8 Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

8 Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Membandel – Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Membandel- Banyak yang beranggapan bahwa penyebab flek hitam di wajah dikarenakan kulit wajah yang berminyak. Padahal tidak hanya itu, kebanyakan wanita akan merasa wajah mereka berflek karena dekat dengan tanggal atau waktu datang bulan. Tidak hanya itu, penyebab flek hitam juga bisa karena hormon, faktor genetik bahkan sinar UV. Terutama bagi kamu yang seringkali beraktivitas di luar ruangan. Banyak penyebab lainnya juga seperti :

Polusi Udara


Jika kamu lebih sering di luar rumah, kemungkinan penyebab flek hitam adalah karena polusi udara. Hal ini membuat adanya antioksidan melanin yang muncul berlebihan. Polusi udara menjadi salah satu dari sekian banyak penyebab flek hitam.

Penggunaan Kosmetik


Jika diatas kamu sudah mengetahui cara menghilangkan bintik hitam di wajah, maka kamu juga patut mengetahui apa penyebab flek hitam. Salah satunya adalah penggunaan kosmetik yang berlebihan. Terutama kosmetik yang menggunakan zat pewarna, parfum dan bahan-bahan eksklusif yang memicu sensitivitas. Ini yang menjadikan wajah sensitif terhadap sinar matahari atau sinar UV.

Penyebab Flek Hitam karena Bekas Jerawat


Jika kamu memiliki jerawat yang membandel. Sebaiknya tidak dipencet dan dipegang dengan tangan. Ini akan membuat jerawat semakin meradang. Tidak hanya itu, jerawat bisa juga membuat adanya bintik hitam di wajah. Cara menghilangkan bintik hitam di wajah juga memerlukan kurun waktu. Hindari memencet dan memegang jerawat di area wajahmu.

Obat Kimia penyebab Flek Hitam di Wajah


Tentu kamu tidak akan asing dengan banyaknya obat kimia yang beredar. Beragam penggunaan obat kimia juga memicu terjadinya flek hitam di wajah kamu. Adanya kandungan racun pada obat memang awalnya akan bisa  membunuh bakteri yang menyebabkan kita sakit, tetapi bukan tidak mungkin justru kandungan ini bisa berefek pada pigmentasi pada kulit yang berlebihan dan menciptakan adanya flek hitam.

Perubahan Hormon Menjadi Penyebab Flek Hitam


Jika kamu sudah mengetahui 25 cara menghilangkan flek hitam di wajah, kali ini kamu akan mengetahui beberapa penyebab flek hitam. Dan untuk poin selanjutnya memang tidak bisa kita hindari. Terkadang kita tidak tahu adanya perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Kecuali kita bisa peka terhadap beberapa perubahan yang dirasa. Misalnya perubahan hormone estrogen, progesterone, dan MSH ini memiliki dampak yang membuat muncul flek hitam. Biasanya terjadi pada orang yang memakai pil kontrasepsi. Namun bisa juga terjadi pada mereka yang tidak menjaga asupan makanan yang kita konsumsi.

Bekas Facial yang Kurang Bersih juga Menjadi Penyebab Flek Hitam di Wajah


Tidak bisa dipungkiri, kamu terutama wanita pasti senang ketika bisa melakukan perawatan tubuh di salon. Terutama untuk kecantikan seperti wajah dan rambut. Melakukan facial memang menjadi perawatan favorit para wanita. Mereka lebih merasa segar dan mendapat kondisi wajah yang bebas dari jerawat. Tetapi tahukah kamu bahwa jika bekas facial masih ada di wajah kita ternyata membuat munculnya flek hitam di wajah. Ini bisa menyebabkan adanya peradangan pada kulit wajah karena berbagai bahan kimia di dalamnya.

Zat kimia yang tertimbun ini membuat kulit menjadi lebih sensitif serta lebih cepat terbakar oleh sinar matahari secara langsung. Kamu bisa mengoleskan minyak bayi atau krim dengan kandungan hydrocortisone. Oleskan pada daerah yang mengalami peradangan. Lakukan secara rutin misalnya 3 hari secara berturut-turut. Sebaiknya jika dalam keadaan begini, kamu tidak menggunakan toner atau scrub wajah. Hal ini bisa memicu parahnya dampak yang kamu dapatkan.

Penyebab Flek Hitam di Wajah karena Penyakit


Adanya Flek Hitam di wajah bukan hanya karena beberapa penyebab diatas. Melainkan juga bisa karena adanya satu penyakit kulit. Misalnya saja seperti melasma, linea fusaca, porki loderma dan lain sebagainya. Jika sudah diketahui adanya flek hitam di wajahmu karena penyakit kulit, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter. Penanganan medis akan lebih tepat untuk menyembuhkan penyakit tersebut dan menghilangkan flek hitam yang ada di wajamu.

Jarang Mencuci Muka menjadi Penyebab Flek Hitam di Wajah


Hal yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesheatan dan kebersihan wajah adalah mencuci muka. Sebab, dengan cara ini kamu bisa menghilangkan kotaoran dan debu yang menempel di wajah terutama bagi yang seringkali aktivitas di luar ruangan. Jika kamu jarang mencuci wajah, jerawat bisa muncul dan bukan tidak mungkin adanya flek hitam.

Rutinlah mencuci wajah minimal dua kali sehari. Terutama sebelum tidur, pastikan kamu membersihkan area wajahmu. Sebab, pada saat kita tidur, wajah kita akan melakukan proses regenerasi.

Banyak cara menghilangkan flek hitam di wajah. Baik yang secara medis maupun alami. Tentu lebih baik mencegah adanya flek hitam di wajah. Bisa kamu mulai dari mengetahui apa saja penyebab flek hitam di wajah. Jagalah kebersihan wajah dengan mencuci wajah, makan makanan sehat untuk kulit dan mencukupi asupan air putih untuk tubuh kita.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA