9 Oleh Oleh Khas Makasar Paling Populer

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Oleh-Oleh-Khas-Makasar[1]
Daftar Topik

Makassar merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia yang tepatnya di daerah pulau Sulawesi. Selain itu, kota ini juga terdiri dari banyak destinasi wisata yang sering di kunjungi, seperti pantai Losari dan lain sebagainya. Hal ini tentu membuat banyak wisatawan memilih berkunjung ke Makassar untuk berlibur.

Namun disaat pulang dari berlibur tidak sedikit orang-orang disekitar rumah akan meminta oleh-oleh. Oleh karena itu, membeli oleh-oleh pada saat liburan ke suatu tempat sudah menjadi kewajiban tersendiri yang harus dilakukan.

Sama halnya dengan daerah-daerah wisata lainnya, Makassar tentu juga memiliki beragam makanan khas yang populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Adapun beberapa makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Makassar terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Bannang-bannang

9-Oleh-Oleh-Khas-Makasar-Paling-Populer - Bannang Bannang MakassarMendengar namanya saja mungkin sudah bisa membuat kamu penasaran akan makanan khas Makassar ini. Terlebih jika kamu belum pernah mengunjungi kota Makassar tentunya. Adapun nama dari salah satu oleh-oleh khas Makassar ini memiliki arti yaitu benang-benang.

Disebut sebagai benang-benang sendiri karena bentuk dari makanan ini menyerupai benang yang terlipat-lipat kusut. Selain sebagai oleh-oleh, bannang-bannang ini juga merupakan makanan yang sering dijumpai dalam upacara pernikahan di Makassar. Hal ini dikarenakan rasa manis yang terdapat pada makanan ini dianggap memberikan lambang ikatan yang erat bagi masyarakat setempat.

  1. Otak-Otak Tenggiri

Otak-otak biasa mungkin sudah kamu jumpai dengan mudah di berbagai tempat. Namun, jika otak-otak tersebut terbuat dari ikan tenggiri mungkin hanya akan kamu dapatkan di Makassar. Adapun cara pengolahan dari makanan ini juga memiliki khas tersendiri.

Dalam hal ini, otak-otak ikan tenggiri akan dibungkus dalam daun pisang setelah itu dimasak dengan cara dibakar. Meskipun demikian tidak perlu khawatir makanan ini untuk basi jika kamu berasal dari kota yang cukup jauh. Kamu dapat meminta otak-otak tenggiri yang masih fresh agar dapat tahan lebih lama.

  1. Kue Kurma

Bukan berasal dari buah kurma, akan tetapi bentuknya yang menyerupai buah kurma membuat makanan khas ini disebut sebagai kue kurma. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue ini terdiri dari tepung terigu dan maizena, telur, mentega, serta dibalut dengan karamel. Rasa yang dihasilkan oleh kue ini manis dengan sedikit rasa gurih yang dihasilkan dari balutan potongan kacang.

  1. Kopi Toraja

Minuman ini mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya karena menjadi salah satu inovasi dari kopi instan di tanah air. Jika kamu ingin merasakan keaslian rasa dari kopi Toraja tentu menjadi saat yang tepat ketika mengunjungi kota Makassar.

Oleh-oleh khas Makassar ini juga akan sangat cocok menjadi buah tangan untuk orang-orang terdekat pecinta kopi. Kopi Toraja ini memiliki tiga varian rasa yang dapat pilih yaitu terdiri dari Robusta, Special blend, dan Arabika.

Baca juga: 8 Oleh-Oleh Khas Padang yang Patut Kamu Coba

  1. Baruasa

Jika kamu berlibur dengan budget yang pas-pasan, oleh-oleh khas Makassar yang satu ini sangat cocok bagi kamu. Makanan khas daerah ini ditawarkan dengan harga yang cukup murah. Baruasa ini merupakan makanan tradisional yang memiliki cita rasa tersendiri. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini adalah tepung beras, telur, dan kelapa parut kering.

  1. Kacang Sembunyi

Disebut sebagai kacang sembunyi karena makanan ini merupakan kacang tanah yang dibalut dengan tepung. Cita rasa yang dihasilkan dari makanan khas Makassar ini adalah gurih yang khas. Kamu dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh karena makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan.

  1. Sirup DHT

Jangan berpikiran bahwa sirup ini adalah obat batuk khas Makassar. Sirup DHT yang satu ini merupakan olahan untuk minuman dengan cita rasa pisang ambon. Jika penasaran bagaimana rasa pisang yang dijadikan sebagai sirup maka kamu wajib mencoba oleh-oleh khas Makassar yang satu ini.

Adapun rasa yang dihasilkan hampir mirip dengan sirup tjampolay dari Cirebon. Namun sirup DHT ini tentu memiliki cita rasa khas tersendiri dari daerah asalnya.

  1. Sirup Markisa

Jika kamu ingin mencoba sirup dengan rasa yang tidak biasa maka kamu dapat mencoba oleh-oleh khas Makassar yang satu ini. Sirup Markisa dari Makassar ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar karena rasanya yang unik dan khas. Oleh-oleh ini tentu juga diproduksi dengan buah markisa asli serta tanpa adanya tambahan bahan kimia.

  1. Abon Raos

Satu lagi makanan khas Makassar yang terdengar unik yaitu Abon Raos. Abon ini terbuat dari daging sapi yang diolah sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat enak. Hal ini tentu membuat oleh-oleh khas ini sangat cocok untuk disajikan saat makan bersama keluarga.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Makassar yang dapat kamu pilih saat berkunjung ke Sulawesi. Dengan membawa oleh-oleh khas Makassar di atas kamu akan disambut dengan senang hati ketika sampai di rumah.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA