9 Manfaat Lari Sore yang Akan Kamu Dapatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Di antara kamu mungkin banyak yang bertanya-tanya, lebih bagus lari sore atau lari pagi? Sebenarnya, baik itu lari sore maupun lari pagi sama-sama baik bagi tubuh. Keduanya pun memiliki keunggulannya masing-masing. Namun ada hal yang penting yang harus kamu perhatikan supaya kegiatan larimu berefek pada tubuh, yaitu sebelum lari usahakan tidak mengkonsumsi apapun setidaknya 2 jam sebelum melakukan lari, terutama bagi kamu yang berniat lari dalam rangka mensukseskan program diet.

Manfaat Lari Sore yang Akan Kamu Dapatkan

Lebih Segar Daripada Lari Pagi

Di saat seseorang berlari di pagi hari, kemungkinan adanya keadaan mengantuk yang masih tersisa di matanya. Sementara itu, bila lari sore sekitar pukul 4 sampai 5 sore, maka kamu akan mendapatkan suasana yang lebih baik, lebih sejuk dan lebih segar. Sebab, kamu tidak lagi dikuasai rasa kantuk seperti saat pagi hari. Mungkin kamu berpendapat bahwa lari sore bisa saja tidak efektif karena kelelahan akibat aktivitas seharian? Jawabannya tidak. Hal ini karena dampaknya adalah sebaliknya. Ya, lari sore dapat menghilangkan rasa lelah kamu akibat beraktivitas seharian.

Memperkuat Sendi dan Juta Tulang

Pada saat kita melakukan lari sore, sendi-sendi pada otot tulang akakn bergerak searah dengan gerakan kaki. Semakin sering menggerakkan kaki sendi saat berlari, maka sendi akan semakin lentur. Dengan aktifnya sendiri membuat suatu kelenjar tak hentinya mengeluarkan pelumas. Hal ini membuat sendi semakin terbiasa dengan gerakan harian tersebut. Hal ini pun berlaku untuk tulang. Makin sering tulang digerakkan, maka akan makin lentur juga tulang tersebut. Dengan begitu dapat mengurangi pengeroposan tulang sebelum waktunya.

Menyehatkan Jantung

Di saat berolahraga, termasuk saat melakukan lari sore, jantung kamu akan dipicu oleh adrenalin yang membuat jantung lebih cepat berdetak. Makin sering kita berolahraga, maka jantung kita akan lebih terbiasa dengan olahraga yang mungkin lebih berat. Tak hanya itu, saat kita berlari itu artinya jantung kita tengah memompa banyak darah seiring dengan gerakan kita. Ini terjadi secara siklus, maka jantung akan menghasilkan darah yang lebih segar dari oksigen yang kita hirup.

Menurunkan Berat Badan Lebih Banyak Dibanding Lari Pagi

Apa kamu tahu jika lari sore dapat menghilangkan lemak lebih banyak dibanding dengan lari pagi? Di sore hari, kita akan mengeluarkan banyak sekali keringat, sebab temperature pada sore hari lebih panas dan memicu terjadinya proses metabolisme tubuh yang lebih cepat dan dapat menyerap panas. Untuk itu, bagi kamu yang ingin rutin melakukan lari sore sebagai program diet, kamu sudah memilih pilihan yang tepat.

Mementingkan Stamina dan juga Ketahanan Tubuh

Saat kita sering melakukan kegiatan di sore hari, maka tubuh akan semakin kuat sebab terus digerakkan. Aktivitas lari sore mampu melancarkan peredaran darah dan jantung pun akan lebih terbiasa dalam memompa darah, sehingga dapat menggantikan darah yang jenuh dengan karbondioksidan dengan darah segar yang membawa banyak oksigen.

Membiasakan Diri Dengan Olahraga Berat

Saat kita terbiasa dengan lari sore, maka seluruh organ di tubuh kita tidak terkecuali sendi dan tulang akan lebih terbiasa digerakkan. Mekanisme ini akan membuat tubuh terus berkembang menjadi suatu ketahanan diri untuk melakukan olahraga yang lebih berat.

Memperpanjang Napas bagi Penyanyi

Kebiasaan lari sore memicu proses pernapasan dengan cara gerakan otot polos yang relative cepat. Aktivitas di sore hari ini akan membiasakan paru-paru kamu mengembang dan mengempis walau dalam waktu yang panjang. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi seorang penyanyi, karena diketahui seorang penyanyi membutuhkan latihan pernafasan supaya artikulasi lebih jelas.

Menghilangkan Stress

Tak hanya menyehatkan tubuh, lari sore pun dapat menghilangkan stress yang kamu dapatkan dari aktivitas kerja di pagi hari sampai siang hari. Di saat kita berlari, maka kita akan melihat pemandangan dan juga udara yang berhembus sejuk. Bahkan di luar negeri, lari sore ini dianggap sebagai kegiatan penghilang stress.

Melatih Pernapasan bagi Pengidap Asma

Aktivitas lari sore ini pun akan melatih pernapasan bagi pengidap penyakit asma. Penyakit asma merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan seseorang hanya dapat menahan udara di paru-paru lebih singkat dibanding orang normal. Hal ini membuat penderita asma bernafas lebih pendek. Hal ini bisa diatasi dengan lari sore. Meski dilakukan secara santai, namun paru-paru akan melatih dirinya untuk bekerja lebih banyak dalam waktu yang lama dan dapat memperbaiki fungsi pernapasan.

Itulah sejumlah manfaat dari lari sore yang bisa kamu dapatkan jika melakukannya secara rutin. Meski capek setelah bekerja pada siang hari, namun lari sore ini akan menghilangkan capek dan stress kamu seharian. Mau mencoba? (elevenia)

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA