8 Negara Terkaya di Dunia, Mana Sajakah?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Beberapa lembaga keuangan internasional telah melaporkan GDP perkapita setiap negara di seluruh dunia. Berdasarkan laporan terakhir yang diumumkan olah International Monetary Fund (IMF) berikut 8 negara terkaya di dunia.

8 Negara Terkaya di Dunia

Qatar (US$ 129.726)

Qatar adalah salah satu negara yang ada di Timur Tengah dan terletak di semenanjung kecil di Jazirah Arab. Qatar berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan sisanya dibatasi oleh Teluk Persia. Pada abad ke-19, perekonomian masyarakat Qatar berpegang pada industri perikanan dan mutiara. Industri yang dikelola oleh Qatar menjadi surut setelah Jepang berhasil membudidayakan mutiara dan menjadi saingan Qatar dalam industri tersebut. Pada tahun 1940 terjadi transformasi perekonomian Qatar, pada saat itu, ditemukan cadangan minyak bumi yang sangat melimpah. Sampai saat ini pun, Qatar masih menjadi salah satu negara pengekspor minyak bumi di dunia. Pada tahun lalu menurut data yang dilaporkan oleh Bank Dunia, Qatar berhasil memperoleh pendapatan nasional sekitar 165 miliar dolar. Dalam data yang dilaporkan IMF pada Oktober 2016, pendapatan GDP perkapita Qatar adalah 129.726 dolar. Ini berarti sebagian besar penduduk Qatar memperoleh 1,7 miliar rupiah setiap tahunnya atau kurang lebih 150 juta rupiah perbulan.

Luxemburg (US$ 101.936)

Pada tahun lalu, Luxemburg merupakan negara terkaya di dunia dan kini digeser oleh Qatar. Meskipun Luxemburg adalah negara yang kecil dengan luas hanya sekitar 2.568 Km persegi, negara ini dikelilingi oleh tiga negara maju yaitu Jerman, Perancis dan Belgia yang membuat negara ini selain kaya dalam bidang ekonomi tetapi juga kaya dalam hal budaya. Terbukti dari penggunaan tiga Bahasa resmi yaitu Jerman, Perancis dan Luxemburg. Negara ini mempunyai tingkat inflasi dan pengangguran yang sangat rendah. Dalam bidang industri, negara ini didominasi oleh perindustrian baja, karet dan yang lainnya. Penduduk di negara ini berpendapatan sekitar 1,3 miliar atau 110 juta rupiah per bulan.

Singapore (US$ 87.082)

Salah satu negara Asean yang masuk ke dalam negara terkaya di dunia adalah Singapura. Singapura merupakan negara yang terletak di sebelah ujung selatan Semenanjung Malaya yang memiliki luas kurang dari 716 Km persegi dengan jumlah penduduk sebesar 5,5 juta jiwa. Singapura terletak di wilayah yang strategis sehingga negara ini menjadi salah satu kawasan transit tersibuk di dunia. Sumber kekayaan yang didapat oleh negara ini berasal dari sektor pelayanan jasa, industri kimia, dan beberapa sektor ekonomi lainnya. Pada tahun lalu, Singapura memperoleh GDP perkapita sebesar USD 87.082 atau sekitar 1,13 miliar.

Brunei Darussalam (US$ 79.710)

Selain Singapura, negara Asean lainnya yang masuk ke dalam kategori negara terkaya di dunia adalah Brunei Darssalam. Sumber pendapatan yang menjadi penyumbang tersebesar bagi pendapatan Brunei Darussalam berasal dari sektor minyak mentah dan gas bumi yang dilakukan sejak 80 tahun yang lalu. Negara ini tercatat sebagai salah satu eksportir gas alam cair atau yang dikenal Liquid Petroleum Gas terbesar di dunia. Selain itu, kehidupan perekonomian mereka juga dibantu oleh berbagai perusahaan yang berasal dari dalam maupun luar negeri, serta pemerintahan yang kuat sebagai pendukungnya. Maka wajar apabila negara ini memperoleh pendapatan perkapita sebesar USD 79.710 atau lebih dari 1,03 miliar rupiah.

Kuwait (US$ 71.263)

Negara yang berasal dari Eropa dan Asia memang paling mendominasi kategori negara terkaya di dunia, salah satunya adalah Kuwait. Negara ini dilaoprkan sebagai salah satu negara Muslim terkaya dengan catatan tingkat GDP mencapai USD 71.236 pada tahun lalu. 95 persen kekayaan negara ini berasal dari ekspor cadangan minyak mentah di dunia yang mencapai 10 persen atau sekitar 104 juta barel. Selain itu, negara ini memiliki sistem perbankan yang baik dan mumpuni. Hal ini terbukti dengan adanya The National Bank Of Kuwait sebagai salah satu bank terbesar yang ada di Arab.

Irlandia (US$ 69.374)

Irlandia merupakan salah satu negara yang terletak di bagian barat laut Eropa. Negara ini merupakan negara yang termasuk anggota Uni Eropa yang populasinya berjumlah lebbih dari 4 juta jiwa. Kondisi ekonomi di negara ini tumbuh dengan sangat pesat. Pendapatan perkapita penduduk di negara ini berada di angka 69.374 dolar atau sebesar 902 juta rupiah.

Norwegia (US$ 69.296)

Norwegia termasuk salah satu negara Eropa yang memiliki kepadatan penduduk terendah. Sumber pendapatan yang diterima oleh negara ini berasal dari cadangan minyak bumi, mineral, gas alam, makanan laut dan air segar yang luas. Selain itu, negara ini juga merupakan negara penghasil gas alam dan minyak per kapita terbesar di luar Timur Tengah. Sebagian besar pendapatan negara ini berasal dari sektor laut, selain hasil tambang dan gas alam. Dengan kondisi ekonomi negara yang semakin maju, Norwegia mampu memperoleh pendapatan perkapita sebesar USD 69.295 atau sekitar 900 juta rupiah.

Uni Emirat Arab (US$ 67.696)

Negara yang berada di kawasan Timur Tengah ini memang sangat diberkahi dengan sumber daya alam yang banyak, terutama dalam sektor minyak bumi dan gas alam yang merupakan sumber utama bagi industri dan ekonomi dunia. Negara ini merupakan negara penghasil minyak ketiga terbesar di kawasan teluk setelah Iran dan Arab Saudi. Selain dari sektor minyak dan gas, sektor yang turut andil dalam perkembangan perekonomian negara ini adalah pelayanan dan telekomunikasi. GDP perkapita yang diperoleh oleh negara ini berada di kisaran 67.696 dolar atau sekitar 880 juta rupiah.

Demikian pembahasan mengenai 8 negara terkaya di dunia. Semoga Indonesia juga dapat menjadi seperti salah satu negara tersebut suatu hari nanti. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA