9 Manfaat Argan Oil yang Wajib Kamu Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Argan oil, mungkin banyak yang belum tahu produk apa ini. Minyak argan merupakan minyak yang terbuat dari ekstrak buah pohon argan. Tanaman argan sendiri sangat langka, karena hanya dapat Anda temukan di Marocco, Afrika Utara.

Nah, argan oil ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Hal ini dikarenakan argan oil memiliki kandungan sebagai berikut…

Kandungan Argan Oil

Vitamin E

Pada vitamin E terdapat tokoferol yang dikatakan merupakan agen utama dalam argan oil. Tokoferol sendiri terkenal sebagai zat antioksidan alami yang dapat menjaga kesehatan kulit dan dapat melindungi kulit dari pengaruh jahat radikal bebas. Nah, kabar mengejutkannya minyak argan ini memiliki kandung vitamin E yang dua kali lebih banyak dibanding dengan minyak zaitun. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila minyak argan mampu melindungi struktur sel dari penuaan dini.

Asam Oleat dan Linoleate

Di dalam argan oil terkandung asam linoleate yang didalamnya terdapat prostaglandin. Prostaglandin ini memiliki pengaruh terhadap sistem imun tubuh. Hal inilah yang menjadikan argan oil mampu untuk mengurangi efek peradangan yang terjadi pada kulit seperti jerawat dan bekas luka.

Skualena

Skualena merupakan senyawa yang dapat menghasilkan sterol seperti schottenol dan spinasterol yang keduanya telah terbukti mampu mengurangi kadar minyak dalam kulit, menghilangkan komedo, dan dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti dermatitis dan psoriasis.

Polifenol

Polifenol dalam argan oil memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Kulit juga akan menjadi berubah warna apabila sering terkena paparan cahaya matahari. Tapi hal tersebut bisa dihindari dengan mengoleskan minyak argan pada kulit, tentu saja dibarengi dengan melapisi sunblock untuk pemakaian siang harinya.

Tak hanya itu, polifenol juga memiliki fungsi untuk memproduksi kolagen dalam jaringan kulit yang dapat menjadikan kulit lebih kencang, segar dan sehat.

Filosterol

Produksi kolagen yang akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia dapat menimbulkan kerutan dan flek hitam. Tetapi berkat filosterol yang terkandung dalam argan oil akan mampu mempertahankan produksi kolagen pada kulit Anda, sehingga dapat mencegah timbulnya kerutan dan flek hitam.

Asam Ferulat

Asam ferulat dalam argan oil memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas. Hal ini dikarenakan asam ferulat memiliki sifat super-antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Tidak hanya itu, asam ferulat juga terbukti mampu meredakan kondisi kulit yang memerah dan terkena iritasi.

D-7 Stigmasterol

Sebagai steroid alami, D-7 stigmasterol ini memiliki manfaat mampu untuk menyembuhkan luka seperti luka bekas jerawat, luka bakar dan luka gores. Nah, teroid alami ini mudah rusak setelah melewati pasteurisasi. Tapi tenang, kandungan D-7 stigmasterol dalam argan oil dianggap masih murni dan belum rusak.

Apa Saja Manfaat Argan Oil?

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat dalam argan oil, sekarang saatnya untuk mengetahui manfaat yang dapat Anda peroleh dari argan oil.

  1. Melawan penuaan

Vitamin E dan antioksidan yang terkandung dalam argan oil mampu melawan kerutan dan perubahan pada kulit, sehingga menjadikan kulit Anda menjadi lebih muda dan terhindar dari penuaan dini.

  1. Mengatasi jerawat

Argan oil memiliki kemampuan untuk mencegah produksi sobum yang merupakan zat yang mampu menyebabkan timbulnya jerawat. Dengan mencegah produksinya sobum yang berlebih, maka akan menjadikan kulit Anda terbebas dari jerawat. Selain itu asam linoleate yang terkandung dalam argan oil sangat baik untuk membantu kulit mengatasi inflamasi kulit.

  1. Melembabkan kulit

Argan oil memiliki manfaat utama yaitu untuk melembabkan kulit. Minyak argan oil dapat Anda jadikan sebagai pelembab alami yang dapat dengan mudah diserap oleh kulit, sehingga menjadikan kulit Anda menjadi lebih lentur dan lembut.

  1. Mencegah dan menghilangkan stretch marks

Pada saat melahirkan, wanita cenderung mengalami yang namanya stretch marks yang diakibatkan oleh perut yang tertarik pada saat hamil. Oleh karena itu, argan oil membantu kulit Anda untuk menghasilkan kolagen yang dapat membuat Anda menjadi lebih elastis.

  1. Melembutkan dan melembabkan bibir

Bibir yang kering dan pecah-pecah merupakan hal yang cukup mengganggu, terutama pada saat cuaca dingin. Namun dengan melembabkan bibir menggunakan beberapa tetes argan oil, maka bibir Anda akan menjadi lembab dan masalah bibir kering dapat segera teratasi.

  1. Penyembuhan luka

Vitamin E pada argan oil mampu membentuk sel-sel baru yang sangat efektif untuk mempercepat penyembuhan luka, baik itu luka biasa maupun untuk mencegah timbulnya bekas luka.

  1. Mengencangkan kulit

Argan oil memiliki fungsi untuk meningkatkan kolagen pada kulit sehingga dapat menjadikan kulit Anda menjadi lebih kencang dan lentur.

  1. Membuat rambut lebih berkilau

Argan oil memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk perawatan rambut. Sehingga Anda dapat menggunakannya untuk rambut secara rutin.

  1. Mengatasi kuku yang rapuh dan mudah patah

Kandungan vitamin E yang terdapat pada argan oil memiliki manfaat untuk merawat kuku yang mudah patah.

Itu tadi manfaat argan oil untuk tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA