9 Makanan Khas Jawa Tengah yang Menggugah Selera

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
nasi-gandul_20170213_150631
Daftar Topik

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas kulinernya masing-masing. Hal ini membuat cira rasa masakan Indonesia sangat beragam dan tentu saja sangat menggugah selera. Keberagaman ini membuat kamu wajib mencicipi kuliner khas suatu daerah saat kamu mengunjungi daerah tersebut. Sebab, dirasa kurang lengkap saat kamu belum mencicipinya. Kali ini ada beberapa kuliner di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang sayang kamu lewatkan.

Makanan Khas Jawa Tengah yang Menggugah Selera

Sego Kucing

Sego kucing atau nasi kucing ini merupakan salah satu kuliner yang berasa dari Jogja, Solo dan Semarang. Sego kucing ini berupa nasi dengan porsi yang hanya cukup untuk mengganjal perut saja. Biasanya nasi yang satu ini dibungkus dengan daun pisang. Banyak pelengkap yang menambah kenikmatan sego kucing, seperti tempe, sambel dan ikan teri. Kamu bisa menemukan makanan ini di angkringan dan akan lebih enak lagi jika dinikmati dengan lauk tambahan seperti ceker ayam, sate usus atau gorengan. Harganya juga sangat murah, yaitu sekitar Rp 1000 sampai Rp 3000  saja.

Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate yang berbahan dasar daging kambing. Tapi sate yang satu ini berbeda dari sate pada umumnya. Sebab, sate ini terbuat dari daging kambing muda dan cara memasaknya pun berbeda. Sate ini hanya dibakar dengan tambahan bumbu berupa garam saja. Penyajiannya pun sangat sederhana tanpa tambahan bumbu apapun. Biasanya sate ini mudah dijumpai di daerah Bantul dengan harga Rp 7000 sampai Rp 15000 saja.

Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan nasi uduk yang biasanya disajikan di atas daun pisang. Nasi yang satu ini lebih gurih dibandingkan nasi uduk pada umumnya. Ada beberapa lauk tambahan yang biasanya disajikan bersama nasi, seperti daging sapi dan kuah segar. Makanan khas daerah Pati ini sangatlah terkenal dengan wangi sedapnya daun pandan dan pastinya akan lebih nikmati disantap selagi hangat. Harga nasi ini sekitar Rp 12.000 sampai Rp 20.000 per porsinya.

Tengkleng Gajah

Tengkleng gajah di sini merupakan makanan yang berbahan dasar daging kambing. Namun penyajiannya dalam porsi besar sehingga sering disebut tengkleng gajah. Cara memasak kuliner yang satu ini ada dua macam, yaitu tengkleng yang dibuat tongseng dan juga yang digoreng biasa. Biasanya kuliner ini mudah dijumlah di daerah Sleman, yaitu minomartini. Harganya, cukup mahal antara Rp 30.000 sampai Rp 40.000 rupiah. Tapi kamu jangan khawatir karena satu porsi tengkleng gajah ini bisa dimakan 2 orang dewasa.

Sego Godhong

Sego godhong atau nasi rebus ini adalah kuliner yang menyerupai bakmi rebus Jawa. Hanya saja lebih dominan nasinya. Sego godhog disajikan dengan bahan dasar berupa nasi, bihun, suwiran ayam, sayuran, telur, dan kuah kaldu. Dikarenakan banyak sekali kombinasi makanan dalam satu porsi membuat sego godhog sangat digemari. Kuliner yang satu ini dapat dijumpai di daerah Bantul dan daerah Magelang. Harga per porsinya sekitar Rp 13.000 sampai Rp 17.000 saja.

Oseng-Oseng Mercon

Oseng-oseng mercon ini sebenarnya tidak jauh beda dengan oseng-oseng pada umumnya. Hanya saja oseng-oseng merecon ini dimasak dengan bahan berupa kulit, kikil, lemak dan tulang mudah. Perbedaannya adalah, oseng-oseng yang ini dimasak dengan bumbu super padat sehingga dapat ‘meledakkan’ lidah layaknya merecon. Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sangat tidak disarankan untuk icip-icip makanan yang satu ini. Oseng-oseng merecon bisa ditemui di daerah Jogja dengan harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 saja.

Nasi Grombyang

Nasi Grombyang merupakan nasi unik yang disajikan dalam mangkuk berukuran kecil bersama dengan lauknya. Lauknya di sni berupa daging kerbau beserta kuahnya. Dinamakan nasi grombyang karena kuahnya sangat banyak dibandingkan dengan nasi dan lauknya, sehingga saat disajikan akan bergoyang-goyang atau grombyang-gromyang. Kuliner ini berasal dari daerah Pemalang. Biasanya disajikan di warung kecil pinggir jalan. Harga makanannya berkisar, Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Garang Asem

Garang asem adalah makanan berbahan dasar ayam yang diolah dengan santan dan dibungkus menggunakan daun pisang. Masakan ini memiliki citarasa asam dan pedas sesuai namanya. Garang asem lebih nikmat disantap dengan menggunakan nasi dan lauk lainnya, seperti gorengan. Kamu bisa menemui kuliner ini di daerah sekitar Semarang, Demak, Kudus, Pekalongan, dan Pati. Harga satu porsinya sekitar Rp 13.000 sampai Rp 20.000 tergantung dari tambahan lauk yang digunakan.

Nasi Goreng Tembakau

Nasi goring tembakau adalah masakan yang berasal dari Temanggung. Bahan dasarkan bukanlan tembakau untuk bahan rokok, melainkan biji-biji tembakaunya. Nasi goreng tembakau ini dimasak seperti nasi goreng pada umumnya, namun bumbu yang digunakan dicampur dengan tumbukan biji tembakau. Saat disajikan aroma dari biji tembakau tersebut sangat terasa. Harga satu porsinya Rp 13.000 sampai Rp 14.000.

Itulah sejumlah kuliner di Jawa Tengah yang wajib kamu cicipi. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP