9 Makanan Khas Dieng Jawa Tengah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Makanan-Khas-Dieng[1]
Daftar Topik

Dieng Jawa Tengah memang terkenal dataran tinggi dengan pemandangan yang sangat mempesona. Selain memiliki tempat Wisata alam yang menakjubkan, Dieng Jawa Tengah juga memiliki makanan khas yang banyak disukai oleh setiap wisatawan. Nah, jika kamu merupakan salah satu orang yang ingin mengisi waktu liburan di Dieng Jawa Tengah, jangan sampai melewatkan makanan khas Dieng yang mampu menggoyang lidah. Nah, berikut ini 9 makanan khas Dieng.

Makanan Khas Dieng Ternikmat


  1. Carica

Carica merupakan buah yang masih satu rumpun dengan papaya. Bahkan, buah ini disebut sebagai buahnya para dewa di dataran tinggi Dieng. Buah Carica ini bagi masyarakat Dieng diolah menjadi berbagai aneka olahan makanan yang nikmat. Seperti halnya dibuat menjadi manisan, keripik dan lain sebagainya. Untuk menemukan makanan khas ini, kamu tak akan kesulitan. Karena di pinggir-pinggir jalan banyak yang menjual aneka olahan buah Carica ini. Dengan harga yang murah, kamu bisa jadikan makanan  ini sebagai oleh-oleh.

  1. Dendeng Gepuk

Makanan khas Dieng yang tak boleh kamu lewatkan yaitu Dendeng Gepuk. Dendeng ini terbuat dari daging sapi, sama seperti dendeng pada umumnya. Sebagai makanan khas Dieng Jawa Tengah, Dendeng Gepuk ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh yang ada di sekitar pusat kota Wonosobo. Makanan ini bisa kamu makan secara langsung. Namun, untuk lebih enaknya, bisa dimakan dengan nasi hangat dan sambal pedas.

Baca juga: 7 Makanan Khas Serang yang Wajib Kamu Cicipi

  1. Kacang Dieng

Kacang Dieng memiliki nama lain Kacang Babi. Mengapa demikian? Karena kacang ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan kacang pada umumnya. Kacang ini berbentuk besar dan melebar serta dibagian tengahnya terdapat warna hitam. Selain memiliki rasa yang nikmat dan lezat, kacang ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bagi kamu yang hobi memakan kacang, sayang sekali jika tidak mengkonsumsi kacang ini.

  1. Keripik Jamur

Keripik Jamur menjadi makanan khas Dieng yang wajib untuk kamu coba. Keripik jamur ini diminati oleh setiap wisatawan yang ada, karena memiliki rasa yang enak. Selain itu, keripik ini juga memiliki kandungan kadar protein yang tinggi dan mengandung sembilan jenis Asam amino esensial.

Bagi kamu yang bingung mencari oleh-oleh khas Dieng Jawa Tengah, keripik jamur bisa kamu jadikan pilihan terbaik. Keripik jamur yang lezat, sehat, murah dan halal ini bisa kamu gunakan sebagai oleh-oleh, karena tahan lebih lama.

  1. Mie Ongklok

Makanan khas Dieng yang selanjutnya yaitu Mie Ongklok. Namanya cukup unik dan bahan yang digunakan juga berbeda dengan mie rebus pada umumnya. Mi ini dibuat ditambahi dengan bahan lain seperti kol, daun kucai dan kuah kental berkanji. Dengan racikan yang unik tersebut, kamu wajib untuk mencobanya ketika berada di Dieng. Selain itu, lauk pendamping Mie Ongklok ini yaitu sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu sehingga bisa lebih nikmat.

  1. Opak Singkong

Opak Singkong memiliki nama lain yaitu Opak Kucai. Yang mana makanan ini termasuk makanan ringan yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Makanan ini berbahan dasar singkong yang direbus dengan bumbu garam secukupnya. Selanjutnya, singkong yang sudah empuk ini dihaluskan. Setelah itu, dipipihkan dan dijemur layaknya opak. Setelah kering, barulah opak ini digoreng.

  1. Purwaceng

Purwaceng merupakan tanaman obat yang diolah menjadi minuman yang berkhasiat. Minuman ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, saraf dan otot, menghilangkan masuk angin, pegal linu dan lain sebagainya. Biasanya, masyarakat Dieng mengkonsumsi Purwaceng ketika pagi hari untuk mendinginkan tubuh. Jika kamu ingin membeli minuman ini sebagai oleh-oleh, kamu bisa membelinya dalam bentuk sachet.

  1. Sagon

Sagon terbuat dari tepung terigu, gula dan parutan kelapa. Cita rasa khas dari makanan ini berasal dari cara memasaknya dibakar diatas kayu bakar. Sehingga wanginya saja sudah cukup menggoda. Makanan khas Dieng ini terbilang sulit ditemukan. Namun, untuk bisa menikmatinya, kamu bisa berkunjung ke pasar Induk Wonosobo di lantai 3.

  1. Tempe Kemul

9-Makanan-Khas-Dieng-Jawa-Tengah[1]Tempe Kemul merupakan tempe yang diselimuti dengan tepung. Berbeda dengan tempe mendoan, tempe ini tambahan tepungnya lebih banyak. Sehingga tempe ini lebih keras. Untuk rasanya kamu tak perlu ragukan lagi, terasa nikmat dengan harga yang lebih murah.

Itulah makanan khas Dieng yang wajib untuk coba dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain harga-harga makanan tersebut murah, namun cita rasanya tak perlu kamu ragukan lagi.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP