9 Tipe Kepribadian Menurut Enneagram

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
enneagram
Daftar Topik

Tipe Kepribadian Menurut Enneagram – Setiap manusia merupakan pribadi yang unik dan punya kelebihan masing-masing. Dalam mengetahui kepribadian, seseorang dapat mengikuti beberapa tes. Salah satunya ialah tes kepribadian menurut Enneagram. Kali ini, Blog elevenia akan membahas mengenai 9 tipe kepribadian Enneagram. Berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Enneagram

grafik-enneagram

Merupakan salah satu teori mengenai kepribadian yang diturunkan dari Oscar Ichazo pada tahun 1950-an. Teori ini kemudian juga diturunkan kembali oleh psikiater Chili, Claudio Naranjo pada tahun 1970-an. Dalam mengembangkan teorinya, Naranjo dipengaruhi oleh ajaran sebelumnya. Seperti teori kepribadian George Gurdjieff dengan tradisi Jalan Keempat-nya.

Secara istilah sendiri, kata Enneagram berasal dari kata “ennea” dan “grammos” dalam bahasa Yunani. Kata “ennea” berarti sembilan dan “grammos” berarti gambar. Uniknya, teori ini juga melibatkan grafik dengan sembilan sudut yang berhubungan satu sama lain. Masing-masing sudut ini lah yang melambangkan jumlah tipe kepribadian menurut teori ini.

Tipe Kepribadian menurut Enneagram

1. The Reformer

the-reformer

Para Reformer ingin mengubah dunia menjadi lebih baik. Ia merupakan kepribadian yang rela berkorban dan rela mempertaruhkan diri demi mencapai tujuannya tersebut. Mereka menggunakan keyakinan dalam mengontrol dan mengendalikan diri, bahkan saat mengambil keputusan.

Para Reformer sangat teratur, bahkan cenderung kaku. Sehingga sangat perlu untuk rileks dan beristirahat sejenak. Sebagai Reformer kamu perlu ingat kalau bukan hanya kamu yang menentukan nasib dunia. Kamu juga perlu ingat semuanya tidak bisa langsung berubah setelah kamu mencoba memperbaikinya.

2. The Helper

the-helper

Merupakan tipe yang mengutamakan perasaan dan cinta dalam hubungannya. Para Helper tidak akan segan-segan membantu, memberikan kasih sayang, dan menunjukkan perhatian. Karena hal-hal itulah yang membuat hidupnya terasa lebih bermakna. Mereka juga merupakan pribadi yang tulus dalam membantu dirinya sendiri maupun orang lain.

Banyak yang tertarik dengan kepribadian Helper yang hangat dan bersedia untuk turun tangan memberikan bantuan. Mereka merupakan pribadi yang menerima apa adanya serta mau memahami orang lain. Bagi Helper, membuka diri sendiri sebelum membuka hati orang lain merupakan hal yang penting.

Sebelum membantu orang lain, sebaiknya pikirkan motif yang kamu punya sebagai Helper. Hal ini berguna untuk menimbang seberapa tulus kamu dalam membantu orang lain.

3. The Achiever

the-archiever

Tipe ini merupakan tipe yang memiliki bakat kepemimpinan yang baik. Mengembangkan diri membuatnya cenderung merasa lebih baik. Orang dengan tipe kepribadian ini juga dikenal bisa diandalkan dan dapat dipercaya.

Karena kepercayaannya yang tinggi, banyak para Archiever yang memperoleh kesuksesan. Selain itu, mereka juga dapat mengembangkan talenta dan kapasitas yang dimiliki. Selain itu, ia juga dikenal selalu memastikan besarnya pengaruh pilihan hidup yang dipilih terhadap kesuksesannya.

Namun yang perlu diingat, selain kesuksesan, kejujuran adalah hal yang penting untuk dijunjung tinggi. Orang-orang akan lebih menghargai orang yang jujur ketimbang yang menggunakan segala cara untuk memperoleh kesuksesan.

4. The Individualist

the-individualist

Seringkali, para Individualist merasa dirinya tidak seperti orang kebanyakan. Mereka menilai dirinya sebagai pribadi yang unik serta fokus pada perbedaan dan kekurangan yang ada. Namun mereka merupakan pribadi yang jujur terhadap dirinya sendiri.

Walaupun tidak takut menunjukkan siapa dirinya, orang dengan kepribadian ini sering merasa kehilangan arah. Mereka sering mendapati dirinya kebingungan untuk mengidentifikasi diri serta apa yang dirasakannya. Karena sering merasa berbeda mereka sulit menemukan orang yang mampu memahaminya. Sehingga rawan mengalami kesepian.

Melupakan masa lalu merupakan hal yang menjadi tantangan terbesarnya. Kejadian pahit di masa lalu seringkali membuatnya merasa kecewa dan sulit untuk mengembangkan diri.

5. The Investigator

the-investigator

Tipe ini terkenal dengan kepribadiannya yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ia selalu tertarik untuk mempelajari hal-hal baru yang ada di sekitarnya. Mereka lebih menyukai fakta ketimbang doktrin atau opini dari orang lain.

Di balik rasa ingin tahunya, para Investigator memiliki rasa kurang percaya diri terhadap kemampuannya. Saat pikiran negatif telah menguasai pikirannya, mereka cenderung mudah menyerah dalam melakukan sesuatu.

Karena itu tipe ini sebenarnya membutuhkan masukan dari orang lain saat menghadapi masalah. Agar nantinya dapat membantu mereka dalam memberikan solusi melalui berbagai perspektif.

Baca Juga: 18 Tanda Kecerdasan Naturalis pada Anak

6. The Loyalist

the-loyalist

Baginya, kesetiaan adalah hal yang layak untuk dijunjung tinggi. Mereka merupakan pribadi yang setia pada teman, ide, serta prinsip yang dimilikinya. Hal ini menjadikan mereka berpegang teguh pada prinsip.

Dibalik kesetiannya, mereka adalah orang yang takut kehilangan dan dikhianati. Sama seperti Enthusiast, mereka juga kurang memiliki rasa kepercayaan diri serta memiliki rasa khawatir yang tinggi. Baik terhadap penilaian yang dibuat maupun tindakan yang diambil.

Karena sering menanggapi sesuatu berlebihan, mereka perlu menyetahui penyebab ketakutan itu. Selain itu, para Loyalist juga perlu ingat bahwa tidak semua kekhawatiran itu akan terjadi.

7. The Enthusiast

the-enthusiast

Mereka yang Enthusiast memiliki rasa antusias dan jiwa petualang yang tinggi. Mereka dapat belajar dengan cepat, selalu ceria dan punya selera humor yang bagus. Mereka mampu menciptakan suasana di lingkungannya menjadi hidup dan menyenangkan. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai sosok yang optimis.

Para Enthusiast perlu mendengarkan pendapat orang lain untuk memperoleh pengetahuan baru. Rasa cemas dan rasa sedih akibat kenyataan yang tidak sesuai ekspektasi juga merupakan tantangannya. Untuk itu, ada baiknya kamu memastikan apa yang kamu lakukan dapat meningkatkan mood-mu, Enthusiast.

8. The Challenger

the-challenger

Challenger terkenal suka tantangan dan senang mengeksplor hal baru. Mereka juga pandai mempengaruhi orang lain untuk mengikuti arahannya. Namun, mereka merupakan pribadi yang tidak suka dikekang.

Mereka merupakan sosok yang independen dan tidak takut untuk mengambil segala resiko. Karena takut dikekang dan disakiti orang lain, sering kali para Challenger menggunakan egonya sebagai pertahanan.

Namun kamu perlu ingat satu hal, Challenger. Tidak semua orang berusaha menjatuhkanmu. Kamu perlu terbuka terhadap perhatian orang lain untuk merasakan dukungan di sekitarmu. Sesekali, buatlah mereka tahu bahwa mereka sangat berharga untukmu.

9. The Peacemaker

the-peacemaker

Merupakan tipe yang suka menciptakan kedamaian di lingkungannya. Ia terkenal sebagai pribadi yang menghindari konflik dan ketegangan yang ada di lingkungannya. Para Peacemaker cenderung mencari solusi yang tidak menyakitkan dalam menghadapi konflik.

Sayangnya, mereka seringkali lupa untuk belajar cara menghadapi setiap konflik yang dialaminya. Mereka juga cenderung terlalu fokus pada sisi positif semua hal. Sehingga tak jarang mereka mengabaikan pikiran dan emosi buruk yang dirasakannya.

Sebagai solusinya, memperbanyak olahraga dan latihan fisik mungkin akan mengasah kepekaanmu, Peacemaker. Baik kepekaan terhadap kondisi maupun emosimu. Sehingga kamu dapat lebih fokus dalam melakukan sesuatu.

Itu dia tadi ulasan tentang tipe kepribadian menurut Enneagram. Sudah menemukan tipe kepribadianmu?

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP