8 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Meminum Air Hangat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10-manfaat-sehat-saat-kamu-minum-segelas-air-hangat-di-pagi-hari-part-1[1]
Daftar Topik

Kebanyakan orang lebih memilih untuk minum air dingin dibandingkan air hangat karena mereka menganggap air dingin akan lebih ampuh menghilangkan dahaga dibandingkan air hangat. Namun kamu harus tahu kalau ternyata air hangat punya banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan di bawah ini:

Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Meminum Air Hangat

Meredakan Hidung Tersumbat

Jika kamu meminum air hangat, maka air hangat tersebut akan menghasilkan uap panas. Nah, uap panas ini sangat baik untuk hidung tersumbat. Uap air panas ini akan membantu melonggarkan sumbatan lendir yang sering kali berkumpul di rongga hidung dan bisa juga sebagai pencegah sakit kepala. Seperti diketahui, tiap manusia pasti memiliki selaput lendir di seluruh bagian leher dan tubuh di bagian atas. Dengan minum air mampu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang mungkin disebabkan oleh penumpukan lendir-lendir tersebut.

Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Bisa dibilang air adalah pelumas untuk sistem pencernaan. Air ini akan melegakan dan juga memperlancar masuknya makanan sampai menjadi kotoran (fases). Ketika air bergerak melewati usus dan perut, organ pencernaan akan lebih terhidrasi dan dapat menghilangkan sisa yang telah terpakai secara lebih optimal. Terlebih air hangat dapat berefek vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah. Dengan begitu aliran darah menuju usus akan lebih lancar dan proses pencernaan pun akan berjalan dengan baik.

Bantu Atasi Nyeri

Seperti yang dikutip dari lama Medical News Today, karena bersifat vasodilator, air hangat dapat melancarkan aliran darah ke jaringan yang ada di dalam tubuh. Tidak terkecuali jaringan otot. Dengan begitu otot yang kaku pun akan lebih rileks. Menurut Luiza Petre, MD, yang seorang dokter ahli pada bilang kardiologi (jantung) mengungkapkan bahwa rasa nyeri keram perut saat menstruasi. Bahkan minum air hangat sebelum tidur dapat membuat kita tidur lebih cepat dan istirahat lebih lama.

Membantu Dalam Meningkatkan Laju Metabolisme Tubuh

Beberapa orang berpendapat bahwa minum air hangat mampu menurunkan berat badan, apakah pernyataan tersebut benar adanya? Nah, ternyata seorang ahli gizi, Cara Walsh, RD mengungkapkan minum air hangat tak akan berefek secara langsung dalam penurunan berat badan, hanya saja dengan minum air hangat akan mempercepat laju pencernaan dan metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh lebih banyak membutuhkan lebih banyak kalori untuk dibakar. Namun peningkatan dalam pembakaran kalori ini masih belum diketahui berefek pada penurunan berat badan atau tidak. Meski demikian, Walsh tetap merekomendasikan untuk meminum air hangat pada pagi hari untuk melancarkan proses metabolisme.

Selain meningkatkan pembakaran lemak, proses metabolisme yang lebih cepat pun akan membantu kerja saluran pencernaan dan ginjal menjadi lebih efesien. Tak hanya itu, Walsh juga berkata bahwa air hangat yang masuk dalam tubuh akan membuat sensor saraf di mulut, lambung dan kerongkongan menstimulasi bagian pusat kesenangan di otak lebih aktif.

Membantu Dalam Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Air hangat punya peran dalam membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Dengan meminum air hangat, maka akan meningkatkan suhu tubuh yang selanjutnya dapat merangsang terjadinya proses berkeringat. Nah proses yang satu ini merupakan salah satu cara yang dilakukan tubuh dalam mengeluarkan racun. Itulah kenapa air hangat disebut sebagai minuman yang dapat membantu proses detoksifikasi. Tak hanya tubuh yang mengeluarkan racun dan keringat, minum air hangat juga dapat membantu tubuh dalam membersihkan pori-pori.

Membantu Dalam Mengatasi Akalasia

Air hangat sangat baik untuk orang dnegan akalasia. Akalasia sendiri merupakan kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan dalam mendorong makanan ke lambung. Orang dengan kondisi akalasia biasanya kesulitan dalam menelan, bahkan terkadang merasa seperti terdapat makanan yang seakan terjebak di kerongkongan. Sejumlah peneliti mengatakan bahwa air hangat belum tentu bisa mengatasi hal ini karena belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Hanya saja, air hangat sudah pasti dapat membantu orang dengan akalasia mencerna makannya lebih nyaman. Terlebih saat mereka mengkonsumsi makanan berminyak atau daging. Nantinya air hangat akan memperlancar perjalanan makanan untuk mencapai lambung.

Rambut Akan Tumbuh Lebih Lebat

Tak hanya bermanfaat untuk masalah pencernaan, air hangat juga sangat baik dalam mengatasi masalah rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut kurang lebat, mungkin bisa menjadi solusi terbaik. Hal ini karena air hangat dapat mengaktifkan akar-akar rambut yang selama ini mati. Dengan begitu, rambutmu akan lebih tebal. Air hangat pun dapat membuat rambutmu lebih sehat dan bersinar.

Mencegah Ketombe

Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang sangat mengganggu. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh ketombe sering kali membuatmu menggaruk kulit kepala sehingga membuatnya lecet. Hal ini membuat kulit kepalamu menjadi terluka dan terkadang terasa perih. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa meminum air hangat. Sebab, air hangat dapat menghidrasi kulit kepala sehingga mencegah timbulnya ketombe.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kulit kepala. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA