8 Obat Kolesterol Alami Paling Mujarab

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8-Obat-Kolesterol-Alami-Paling-Mujarab[1]
Daftar Topik

Kolesterol merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh lemak di dalam darah yang sebenarnya memiliki peran sebagai pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun, apabila kadar kolesterol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Kolesterol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Jika di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Orang yang memiliki kolesterol yang tinggi memang di sebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Apalagi saat ini banyak makanan siap saji yang memang merupakan salah satu menu kesukaan masyarakat modern pada saat ini. Namun, apa yang harus di lakukan jika seseorang sudah terlanjur mengalami masalah kolesterol yang tinggi?. Tentu saja dengan mengubah pola hidup yang tak sehat menjadi pola hidup yang sehat dan juga melakukan beberapa pengobatan.

Jangan khawatir, karena pengobatan untuk mengatasi kolesterol yang tinggi tidak harus menggunakan obat dokter karena banyak obat kolesterol alami yang menggunakan tumbuhan herbal. Dan berikut ini beberapa obat alami yang bisa mengatasi kolesterol secara alami:

Mengonsumsi Alpukat

Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Karena kandungan yang terdapat pada buah alpukat ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.

Sayuran Kubis

Sayuran kubis yang juga biasa disebut dengan kol, mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena, sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation. Yang perlu Anda lakukan adalah cuci kubis hingga bersih, lalu bilas dengan air matang. Potong- potong seperlunya, lalu dijus. Anda dapat mengkonsumsi ini setiap hari dan dapat dijamin bahwa kolesterol Anda akan turun.

Belimbing Manis

Bagi Anda yang menyukai belimbing manis ini maka kolesterol Anda dapat turun jika mengonsumsinya. Ternyata buah ini berserat tinggi, sehingga mampu mencegah penyerapan lemak. Bahkan, bisa mengurangi kadar kolesterol serta membuat tekanan darah stabil. Serat yang tinggi juga memperlancar pencernaan. Lalu, kandungan vitamin C nya yang tinggi baik untuk antikanker. Buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan malam, masing- masing 1 buah.

Akar Manis

Tanaman yang memiliki bahasa latin licorice ini memiliki banyak manfaat. Selain itu, akar manis memiliki beberapa zat penting, seperti asam ferulic, triterpenoid, asam sinapic, flavanoid, biotin, asam amino dan beta- sitoserol.  Yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan akar manis dalam dosis yang besar dalam jangka panjang. Yang perlu Anda gunakan adalah sekitar 10 gram akar manis untuk obat kolesterol alami kemudian akar manis direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring, lalu dibagi menjadi 2 kali minum, pagi dan malam hari.

Kacang Tanah

Kacang tanah memang sangat dipercaya untuk menurunkan kolesterol. Anda dapat menggunakan daun kacang tanah yang lebih efektif untuk menurunkan kolesterol. Cara membuatnya adalah dengan daun dicuci sampai bersih, lalu diiris halus. Masukkan irisan daun ke dalam gelas, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Biarkan selama 40 menit, lalu disaring dan minum airnya selagi hangat dan sewaktu perut kosong.

Angkak

Angkak ini sering disebut beras merah Cina, tanaman ini adalah sejenis cendawan berwarna merah yang bernama latin Monascus purpureus. Angkak juga bisa digunakan untuk membuat arak merah yang terbuat dari beras, sebagai bahan pengawet makanan, dan untuk obat. Berdasarkan penelitian, angkak mampu menurunkan kadar kolesterol darah. Caranya pun juga sangat mudah yakni angkak ditumbuk sampai halus kemudian dimasukkan ke dalam cangkir, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Minum airnya selagi hangat dan lakukan secara rutin setiap hari.

Labu Siam

Labu siam juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi yang perlu Anda lakukan adalah buah labu terlebih dahulu dikupas, potong kecil- kecil dan dijus atau diparut, peras airnya dan saring dan air ini dapat Anda minum sekaligus.

Sambiloto

Anda dapat menggunakan 20 gram herbal sambiloto kering. Lalu cara membuatnya adalah dengan direbus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, lalu diminum sekaligus dan lakukan setiap hari.

Itulah sekilas info yang bisa di berikan kepada Anda mengenai obat kolesterol alami, semoga artikel ini dapat bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP