9 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Obat adalah suatu benda yang dikonsumsi untuk menyembuhkan suatu penyakit. Ada berbagai macam obat ada obat kimiawi ada juga obat alami. Obat alami biasanya terbuat dari bahan alam seperti tanaman. Atau biasa disebut dengan tanaman obat atau tanaman tradisional. Salah satu tanaman obat yang buahnya dijadikan sebagai obat adalah belimbing wuluh.

Belimbing wuluh memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi apabila Anda ingin lebih hemat dalam menjaga kesehatan tubuh. Juga lebih aman tentunya karena bahan alami, Anda bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai alternatif. Buah belimbing wuluh berbentuk buah buni atau bulat lonjong bersegi. Dan buah ini juga memiliki nama latin yaitu Averrhoa bilimbi.

Meski tanpilan buahnya kurang menarik, tetapi buah belimbing wuluh ini memiliki banyak manfaat dan kandungan-kandungan penting untuk kesehatan dan juga kecantikan. Bahkan dalam penggunaannya, hampir semua bagian dari pohon dapat digunakan sebagai obat. Anda bisa menggunakan daun, bunga, dan juga buah belimbing wuluh. Berikut ini adalah manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Belimbing Wuluh bagi Tubuh

Meredakan batuk

Batuk merupakan penyakit yag mudah menyebar atau menular ke orang lain. Dan penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja. Apabila batuk ringan memang mudah diobati atau tidak terlalu mengganggu, tetapi apabila batuk yang berat pasti akan sangat mengganggu. Anda bisa meredakan batuk dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya, dengan merebus beberapa butir adas, tiga buah belimbing wuluh, gula serta air. Rebus hingga satu jam tunggu hingga dingin dan saring airnya. Minum air rebus dua kali sehari setelah makan pada pagi dan malam.

Mengobati sakit gigi

Sakit gigi mungkin terdengar remeh apabila bagi orang yang tidak mengetahui atau orang yang tidak pernah mengalami. Memang benar kata pepatah kalau lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Karena memang sakit gigi itu beneran sakit, kalau nggak kuat bahaya. Apabila Anda ingin mengobatinya, Anda bisa menggunakan belimbing wuluh. Caranya mudah dan simpel yaitu hanya dengan mengoleskan air belimbing wuluh ke area gigi yang sakit. Biarkan hingga satu jam lalu kumur dengan air hangat.

Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri. Biasanya jerawat bisa tumbuh di wajah, punggung dan bagian-bagian tertentu tubuh. Jerawat memang tidak mengenal gender, tapi biasanya yang ribet ketika muncul jerawat adalah para wanita. Dan bahkan ada yang sampai rela menghabiskan banyak uang untuk konsultasi ke dokter guna menghilangkan masalah jerawat. Tetapi, apabila Anda ingin lebih hemat Anda bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai masker guna menghilangkan jerawat.

Meringankan kaku dan nyeri otot

Nyeri otot dan kram memang merupakan gangguan saraf otot yang biasanya muncul secara tiba tiba ketika otot tidak siap menerima rangsangan dari luar. Apabila Anda terkena serangan nyeri otot dan kram secara tiba-tiba Anda tak perlu panik, karena bisa diatasi. Yang penting Anda harus tetap tenang dan rileks agar nyerinya tidak semakin menjadi jadi. Anda bisa mengobati nyeri dengan belimbing wuluh. Caranya, cukup balurkan pasta yang terbuat dari segenggam daun belimbing wuluh, satu buah belimbing wuluh, 10 butir cengkeh, 15 butir merica putih, dan sedikit cuka putih.

Menyembuhkan linu dan rematik

Apabila sendi-sendi tulang Anda menunjukkan tanda-tanda akan kambuhnya linu dan rematik, Anda bisa mengatasinya dengan ramuan olesan yang terbuat dari belimbing wuluh. Cukup hancurkan buah dan daun belimbing wuluh, serta kapur sirih, kemuadian aduk. Penggunaan 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Mengobati darah tinggi

Hipertensi adalah penyakit yang menyerang sistem peredaran. Yaitu naiknya tekanan dalam darah. Untuk pengobatan darah tinggi memang membutuhkan waktu yang cukup lama an bertahap. Tetapi Anda juga bisa dengan menggunakan bahan alami seperti belimbing wuluh.

Mengobati gondongan

Memakan belimbing wuluh secara teratur dapat meredakan peradangan ketika gondongan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena mengandung antioksidan dan vitamin C belimbing wuluh dapat menangkal radikal bebas dan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh Anda tidak akan mudah capek dan sakit. Serta Anda akan terbebas dari kanker.

Meredakan sariawan

Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh dapat meredakan sariawan. Karena memang penyakit sariawan sangat mengganggu, jadi Anda bisa mengobatinya dengan belimbing wuluh.

Itulah 9 manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan bahan alami pasti tentu lebih aman. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA