperlukan untuk belajar membuat kampuh pola jahitan nih. Kampuh sendiri ialah jarak tambahan pada pola yang menandai batas jahitan. Biasanya, kampuh berukuran 2,5 cm dan dibuat dengan rader.

Kertas ini membantumu untuk meninggalkan jejak hitam saat menggunakan rader. Sehingga pola yang telah dibuat dapat tampak di kain. Sehingga kamu pun semakin mudah untuk mengguntingnya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mesin Jahit Portable Terbaik

5. Rader

rader

Selain kertas karbon, rader juga tak kalah penting dalam membuat pola. Alat satu ini punya bentuk yang cukup unik loh. Di bagian depan ada semacam roda yang bergerigi. Roda ini lah yang membantu membuat kampuh pola jahitan.

Untuk menggunakannya, cukup tekan rader pada bagian tengah dengan jari telunjuk. Gunakan jari lain untuk memegang gagang rader. Lalu arahkan rader maju atau mundur sesuai dengan keinginan.

6. Pita Ukur

pita-ukur

Kalau alat yang satu ini sangat diperlukan oleh penjahit pemula maupun profesional. Umumnya pita ukur digunakan saat mengukur tubuh sebelum membuat pola pakaian. Adapun bagian-bagian yang diukur dari tubuh disesuaikan dengan jenis pakaian yang ingin dibuat. Apakah atasan, bawahan atau terusan.

7. Penggaris

penggaris

Dalam menjahit, ada penggaris khusus yang biasa digunakan loh. Fungsinya tidak jauh beda dengan penggaris biasa. Yaitu membantu untuk membuat pola terlihat lebih rapi dan mengukur panjang atau lebar kain.

Dalam hal ini, ada 3 jenis penggaris yang biasa digunakan. Mulai dari penggaris lurus, penggaris siku hingga penggaris melengkung. Semuanya digunakan sesuai dengan bentuk pola. Selain ketiganya, ada juga beberapa jenis penggaris lain yang digunakan untuk kebutuhan lebih kompleks, loh.

8. Gunting

gunting

Seperti kerajinan lainnya, gunting juga tak kalah penting dalam menjahit. Dalam menggunakannya, pastikan untuk memilih gunting khusus untuk menjahit. Pilih lah gunting yang cukup tajam agar dapat menggunting kain dengan mudah. Selain itu, hindari penggunaan gunting jahit untuk kebutuhan lainnya. Hal ini dipercaya dapat membuat gunting jahit jadi cepat tumpul.

9. Kapur Jahit

kapur-jahit

Kapur jahit biasanya digunakan untuk menggambar pola akhir pada kain, nih. Biasanya, ada dua jenis warna yang digunakan. Yaitu warna merah untuk pola depan baju, dan warna biru untuk pola belakang.

Namun, seiring perkembangan waktu, kapur ini sudah punya banyak warna dan banyak bentuk, loh. Bahkan ada kapur jahit yang berbentuk seperti pensil.

10. Kertas Koran  atau Kertas Kopi

kertas-koran-dan-kertas-kopi

Dalam membuat pola, ada dua jenis kertas yang bisa digunakan. Yaitu kertas koran dan kertas kopi. Kertas kopi punya warna coklat yang mengingatkanmu dengan sampul buku. Sedangkan kertas koran terkenal lebih hemat biaya, terutama kertas koran bekas.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Dia 8 Jenis Tusuk Dasar dalam Menjahit!

11. Mata Nenek

mata-nenek

Alat yang satu ini sangat memudahkan untuk memasukkan benang pada jarum loh. Caranya sangat mudah. Masukkan bagian kawat mata nenek ke dalam jarum jahit. Setelahnya, masukkan benang pada kawat mata nenek. Kemudian, tarik mata nenek hingga benang masuk ke lubang jarum.

12. Skala

skala

Sekilas, bentuknya mirip dengan penggaris biasa. Namun skala sendiri sangat membantu dalam membuat pola di buku pola jahitan. Biasanya ada beberapa jenis skala yang biasa digunakan. Yaitu mulai dari 1/2 hingga 1/8.

13. Buku Pola

buku-pola

Untuk kamu yang pemula, ada baiknya menyediakan buku pola untuk menyiapkan contoh pola pakaian yang dibuat. Selain membantu untuk mengingat, buku pola ini juga cocok untuk berlatih membuat pola.

14. Jarum Pentul

jarum-pentul

Kaum wanita yang berhijab mungkin tidak asing sama benda satu ini. Dalam menjahit, jarum pentul punya fungsi yang tak kalah penting loh. Yaitu untuk menjaga agar kertas pola tidak bergeser saat digambar kembali diatas permukaan kain.

Tambahan: Mesin Jahit

mesin-jahit

Untuk kamu yang pemula, tidak ada salahnya juga untuk menyiapkan mesin jahit. Terutama jika kamu ingin menekuni hobi menjahit dan berencana untuk menjadikannya sebagai bisnis.

Dalam hal ini, kamu bisa memilih 2 jenis mesin jahit. Yaitu mesin jahit biasa atau mesin jahit portabel. Di masa kini, mesin jahit portabel lebih diminati karena lebih praktis.  Namun, pastikan pilihanmu sesuai dengan kebutuhan, ya.

Itu dia tadi informasi seputar alat jahit yang harus disiapkan untuk pemula. Bagaimana, sudah siap untuk belajar menjahit?

Temukan beragam alat jahit di elevenia. Raih diskon dan beragam promo menarik spesial Terhemat di Hari Raya setiap harinya. Di elevenia, yang kamu cari, ada. 

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP