9 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Pastinya Anda sudah sangat familiar dengan bunga matahari bukan, bunga ini mempunyai warna yang khas yakni berwarna kuning serta bentuknya yang besar sehingga sangat menarik. Sehingga tak heran jika bunga matahari ini sangat terkenal di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Di balik keindahan bunga matahari ternyata banyak sekali khasiatnya lho. Dan salah satu bagian bunga matahari yang sangat terkenal adalah biji bunga matahari yakni ialah kwaci.

Bunga matahari itu mempunyai nama latin Helianthus annuus. Tak hanya bagian bijinya yang bisa di konsumsi karena biji bunga matahari bisa di olah menjadi minyak setelah adanya proses pengekstrakan. Minyak dari biji bunga matahari ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Ingin tahu manfaat minyak biji bunga matahari? Simak ulasan berikut ini:

Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat itu menjadi pemicu dari berbagai sumber penyakit misalnya penyakit jantung dan stroke. Nah, untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi yang jahat maka bisa menggunakan minyak biji bunga matahari ini sebagai obat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan omea 3 dan 6 dalam minyak biji bunga matahari bisa mengatasi masalah kolesterol yang tinggi.

Bermanfaat untuk Mencegah Kanker

Biasanya orang yang menderita penyakit kanker itu tidak mengalami tanda- tanda apapun, karena pada saat stadium awal memang sama sekali tak muncul gejala sama sekali. Namun, pada saat sudah mencapai tahap stadium akhir bisa menjadi penyakit yang sangat mematikan. Nah, kita bisa mengkonsumsi minyak biji bunga matahari ini untuk mencegah resiko kanker. Karena minyak ini memiliki kandungan vitamin E yang mana sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas yang masuk tubuh.

Untuk kesehatan dan keindahan kulit

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan dan juga keindahan kulit. Kandungan vitamin E yang ada pada minyak tersebut yang memiliki peran untuk bisa menangkal sinar UV yang memapar kulit secara langsung. Sinar UV itu memang sangat berbahay bagi kulit. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C bisa mencegah adanya kerusakan pada sel-sel kulit.

Bermanfaat untuk Rambut serta Kulit Kepala

Untuk Anda yang ingin rambut dan kulit kepala sehat maka dengan menggunakan minyak biji bunga matahari ialah solusinya. Semua nutrisi yang terkandung dalam minyak tersebut seperti asam lemak, asam folat, vitamin A, B, C, E, kandungan zat besi, kalsium dan kalium bisa memperkuat rambut dan mencegah rontok.

Bermanfaat untuk Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat yang timbul pastinya bisa menurunkan percaya diri. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan minyak biji bunga matahari dimana bisa mengurangi minyak yang berlebih pada wajah. Vitamin dan asal lemak esensial dalam minyak biji bunga matahari ini bisa mengatasi masalah jerawat dengan baik.

Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Nutrisi yang ada di dalam minyak biji bunga matahari seperti vitamin E yang tinggi dan juga lemak tak jenuh bisa menjaga selalu kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, Anda pun perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat agar peyakit jantung tak menyerang.

Menenangkan Saraf dan juga Otot Tubuh

Kandungan minyak biji bunga matahari seperti magnesium, memang memiliki khasiat untuk bisa menjaga selalu keseimbangan dari zat kalsium yang ada dalam tubuh manusia. Dengan adanya keseimbangan dari kadar kalsium pada tubuh, pastinya dapat memberikan khasiat yang positif dan bisa memberikan ketegangan untuk syaraf dan otot tubuh. Magnesium yang terkandung ini juga dapat menjadikan syaraf yang ada pada pembuluh darah menjadi bisa berjalan dengan lancar.

Menjaga Kesehatan Tulang

Tak hanya bisa menyehatkan otot dan syaraf saja, magnesium itu sangat berguna untuk kesehatan tulang. Dengan asupan magnesium yang cukup pada manusia menjadikan pertumbuhan dan perkembangan tulang bisa memiliki daya tahan yang bagus. Sehingga nantinya bisa menadikan tulang tumbuh dengan sehat.

Mencegah Datangnya Depresi

Magnesium yang terkandung dalam minyak biji bunga matahari ini memang sangat tinggi. Salah satu manfaat lainnya dari magnesium ini adalah bisa menstabilkan perasaan sehingga dapat menjaga suasana hati atau mood seseorang. Serta memiliki manfaat untuk mencegah adanya depresi dan rasa cemas yang berlebihan.

Demikianlah sekilas info yang bisa di berikan kepada Anda mengenai manfaat minyak biji bunga matahari. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA