9 Cara Membersihkan Usus Secara Alami

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
9-Cara-Membersihkan-Usus-Secara-Alami[1]
Daftar Topik

Memiliki usus yang kotor tentunya dapat menyebabkan penyakit bersarang di dalam tubuh kita, misalnya seperti sembelit, sulit untuk menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan, perut buncit, impotensi, bau mulut, kelelahan dan lain sebagainya.

Usus yang kotor itu sendiri dikarenakan adanya tempelan plak-plak di usus yang nantinya diserap aliran darah sehingga menyebabkan tubuh tidak mampu untuk menghasilkan metabolisme pada makanan sehingga usus tidak mampu untuk menyediakan nutrisi penting untuk tubuh.

Bagaimana Ciri-ciri Usus yang Kotor?

Secara fisik kita dapat mengetahui apakah usus kita bersih atau kotor dengan melihat ciri-ciri sebagai berikut…

  1. Badan terasa lebih mudah lelah, letih
  2. Sering merasa depresi, emosional tanpa disebabkan oleh sesuatu yang berlebihan
  3. Merasa kaku pada beberapa bagian anggota badan, terutama pada bagian bahu
  4. Mudah terkena migrain atau sakit kepala
  5. Timbul permasalahan pada kulit sebelum waktunya, seperti wajah yang tampak kusam dan tampak lebih tua
  6. Bau badan atau bau tubuh, baik itu pada saat berkeringat maupun tidak. Dan baunya tercium tidak sedap dan lebih menyengat
  7. Perut lebih mudah kembung dan sering masuk angina
  8. Kelebihan berat badan

Bagaimana Cara Membersihkan Usus Secara Alami?

Membersihkan usus tidak harus dengan cara berkunjung ke dokter atau memerlukan tenaga kesehatan. Kita dapat membersihkan usus kita sendiri dengan cara yang alami dan tentunya dengan cara yang mudah serta tidak memerlukan biaya yang mahal. Berikut beberapa cara alami untuk membersihkan usus kotor yang tentunya sangat bisa dicoba sendiri di rumah:

  1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Sebagai primadona bagi setiap masalah kesehatan, air memiliki beberapa fungsi bagi tubuh salah satunya yaitu dapat membuang zat-zat racun dan kotoran yang menempel pada usus, sehingga zat-zat racun atau kotoran dalam usus akan terbuang bersamaan dengan air putih yang kita konsumsi sehingga menjadikan usus menjadi lebih bersih. Mengonsumsi air putih yang cukup idealnya adalah sebanyak 8 gelas per hari, sehingga dengan jumlah air yang cukup maka nantinya dapat membantu untuk membersihkan usus sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi pel

Sebagai buah yang akan serat dan vitamin, apel telah dipercaya mampu untuk membersihkan usus yang kotor. Selain itu, kandungan pektin yang merupakan karbohidrat yang tinggi pada buah apel juga dapat digunakan sebagai pengental lambung. Bukan hanya dapat dikonsumsi secara langsung, apel juga dapat dikonsumsi sebagai jus tanpa menyaring ampasnya. Untuk membersihkan usus, konsumsilah apel dan segelas air putih secara rutin.

  1. Mengonsumsi buah alpukat

Selain apel, bauh alpukat juga memilihi manfaat yang luar biasa salah satunya yaitu membantu membersihkan usus yang kotor. Hal ini dikarenakan dalam buah alpukat terkandung vitamin E dan lemak yang dapat membantu membersihkan kotoran yang berada dalam usus. Tidak hanya itu, buah alpukat juga memiliki kandungan serta yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan usus.

  1. Mengonsumsi jahe

Sebagai salah satu bagian dari bumbu dapur, ternyata jahe juga merupakan bahan alami yang dapat merangsang fungsi usus besar dan dapat membuang racun yang berbahaya bagi tubuh. Hal itu dikarenakan jahe merupakan bahan detoks alami sebagai pembuang racun sekaligus kotoran dalam usus. Cara mengonsumsinya pun terbilang cukup mudah, yaitu dengan cara direbus, di jus maupun diparut yang dapat dikonsumsi secara rutin.

  1. Mengonsumsi lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat yang tidak diragukan lagi dalam hal untuk menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan kulit. Salah satu vitamin yang terdapat dalam buah lemon adalah vitamin C yang memiliki oksidan yang tinggi dan tentunya baik untuk pencernaan sehingga dapat menguras racun serta kotoran yang berada di dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi sayur berdaun hijau

Sayur berdaun hijau memiliki kandungan serat yang sangat dibutuhkan oleh usus untuk membebaskan racun. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga dapat memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh usus. Sayuran berdaun hijau yang baik untuk dikonsumsi seperti bayam, kacang polo, rumput jelai, kubis brussel, kale, dan lain-lain.

  1. Mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan atau minuman fermentasi memiliki manfaat yang luar biasa untuk pencernaan, dikarenakan dalam makanan atau minuman fermentasi mengandung probiotik yang juga dikenal sebagai penyehat sekaligus sebagai pembersih usus. Beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi seperti yogurt, kefir, miso, teh kombucha dan kimchi.

  1. Mengonsumsi teh atau kopi

Kandungan kafein yang ada dalam kopi teh ternyata memiliki manfaat dapat mendorong kelancaran proses buang air besar. Tetapi bukan berarti kopi dapat diminum tanpa batasan, sedangkan batasan untuk meminum kopi adalah dua gelas per hari. Karena mengonsumsi kopi dengan takaran yang berlebihan justru dapat menimbulkan penyakit sembelit.

Selain kopi, teh seperti teh hijau ataupun teh hitam juga memiliki manfaat dapat membantu kinerja usus menjadi lebih terangsang sehingga usus dapat menjadi bersih.

  1. Olahraga rutin

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menjadikan usus bersih, maka olahraga merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Misalnya dengan berjalan selama 30 menit setiap harinya.

Itu tadi 9 cara membersihkan usus secara alami yang tentunya dapat dilakukan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat serta jangan lupa untuk mencintai usus dan selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA