Akibat Tidur Malam yang Harus Kita Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia yang fungsinya jauh lebih penting dibandingkan dengan makanan. Hal ini dikarenakan seseorang akan dapat bertahan hidup lama tanpa makanan jika dibandingkan dengan tanpa tidur. Dengan tidak adanya asupan makanan sama sekali, seseorang masih bisa bertahan hidup selama 40 hari, tanpa minuman seseorang akan dapat bertahan hidup selama tiga hari dan tanpa udara seseorang akan dapat bertahan hidup hanya dalam hitungan menit. Hal ini jelas telah menunjukkan bahwa kebutuhan vital seorang manusia jika diurutkan dari yang terpenting adalah udara, air, tidur, dan yang terakhir adalah makanan.

Dalam pandangan para ahli, ternyata tidur memiliki berbagai macam definisi. ada ahli yang mengatakan bahwa tidur adalah suatu kondisi bawah sadar yang dengan kondisi tersebut seseorang bisa dibangunkan dengan diberikan rangsang sensorik maupun dengan rangsangan jenis yang lainnya.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa tidur adalah suatu proses fisiologis dengan siklus yang bergantian dan memiliki rentang waktu yang lebih lama dari keterjagaan. Sementara itu, sebagian ahli lainnya menyebutkan bahwa tidur adalah suatu kondisi tidak sadarkan diri yang relative dengan urutan siklus yang berulang dan aktifitas yang cenderung minim serta kesadaran yang bervariasi terhadap keberadaan perubahan fisiologis dan menurunnya respon dalam menganggapi rangasangan yang diberikan dari luar.

Akibat Tidur Malam yang Harus Kita Tahu

Konsentrasi Berkurang

Siklus tidur yang teratur akan membantu menguatkan memori dalam pikiran seseorang, sehingga bisa membuatnya lebih berkonsentrasi. Bagi mereka yang selalu tidur larut malam, tentu saja konsentrasinya akan dengan mudah terganggu. Selain konsentrasi, ternyata penalaran, kewaspadaan dan kemampuan memecahkan masalahnya pun juga akan turut terganggu.

Berdampak pada Kesehatan

Tidur berperan dalam proses melancarkan peredaran darah, memperbaiki sel tubuh, serta membantu dalam proses produksi enzim dan hormone. Oleh karena itu, bagi mereka yang kekurangan tidur maka berisiko tinggi untuk terserang berbagai gangguan kesehatan dengan sendirinya. Bahkan jika kurang tidur tersebut terjadi dalam waktu yang sangat lama dan berada pada tahap yang sudah sangat parah, maka akan muncul gangguan kesehatan lainnya yang lebih serius seperti:

  • stroke,
  • penyakit jantung,
  • tekanan darah tinggi,
  • diabetes, dan sebagainya.

Menurunkan Gairah Seksual

Kurang tidur baik pada pria maupun wanita akan menurunkan tingkat libido dan gairah seksual pada mereka. Hal ini terjadi karena energi yang mereka miliki telah terkuras habis dan tekanan darah mereka akan meningkat.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa para pria yang menderita masalah pernapasan hingga tidurnya terganggu, maka kadar testosteron nya akan sangat rendah pada malam hari. Sementara itu, testosterone merupakan hormone yang memiliki peran terpenting dalam mendorong libido atau gairah seksual seseorang.

Menjadi Pelupa

Sebuah studi yang dilakukan di berbagai negara eropa menyatakan bahwa sharp wave ripples atau peristiwa otak bertanggung jawab dalam menguatkan memori otak dan mengirimkan data yang ada dari hipokampus menuju neokorteks yang ada pada otak, dimana semua kenangan jangka panjang tersimpan di tempat tersebut. Persitiwa ini biasanya terjadi pada saat kita sedang tertidur. Itulah mengapa orang yang sering tidur terlalu malam akan menjadi pelupa.

Penyebab Depresi

Mereka yang sering tidur larut malam selama tujuh hari berturut-turut akan merasakan perasaan sedih, marah, stress dan mental yang sangat lemah. Oleh karena itu, menurut penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa mereka yang mengalami insomnia memiliki tingkat risiko yang tinggi untuk terserang depresi.

Obesitas

Ternyata tidur terlalu larut juga bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Mereka yang hanya tidur dalam waktu kurang dari enam jam sehari, memiliki kecenderungan untuk menjadi gemuk jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur antara 7 hingga 9 jam dalam satu hari. Hal ini terjadi karena pada saat kita tidur, terjadi penurunan leptin yaitu pemberi sinyal kenyang menuju otak serta merangsang nafsu makan dan peningkatan ghrelin yang merupakan perangsang rasa lapar. Oleh karena itu, bagi mereka yang sering tidur terlalu malam bukan hanya nafsu makannya saja yang meningkat, tetapi juga adanya hasrat yang sangat kuat untuk memakan berbagai jenis makanan tanpa terkontrol, seperti makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat tinggi.

Meningkatkan Risiko Kematian

Akibat yang ditimbulkan dari kurangnya waktu tidur yang paling menakutkan adalah risiko kematian yang meningkat. Menurut para ahli yang berasal dari Inggris, mereka yang tidur kurang dari 5 hingga 7 jam per hari, akan mengalami risiko kematian yang lebih tinggi yang disebabkan oleh beberapa faktor dan mengalami risiko kematian yang dua kali lebih besar karena penyakit kardiovaskuler.

Itulah 8 akibat yang akan kamu dapatkan jika kamu tidur terlalu malam secara terus menerus. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA