8 Perbedaan GSM dan CDMA yang Harus Kamu Ketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8-Perbedaan-GSM-dan-CDMA-yang-Harus-Kamu-Ketahui[1]
Daftar Topik

Telepon seluler memang merupakan kebutuhan pada jaman sekarang, karena semakin berkembangnya teknologi juga. Segala sesuatu juga pasti membutuhkan komunikasi, tetapi akan repot apabila ada komunikasi jarak jauh. Maka dari itu, peran telepon seluler sangatlah penting sekarang ini. Selain ringkas, telepon seluler jaman sekarang sudah canggih dan multifungsi. Sehingga akan sangat memudahkan Anda ketika akan berkomunikasi.

Pemakaian telepon seluler dengan tujuan untuk berkomunikasi pasti tidak langsung begitu saja. Dan membutuhkan sebuah perantara atau media. Karena telepon seluler media komunikasinya menggunakan gelombang elektromagnetik, maka pasti juga ada sebuah jaringan yang digunakan. Jaringan ada banyak macamnya, namun untuk telepon seluler ada dua jenis jaringan yang ada dan digunakan di seluruh dunia.

Kedua jenis jaringan tersebut adalah jaringan jenis GSM dan CDMA. Memang istilah GSM dan CDMA tidaklah asing bagi Anda. namun mungkin yang akan membuat Anda bingung adalah perbedaan dari kedua jaringan tersebut. Karena memang mungkin Anda berpikir bahwa kedua jaringan tersebut sama saja, sehingga terkadang Anda memakai yang kurang cocok dengan telepon seluler Anda. padahal kedua jenis jaringan tersebut sangat penting perannya yaitu sebagai pendukung telepon seluler sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu Anda harus menyimak info berikut ini mengenai 8 perbedaan GSM dan CDMA yang harus kamu ketahui.

Pengertian

Menurut pengertiannya, GSM atau Global System for Mobile Communication adalah teknologi komunikasi digital yang memanfaatkan gelombang mikro untuk proses pengiriman sinyal. Sedangkan CDMA atau Code Division Multiple Access adalah teknologi digital yang menggunakan kode tertentu yang secara teknis dapat digunakan untuk mengakses chanel yang telah ada pada sistem.

Cakupan BTS

BTS atau Base Transceiver Station merupakan insfrastruktur yang memfasilitasi komunikasi secara nirkabel atau bisa dibilang dengan menggunakan jaringan operator. Apabila di Indonesia masyarakat biasa menyebutnya tower sinyal, karena memang infrastruktur tersebut berfungsi memancarkan sinyal dan menerima namun sebutan tersebut kurang cocok. Perbedaan GSM dan CDMA memang dilihat dari cakupan BTS saja sudah berbeda. Karena peminat GSM seperti Telkomsel, Indosat, XL, Three, dan Axis lebih banyak dari pada CDMA seperti Esia, Smartfren, dan Fren jadi cakupan jaringan juga lebih luas yang GSM. Sehingga bisa dibilang kalau jangkauannya lebih luas GSM daripada CDMA.

Roaming

Mungkin istilah roaming sangatlah familiar bagi Anda, namun kerap kali masyarakat salah mengartikan pengertian dari roaming. Roaming merupakan perbedaan servis dari penyedia servis layanan asal dengan penyedia servis layanan yang dihubungi yang dilihat dari perbedaan wilayah servis. Untuk lebih paham, misalnya Anda berada di Kediri lalu Anda menghubungi kerabat atau keluarga Anda yang berada di Lampung, itu Anda telah memakai layanan roaming. Perbedaan GSM dan CDMA dilihat dari fasilitas roaming adalah ada tidaknya fasilitas tersebut. GSM telah menghadirkan layanan roaming, sehingga Anda lebih bebas ketika berkomunikasi jarak jauh. Namun CDMA tidak menyediakan sehingga Anda harus membayar biaya tambahan yang telah ditetapkan untuk dapat menggunakan layanan roaming.

Jumlah Pengguna

Perbedaan jumlah pengguna GSM dan CDMA memang memiliki perbedaan yang sangat jauh jumlahnya. Bukan hanya di Indonesia, namun di dunia peminat dan pengguna GSM memang lebih banyak. Padahal di Indonesia saja perbandingan jumlah pengguna GSM dan CDMA mencapai 1 : 8 pengguna.

Keamanan

Apabila dilihat dari kepopuleran CDMA memang kalah telak, namun lain halnya apabila dilihat dari sisi keamanan jaringan. Memang karena sistem dan cara kerja nya berbeda, sehingga membuat tingkat keamanan kedua jaringan ini juga berbeda. GSM hanya mengandalkan timeslot, sedangkan CDMA memakai kode-kode tertentu ketika bertukar data. Sehingga bisa dilihat bahwa CDMA lebih aman daripada CDMA.

Investasi

Biaya untuk penggunaan jaringan GSM memang jauh lebih mahal daripada CDMA. Hal ini karena memang penggunaan perangkat penyusun GSM lebih rumit sehingga biaya investasi juga akan lebih mahal daripada CDMA yang menggunakan perangkat sederhana.

Harga Perangkat dan Layanan Sistem

Perangkat atau telepon seluler yang digunakan untuk kedua jaringan memang berbeda. Karena memang memiliki teknologi yang berbeda. Karena GSM lebih rumit, maka harga perangkat telepon seluler dengan jaringan GSM akan lebih mahal. Sehingga Anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Itulah beberapa informasi mengenai 8 perbedaan GSM dan CDMA yang harus kamu ketahui. Terlihat sepele, namun akan sangat penting bagi Anda.

Semoga bermanfaat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA