8 Unsur Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
14420-Muscular Power
Daftar Topik

Untuk mendapatkan hidup yang sehat dan berkualitas, seorang manusia harus bisa mendapatkan kebugaran jasmani yang baik. Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kekuatan daya tubuh dan fisik. Apabila Unsur Kebugaran Jasmani pada diri manusia bisa dijaga dan dimanfaatkan dengan baik maka  akan menimbulkan beberapa dampak positif yaitu tubuh menjadi sehat dan bugar, sehingga kehidupan akan semakin produktif dan bermakna.

Adapun manfaat lainnya yang bisa didapatkan jika tubuh mempunyai kebugaran jasmani yang baik yaitu, sistem kerja jantung dan sirkulasi darah akan meningkat dengan baik, lebih energik karena stamina di dalam tubuh bertambah, mempunyai respon tubuh yang cepat serta cepat, bisa mengurangi resiko obesitas.

Agar bisa mendapatkan beberapa manfaat tersebut, maka Anda harus paham mengenai Unsur kebugaran Jasmani yang ada di dalam tubuh. Berikut ulasannya.

Unsur Daya Tahan atau Endurance


Unsur Kebugaran Jasmani yang pertama adalah daya tahan atau endurance. Adapun yang dimaksud dengan daya tahan disini adalah, kemampuan seseorang untuk menggerakkan  seluruh bagian tubuhnya dengan durasi yang cukup lama dan dengan tempo berubah-ubah namun tidak merasakan kelelahan dan sakit yang berlebihan.

Agar daya tahan tubuh bisa tetap terjaga, hal yang perlu dilakukan adalah dengan melatihnya melalui olahraga ringan seperti jogging dan lari setiap hari minimal 30 menit.

Unsur Kecepatan atau Speed


Yang dimaksud dengan kecepatan adalah, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan yang berbeda-beda secara konstan dan efektif. Kecepatan yang dimiliki oleh seseorang bisa diukur dengan cara memperhatikan waktu yang digunakan untuk melakukan berbagai gerakan, jika waktu yang digunakan semakin kecil maka bisa dipastikan seseorang tersebut mempunyai tingkat kecepatan yang sangat baik.

Kecepatan dibagi menjadi 3 tipe, yaitu kecepatan sprint, kecepatan bergerak serta kecepatan dalam reaksi. Beberapa latihan yang bisa menambah kecepatan seseorang adalah sebagai berikut:

  • Berlari secara multistage
  • Berlari secara cepat dengan jarak lintasan 40 sampai 60 meter
  • Melakukan lari naik turun bukit atau tangga

Unsur Daya Lentur atau Flexibility


Setiap orang pasti mempunyai daya lentur pada dirinya, artinya bisa melakukan kegiatan atau gerakan yang mengharuskan tubuh meliuk-liuk atau menjadi lentur. Agar kelenturan tubuh bisa didapatkan dengan baik, caranya adalah dengan melakukan latihan rutin seperti yoga, renang dan juga senam.

Unsur Kekuatan atau Strength


Arti dari kekuatan yang ada pada tubuh manusia yaitu, kemampuan untuk memaksimalkan tenaga yang dilakukan dengan bantuan otot dalam melakukan berbagai macam aktivitas fisik. Unsur kekuatan menjadi kunci yang sangat penting dalam kegiatan olahraga, karena berfungsi untuk meminimalisir cedera.

Agar bisa mendapatkan kekuatan otot yang baik, maka perlu melakukan latihan rutin seperti:

  • Push up, bermanfaat untuk melatih otot lengan
  • Angkat beban, untuk melatih otot lengan
  • Back up, melatih otot perut
  • Sit up,melatih otot perut
  • Squat jump, melatih tungkai kaki dan otot perut

Unsur Daya Otot atau Muscular Power


Arti dari daya otot pada tubuh manusia adalah, kemampuan yang ada di dalam tubuh untuk menggunakan kekuatan secara maksimal dan dilakukan dengan  durasi waktu sangat singkat.

Beberapa macam latihan yang bisa dilakukan agar daya otot semakin baik adalah:

  • Side jump, untuk menambah daya ledak otot paha dan tungkai
  • Vertical jump. Melatih daya ledak yang ada pada otot tungkai
  • Front jump, untuk meningkatkan kemampuan otot tungkai dan betis

Unsur Koordinasi


Unsur kebugaran koordinasi adalah, kemampuan yang ada pada tubuh sesorang untuk menyatukan gerakan tubuh dengan gaya yang berbeda-beda dalam satu gerakan. Adapun latihan yang bisa menambah daya koordinasi adalah dengan cara memantulkan bola basket dengan menggunakan tangan kanan, kemudian menangkap kembali dengan tangan kiri. Latihan ini memang terbilang sulit, unutk itu perlu konsentrasi dan fokus yang baik agar berhasil melakukannya.

Unsur Reaksi


Arti dari unsur reaksi adalah kemampuan yang ada pada tubuh seseorang untuk menerima rangsangan yang diberikan oleh objek atau manusia sehingga bisa memberikan tanggapan secara tepat. Adapun contoh latihan yang bisa dilakukan untuk menambah daya reaksi adalah, berlatih beladiri, airsoft gun maupun olahraga ketangkasan lainnya.

Unsur Keseimbangan


Unsur keseimbangan atau yang biasa disebut dengan balance, adalah kemampuan di dalam tubuh seseorang yang bisa mengendalikan syaraf otot dan juga organ sehingga gerakan tubuh bisa terkontrol dengan baik.

Keseimbangan ini sangat diperlukan apabila sedang menggeluti olahraga seperti loncat dan senam. Adapun berbagai latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keseimbangan adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dengan tumpuan menggunakan tangan
  • Mencoba latihan sikap lilin
  • Berjalan pelan di atas beberapa balok kayu

Menjaga kebugaran jasmani sangat penting untuk dilakukan, karena bisa mencegah berbagi penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, osteoporosis bahkan penyakit kanker. Mengingat pentingnya kebugaran jasmani untuk tubuh, maka olahraga yang rutin dan teratur perlu dilakukan oleh setiap orang agar hidup menjadi sehat dan kuat.

BACA JUGA!

5 Teknik Dasar Bulutangkis

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP