9 Tips Cara Mengatasi Masalah Sakit Kepala yang Mengganggu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Gejala sakit kepala merupakan gejala umum yang sering dirasakan banyak orang. Meski sering disepelekan, tidak dipungkiri sakit kepala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kepala yang berdenyut-denyut atau bahkan terasa berat membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi secara penuh saat melakukan aktivitas.

Sakit kepala ini bisa timbul karena berbagai hal, mulai dari kelelahan hingga penyebab medis lainnya. Jika sakit kepala yang diderita datang terlalu sering, lebih baik konsultasikan langsung dengan dokter guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Untuk mencegah sakit kepala kembali datang, ada sejumlah tipsnya seperti di bawah ini:

Tips Mengatasi Masalah Sakit Kepala yang Mengganggu

Minum Air Putih Sebelum Makan

Sekitar 70 persen dari susunan tubuh manusia adalah cairan. Inilah alasan kenapa manusia harus banyak minum air tiap harinya. Sebuah penelitian yang dilakukan The Harvard Health Letter menyatakan bahwa tekanan darah akan mengalami penurunan saat kita makan. Inilah yang menyebabkan kenapa kita kadang merasa pusing saat makan. Untuk itu disarankan meminum segelas air putih minimal 15 menit sebelum makan.

Hindari Mandi dengan Air Panas

Sebagian orang merasa nyaman bila mandi menggunakan air panas dibandingkan air dingin. Padahal sebagian dari mereka sudah tahu jika mandi dengan air panas akan mengakibatkan sakit kepala karena terjadinya pergeseran hormone. Biasanya hal ini lebih rentan terjadi pada wanita hamil. The Mayo Clinic Guide to a Healthy Pregnancy melaporkan bahwa pergeseran hormone itu menyebabkan pembuluh darah tidak stabil (mengendur dan melebar), pergerakan tersebut membuat aliran darah menuju bayi akan meningkat. Hal ini mengakibatkan wanita hamil akan sering merasakan pusing. Untuk mengatasinya, wanita hamil harus menghindari mandi denga air panas. Kamu bisa menggantinya dengan air hangat, atau air yang mendekati suhu tubuh.

Minum Teh Jahe

Teh Jahe punya banyak sekali manfaat yang mungkin tidak semua orang tahu. Salah satunya adalah meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh mual karena perjalanan darat atau pun karena mabuk laut. Caranya, kamu tinggal meminum teh bubuk jahe ke dalam secangkir teh atau air panas. Efeknya akan langsung terasa dalam 30 menit dan bakal bertahan sampai empat jam.

Mengkonsumsi Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Vitamin C memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi sakit kepala. Tak hanya itu, vitamin C juga bisa didapatkan dengan mudah, mulai dari buah-buahan sampai sayuran. Penelitian yang diterbitkan oleh The Journal Acta Oto-Laryngologica, mengungkapkan bahwa pasien vertigo dan sakit kepala akan membaik setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Mengkonsumsi Biji-Bijian

Seperti diketahui, biji-bijian mengandung banyak sekali serat. Sebuah penelitian dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa makanan seperti kentang, nasi putih dan juga makanan lainnya yang mengandung tepung maupun gula halus akan dicerna lebih cepat sehingga mengakibatkan gula darah menurun. Inilah salah satu penyebab kita merasa pusing. Nah, untuk menghindari masalah ini, kamu harus sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat sepreti biji-bijian.

Mengkonsumsi Cuka Sari Apel

Sejumlah penelitian menemukan bahwa cuka sari apel mampu membantu dalam mengendalikan kadar gula di dalam darah, mencegah darah tinggi maupun rendah. Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan meminumnya sebanyak dua kali sehari. Namun kamu harus menerapkan cara ini secara perlahan dan liat dampaknya bagi kesehatan kamu.

Memijat Tubuh

Memijat tubuh memang baik dilakukan untuk membuat tubuh lebih rileks. Namun memijat tubuh sendiri tentu kurang afdol karena manfaat dari pijatan itu sendiri kurang terasa. Namun ternyata untuk mengatasi sakit kepala kamu bisa melakukan pemijatan sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan minyak lavender kemudian balurkan ke permukaan kulit sambil dipijat-pijat lembut.

Minum Air Putih

Seperti yang diketahui, kita harus meminum air putih minimal 8 gelas perhari. Hal ini karena jika kita kekurangan air putih maka akan memicu timbulnya sakit kelapa. Dr. Donnica More menuturkan jika kurangnya cairan di tubuh akan menimbulkan berkurangnya volume darah dan hal ini membuat tekanan darah menurun. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi maka kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tiap harinya dengan cara mengkonsumsi air putih secara cukup.

Memilih Titik Fokus

Saat mata kamu mulai terasa berkunang-kunang, lebih baik segera hentikan aktivitas yang tengah kamu lakukan. Kemudian tataplah benda yang tidak bergerak seperti furniture, jam dinding maupun benda lainnya. Hal ini guna menentukan titik fokus. Memaksakan diri kamu untuk terus fokus pada satu titik akan mengembalikan tekanan darah menjadi normal dan mengurangi rasa mual.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi sakit kepala secara efektif. Mungkin dari sekian cara di atas, kamu bisa memilih cara yang sekiranya sangat cocok untuk kamu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA