9 Jenis Makanan yang Harus dihindari Penderita Diabetes

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Memiliki penyakit yang berbahaya memang bukan keinginan semua orang, namun pastinya jika sudah terkena sebuah penyakit alangkah baiknya menjaga kondisi tubuh agar penyakit tidak semakin parah.

Seperti halnya penyakit diabetes yang mana menjadi penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia karena kebanyakan menyukai kaya hidup yang praktis dan instan sehingga diabetes pun tidak di derita oleh manula saja namun orang yang berusia muda sekalipun. Lalu apa saja sih jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes, simak ulasan berikut ini…

Mengurangi Makan Makanan Manis

Selanjutnya adalah dengan mengurangi makan makanan yang manis, apalagi jika Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit diabetes. Dengan cara ini, di pastikan Anda akan terhindar dari kadar gula yang tinggi.

Tidak Mengkonsumsi Jus Buah

Buah- buahan memang menjadi salah satu makanan yang sangat kaya serat dan memiliki kadar karbohidrat yang sangat baik untuk kesehatan bagi penderita diabetes. Namun, jus buah menjadi salah satu minuman yang harus di jahui oleh penderita diabetes. Karena jus buah itu memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih baik jika di bandinkan dengan soft drink. Tapi, yang menjadi masalah ialah jus buah ini sudah terkonsentrasi dengan jumlah gula buah sehingga menjadikan gula darah seseorang pun melonjak tinggi.

Menghindari Makanan yang Berlemak

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes yang selanjutnya adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak apalagi lemak jenuh. Makanan dengan lemak jenuh yang tinggi bisa menyebabkan kolestrol jahat di dalam tubuh. Selain kolestrol yang tinggi, kadar gula di dalam tubuh juga akan bertambah sehingga penderita diabetes sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Terlalu Sering Mengonsumsi Gorengan

Nah, kebanyakan masyarakat di Indonesia memang sangat menyukai yang namanya gorengan selain murah rasanya juga pas di lidah orang Indonesia. Namun, siapa sangka jika gorengan juga menjadi salah satu pemicu munculnya berbagai macam penyakit dan diabetes salah satunya. Gorengan sendiri memiliki kandungan lemak jahat yang cukup tinggi, sehingga jika di konsumsi berlebihan bisa mengakibatkan penumpukan lemak di dalam tubuh dan mengalami obesitas. Sedangkan obesitas sangat rentan terhadap obesitas.

Terlalu Sering Ngemil

Mengkonsumsi cemilan di saat menonton, bermain ponsel dan di waktu yang senggang adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun, terlalu sering ngemil juga bisa menyebabkan penyakit diabetes menyerang apalagi jika Anda mengemil jajanan seperti keripik, biscuit dan makanan yang di buat dengan penyedap dan pengawet. Mengingat cemilan tersebut memiliki kandungan yang tinggi akan karbohidrat yang tinggi.

Produk susu penuh lemak

Makanan yang harus di hindari lainnya adalah produk susu yang penuh dengan lemak. Pastikan jika Anda menjauhi susu dengan lemak jenuh karena memiliki kadar kolestrol yang sangat tinggi dan bisa mengakibatkan risiko jantung. Selain itu, susu dengan lemak jenuh sangat berbahaya bagi penderita diabetes karena bisa memperburuk resistensi dari insulin. Hindari makanan yang terbuat dari susu seperti es krim, keju krim, yoghurt dan lain sebagainya.

Minuman Beralkohol

Bagi para penderita diabetes sangat di anjurkan untuk menjahui minuman yang beralkohol. Ini di sebabkan minuman yang beralkohol bisa mengganggu efek positif dari obat diabetes yang di konsumsi. Tak hanya itu, minuman yang beralkohol juga merupakan pemicu rasa lapar yang berlebih sehingga bisa mengganggu diet penderita diabetes.

Makanan Ringan Kemasan

Semua makanan yang terbuat dari gula, tepung putih yang berkualitas rendah, natrium dan mengandung pengawet. Misalnya salah seperti makanan dalam kemasan seperti kukis, kerupuk, kue, keripik dan makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans ini bisa meningkatkan kadar kolestrol yang buruk dan lebih berbahaya dari lemak jenuh. Lebih baik Anda mengkonsumsi makanan dengan lemak yang sehat yakni mengkonsumsi ikan salmon, biji- bijian, minyak zaitun, minyak canola, kacang- kacangan serta biji- bijian.

Buah yang Dikeringkan

Makanan yang di jauhi selanjutnya adalah buah yang sudah di keringkan. Walaupun buah kering ini mengandung banyak serat dan juga nutrisi namun proses dari pengeringan ini mengakibatkan konsentrasi gula alami pada buah. Untuk itulah, jauhi makan buah yang sudah di keringkan. Dan lebih baik jika mengkonsumsi buah segar.

Itulah sekilas info yang dapat di berikan kepada Anda mengenai makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA