8 Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8-Manfaat-Daun-Ketapang-Bagi-Kesehatan[1]
Daftar Topik

Biji ketapang itu adalah biji yang berasal dari tumbuhan ketapang yang memiliki nama latin Terminallia Cattapa. Pohon ketapang ini termasuk pohon yang cukup tinggi yang memiliki tinggi sekitar 40 meter. Ketapang ini adalah tumbuhan asli dari asia tenggara yang mana bisa mudah di temukan di Negara Indonesia. Pohon ini sangat mudah di jumpai jika Anda berada di sekitar daerah pantai namun sangat jarang di temukan di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Hampir semua bagian pohon ketapang bisa di manfaatkan. Biji ketapang mempunyai cita rasa yang sangat mirip dengan kacang almond. Itulah sebabnya banyak camilan maupun kue yang menggunakan biji ketapang untuk menggantikan almond.

Pada tahun 2004 terdapat beberapa peneliti yang pernah meneliti kandungan nutrisi yang ada di dalam biji ketapang. Dan penelitian ini mengungkapkan jika biji ketapang memiliki protein sekitar 25.81%, asam amino seperti valine, triptofen, lisin, leusin, penilalanin, esoleusin, histidin, threonine dan juga tirosin. Inti dari biji ketapang yang sudah keringkan rupanya bisa menjadi ekstrak minyak. Dan minyak ni memiliki kandungan asam oleat 23.3%, asam palmitat 55.5% asam miristat, asam stearate dan juga asam linoleat.

Dengan banyaknya kandungan yang ada di dalam biji ketapang ini pastinya bagian lain seperti daun memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat daun ketapang bagi kesehatan? Simak penjelasan berikut ini…

Dapat Mengurangi Hipertensi

Manfaat yang di berikan oleh daun ketapang yang pertama ialah bisa mengurangi hipertensi. Penderita hipertensi bisa menggunakan daun ketapang ini untuk bisa mengatasi hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Cara mengonsumsinya juga sangat mudah lho, yakni hanya dengan merebus daun ketapang dan jika sudah mendidih air rebusan pun bisa di minum.

Bisa Menghilangkan Sariawan

Tak hanya bisa menghilangkan tekanan darah, daun ketapang juga memiliki manfaat lainnya yakni untuk menghilangkan sariawan. Sari awan memang menjadi hal yang menyakitkan karena saat makan menu favorit jadi tidak nikmat daun ketapang ini ternyata memiliki kandungan anti septik yang cukup bagus sehingga bisa di gunakan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat. Anda pun hanya perlu meminum air rebusan dari daun ketapang tersebut dan di konsumsi setiap hari 1 kali sampai sariawan sembuh.

Dapat Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat daun ketapang bagi kesehatan yang selanjutnya adalah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Apa saja penyakit kulit yang bisa disembuhkan? Seperti kadas, kurap, gatal dan juga jamur. Bahkan cara penggunaannya juga sangat mudah sekali yakni dengan melumat daun hingga sari pati daun keluar, jika sudah keluar maka sari pati daun ketapang di oleskan pada tubuh sampai masalah penyakit kulit teratasi.

Bisa Melancarkan Pencernaan

Khasiat daun ketapang yang lainnya adalah untuk membantu menyembuhkan masalah yang timbul pada sistem pencernaan. Apabila Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit dan juga diare maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk memakai daun ketapang sebagai obat.

Meredakan Nyeri pada Saat Haid

Pastinya setiap wanita akan merasakan bagaimana rasa sakitnya pada saat datang bulan. Memang tidak semua wanita akan mengalami nyeri saat datang bulan tapi memang kebanyakan akan merasakan nyeri. Nah, apabila Anda mengalami masalah yang seperti itu maka lebih untuk memanfaatkan daun ketapang ini sebagai obat. Bagaimana caranya? Yakni dengan mengolahnya menjadi minuman. Hanya dengan cara di rebus sampai matang dan air rebusan Anda minum hingga rasa nyerinya berkurang.

Mempertajam Daya Ingat

Daya ingat yang berkurang memang dipengaruhi oleh banyak factor misalnya factor usia, factor gen ataupun memang otak tidak pernah di asah. Nah, agar daya ingat semakin tajam maka Anda bisa menggunakan daun ketapang sebagai solusinya. Karena ternyata daun ketapang ini memiliki senyawa yang menjadikan otak bisa berkerja lebih optimal dan maksimal. Hanya dengan meminum air rebusan daun ketapang saja setiap hari maka daya ingat akan tajam.

Mengurangi Risiko Stroke

Stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya, tak banyak orang yang bisa sembuh dari penyakit stroke ini. Penyakit stroke ini memang di sebabkan banyak hal, seperti tekanan darah tinggi, stress dan lain sebagainya. Dengan daun ketapang ini maka risiko stroke akan berkurang.

Mencegah Penuaan Dini

Daun ketapang juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini karena memiliki senyawa yang baik sehingga keriput halus pada wajah bisa dihilangkan.

Itulah sekilas info mengenai manfaat daun ketapang bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA