8 Oleh-Oleh Khas Padang yang Patut Kamu Coba

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2967391237a06b11d43e8c3f33d7ba29f9e91bc1c6378e321d0d1d41[1]
Daftar Topik

Jalan-jalan ke kota Padang, Sumatera Barat, rasanya kurang afdol apabila tidak membawa buah tangan untuk keluarga. Setelah jalan-jalan mengelilingi keindahan kota Padang, kamu bisa memilih beberapa toko oleh-oleh yang menjual jajanan atau barang seperti souvenir khas kota Padang. Nah, sebagai referensinya kamu bisa membaca ulasan 8 oleh-oleh khas Padang di bawah ini.

Karak Kaliang

Karak kaliang merupakan salah satu jajanan kerupuk khas kota Padang yang bisa didapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh. Karak kaliang adalah kerupuk yang dibuat dari bahan dasar ubi kayu dan dibentuk menjadi angka delapan dan memiliki ciri khas berwarna kuning khas. Makanan karak kaliang ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Padang untuk keluarga di rumah.

Karak kaliang berbahan dasar ubi kayu memiliki bahan dasar ubi kayu yang diparut hingga menjadi tepung ubi. Tepung ubi yang sudah jadi nantinya di tambahkan dengan beberapa bumbu penyedap rasa seperti bawang putih dan garam untuk menciptakan rasa gurih dan asin.

Untuk mendapatkan makanan khas Padang yang satu ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- saja per kerupuknya. Makanan pendamping untuk menyantap karak kaliang ini biasanya adalah bakso dan nasi goreng. Apabila ingin mengunjungi pabriknya langsung, kamu bisa meluncur ke Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Rendang Paru

Pasti kamu sudah tahu kan kalau rendang adalah makanan khas dari kota Padang. Ya, sekarang kamu bisa lho membawa makanan khas Padang tersebut ke daerah tempat tinggalmu. Rendang memang terkenal dengan cita rasa yang sangat lezat sehingga memiliki banyak sekali macam varian. Salah satu varian paling enak adalah Rendang Paru.

Kamu bisa menjumpai rendang paru tersebut di toko oleh-oleh yang ada di Payakumbuh, Jl. Soekarno Hatta 37 Balai nan Duo. Cara memasak rendang paru khas Padang ini adalah sangat khas. Membutuhkan waktu yang lama dan dari bumbu-bumbu pilihan seperti santan, dan rempah-rempah dalam takaran yang banyak.

Untuk mendapatkan rendang paru asli, kamu bisa mencium dari aromanya. Aroma dari rendang paru khas Padang tentunya lebih sedap dan memiliki tekstur daging yang lebih keras.

Gelamai Padang

Gelamai merupakan jajanan khas Padang yang bentuknya hampir mirip dengan dodol atau jenang. Perbedaan dari gelamai dan dodol terletak pada bahan olahannya. Gelamai terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang telah disangrai sebelumnya. Ya, perbedaan gelamai dengan dodol biasa ada pada keberadaan kacang tanah.

Cita rasa yang di ciptakan oleh gelamai khas Padang ini sangat gurih dan manis. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi langsung ke salah satu produsen yang ada di Jl. Latsitarda 114 Payakumbuh.

Bareh Rendang

Bareh rendang merupakan makanan khas Padang yang wajib kamu bawa ke rumah. Jika dilihat dari namanya, bareh randang bukanlah olahan makanan dari rendang. Bareh rendang merupakan makanan yang berbahan dasar tepung beras yang disangrai dan di campur dengan gula dan santan.

Kerupuk Jangek

Siapa sih yang tidak tahu kalau kerupuk jangek berasal dari Padang? Jangek adalah sebah kerupuk kulit yang berbahan dasar dari kulit sapi dan kulit kerbau. Kulit hewan tersebut diolah menjadi sebuah kerupuk dan di goreng hingga matang. Kamu bisa membawa oleh-oleh yang satu ini ke rumah dalam dua varian, yaitu original dan varian pedas mantap.

Rendang Telur Kering

Oleh-oleh satu ini sangat unik karena bentuknya lebih mirip keripik. Meskipun begitu, citarasanya tetap rendang. Harganya mulai dari Rp35.000 – Rp70.000. Rendang telur kering ini dibuat dari telur ayam, tepung terigu, garam, daun jeruk, air, daun salam, dan batang serai. Ditambah lagi bumbu halus dari kunyit, gula, ketumbar, garam, bawang putih, merica, jahe, bawang merah dan lengkuas. Citarasa telus keringnya gurih pedas.

Rendang Daging Sapi

Salah satu kuliner ikonik di Padang adalah Rendang Daging Sapi.  Bahkan, rendang masuk nominasi kuliner terlezat 2017 versi CNN. Citarasanya yang selalu menggugah selera membuatnya selalu diburu para wisatawan. Rendang daging sapi ini bisa bertahan lama kok kalau mau dibawa pulang buat oleh-oleh.

Bolu Batik

Seperti namanya, bolu batik ini merupakan bolu gulung yang dihias dengan motif batik. Tingkat kesulitannya sangat tinggi, tak heran jika dibanderol sekitar Rp60.000. Jangan lupa borong oleh-oleh unik satu ini saat jalan-jalan ke padang.

Nah, oleh-oleh khas Padang di atas bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

 

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA